Follow Us

Saturday, February 18, 2017

2 Alasan Kenapa Harus Hutang

Hutang oh hutang... Paling tenteram hidup tanpa hutang ya. Setuju? Tidur tenang tak perlu mikir bagaimana caranya besok bayar hutang. Bangun tidur bisa seyum menyambut pagi. Tak perlu resah bakal ketemu penagih hutang. Begitu dapat duit atau penghasilan tak perlu disisihkan untuk bayar hutang dulu baru yang lain-lain. Tak ada istilah 'ngenes' karena duit habis duluan buat bayar hutang.

Eh, ini penghutang yang baik ya, punya duit buat bayar hutang duluan. Beberapa saya temui, bayar hutang mah nanti-nanti saja (catat: kalau ingat). Padahal menurut financial planner, kalau terima gaji alias pendapatan ya prioritaskan bayar hutang dulu sekian persennya. Prinsip ini klop dengan aturan islam. Prioritaskan bayar hutang dulu baru yang lain-lain. :)


Sengaja sekali saya posting tentang hutang gegara tempo hari ada yang hutang ke saya. Pagi-pagi baru sampai kantor dan baru duduk di kursi saya eh telpon berdering.

"Kakak ada perlu sama kamu," suara lelaki di seberang sana. Dari kalimatnya sudah saya tebak mau apa. Bak paranormal deh saya. Hihi.

"Minggu depan kakak dapat honor bla bla 900 ribu. Sekarang kakak mau beli sesuatu, bisa kakak pinjam?"

"Asal dikembalikan aja, kak."

"Pasti kakak kembalikan. Hutang harus dibayar."

"Berapa?"

"1 juta."

Telpon berakhir dengan deal hutang dan saya harus mentransfer karena dia tidak di tempat. Hmm, sudah hutang minta transfer pula. Perlu effort lagi kan buat saya harus tarik atm misal. Tempatnya jauh pula dari kantor. Ibarat kata dikasih hati minta jantung. Hehe. Itulah masa kini jaman teknologi canggih. 

Pernah malam hari ada yang telpon saya mau pinjam uang. Katanya saya harapan satu-satunya. Karena dia butuh (dan tentu saya tidak pegang duit sebanyak yang dia butuh), dia datang ke tempat saya dan mengantar saya ke atm hingga kembali ke rumah. Full service ya. :)

Perlu digarisbawahi yang namanya berhutang itu merendahkan diri. Karena penghutang adalah orang yang butuh. Meski butuhnya itu memang benar-benar butuh atau bukan. Posisi tangan ada di bawah. 

Saya mengalami kasus orang berhutang tidak sekali dua kali. Entah mengapa orang berhutang datangnya ke saya. Saya sampai heran dan bertanya-tanya ada hikmah apa sebenarnya kenapa orang berhutang Allah datangkan ke saya, bukan yang lain. Sempat googling tapi tidak menemukan artikel seperti yang saya harap.
Oya, saya memberi pinjaman hutang dengan niat membantu. Bukan untuk mengambil keuntungan sepeserpun. Saya yakin bukan tanpa maksud kenapa Allah datangkan mereka ke saya (meski saya belum tahu apa).

Dan pikiran sempit saya adalah jikalau suatu saat Allah beri saya kesempitan, maka Allah yang akan membantu saya melepaskan kesempitan itu. Mungkin bukan dari orang yang sudah saya beri pinjaman tapi dari orang lain yang mungkin tak pernah saya temui saat ini. Maka itu selagi saya longgar ya saya bantu. Karena kita tak pernah tahu nasib seseorang. Life is like a rollercoaster.

Pada kasus hutang di atas, saya heran sebenarnya. Dapat duit minggu depan 900 ribu tapi pinjam 1 juta saat itu. Ada selisih 100 ribu. Karena background saya statistik jadi harus bisa berhitung apalagi duit hehe. Entah dari mana dia bakal nutup 100 ribu, saya tahunya terima full payment. Mungkin dia sudah berhitung sebelum hutang (semoga). Saya pribadi tidak tahu berapa harga barang yang akan dia beli. Katakanlah cuma 1 juta sesuai hutang. 

Yang saya pertanyakan, kenapa juga itu barang harus dibeli saat itu? Apa tidak bisa ditunda dulu sampai benar-benar punya uang yang cukup (toh dia bilang seminggu lagi dapat uang, seminggu lagi tak lama kan)? Apa barang itu akan habis atau tak ada lagi jika tak dibeli sehingga harus merendahkan diri dengan berhutang dan menjaminkan uang yang belum dia terima?

Saya berpikir, memang barang apa sih yang sedemikian mendesak? 1 juta bukan harga murah untuk ukuran tinggal di desa. Percayalah tak akan habis dalam sekejab atau tak ada lagi atau tak bisa ditunda pembeliannya.

Menurut saya, sangat tidak bijak menuruti hawa nafsu tanpa mempertimbangkan kondisi keuangan sehingga membuat kita harus berhutang. Hutang untuk barang konsumtif pula. Mari belajar kendalikan diri.

Memang betul, hutang tidak dilarang dalam islam. Bahkan ada kebaikan tersendiri bagi orang yang memberi hutang. Saya tidak menampik bahwa hutang itu seninya hidup. Ada yang beranggapan dengan berhutang maka kerja jadi lebih semangat (buat nutup hutang?). 

Asal hutangnya jangan pakai riba dan sesuaikan dengan kemampuan untuk membayar. Beberapa kali saya mengobrol dengan rekan-rekan yang berani mengambil hutang di bank untuk beli mobil, motor, dan sebagainya. Ada juga yang hendak mengambil pinjaman di koperasi. Dari obrolan tersebut diketahui bahwa uang yang dipinjam dan diterima tidak sama. Ada potongan administrasi yang jumlahnya besar menurut saya (sungguh merugikan dan tidak masuk akal). Sudahlah sedang butuh, masih kena potong pula. Belum lagi bunga yang harus dibayar per bulan.

Pikiran hemat saya, kalau bunga yang semestinya dibayar per bulan itu dialihkan untuk sedekah, dapatnya lebih besar 10x lipat minimal sesuai janji Allah, daripada untuk dikasih ke bank. Mana kena hukum riba lagi. Tak main-main loh itu hukum riba. Karena seringan-ringannya seperti menzinai ibu kandungnya sendiri. Naudzubillah. Jauhkan saya dan keluarga saya dari hutang ya Allah.

Kenapa sih harus hutang? 

Kalau tidak hutang kelamaan. Kan maunya cepat. 
Nah ini dia, ego dan gengsi. Sifat manusia sekali. Manusia diberi nafsu itu untuk dikendalikan. Bukan untuk diumbar. Kan manusia diberi otak (akal) untuk berpikir. Tidak seperti hewan yang juga punya otak tapi tidak dikaruniai akal untuk berpikir oleh Allah. Hanya perlu sabar sedikit saja. Kebanyakan manusia tidak sabar. Memang sudah sifat manusia tergesa-gesa. Jadi ingat cerita penciptaan Nabi Adam As. Dari sinilah awal mula munculnya sifat tersebut.

Buat nutup hutang yang lain
Ini sumpah menyengsarakan manusia sekali. Kapan lunasnya? Tepat seperti lagunya Bang Haji Roma Irama, Gali Lobang Tutup Lobang. Ini lagu sering sekali saya dengar jaman SD. Melekat sudah di otak. 

Kata terakhir dari saya, bijaklah dalam berhutang. Hidup tidak untuk sehari-dua hari teman. Pikirkan jika sewaktu-waktu ajal menjemput, kasihan ahli waris bukannya dapat klaim asuransi untuk hidup nyaman di masa depan tapi malah dibebani hutang. Beruntung kalau ada ahi waris yang tahu dan membayar atau pihak pemberi hutang mengikhlaskan, kalau tidak bakal ditagih terus di akhirat. Tidak takut? :)







27 comments:

  1. saya sentiasa gembira kerana saya bertemu dengan syarikat ini saya mendapat pinjaman saya (2 juta dolar) yang saya gunakan untuk membeli tanah ladang saya, saya tinggal di usa, saya telah menghubungi banyak pemberi pinjaman tetapi kebanyakannya tidak benar kerana mereka semua adalah untuk mengumpul lebih banyak wang daripada orang-orang dan tidak memberi mereka pinjaman mereka tetapi syarikat ini francis berbeza, ia adalah seorang teman saya yang memperkenalkan saya kepada syarikat ini bahawa dia mendapat pinjaman dari syarikat dan saya telah melihat banyak kesaksian di internet bagaimana kegunaan syarikat untuk membantu orang di seluruh dunia tidak kira anda, maka saya menghubungi mereka untuk pinjaman saya dan mereka meminta kad id saya dan butir-butir saya supaya saya menyerahkan semua dokumen yang mereka minta kepada saya dan saya juga membayar untuk yuran pemindahan kerana mereka mengatakan saya harus membayar itu maka saya tidak mempunyai pilihan daripada membayar kerana saya tahu syarikat ini tidak boleh gagal saya, maka selepas setiap perkara saya mendapat pinjaman saya pada hari yang sama ... jadi saya ingin mengambil masa saya untuk bersaksi di seluruh dunia untuk pinjaman pemberi pinjaman yang baik ini QUATER COMPANY HEAD adalah di Itali, mereka g ive pinjaman dalam apa-apa kemampuan dan saya percaya mereka boleh membantu anda juga seperti saya, jadi anda boleh memberi keterangan juga, dan saya juga berdoa tuhan itu akan terus memberkati mereka untuk kerja-kerja baik mereka, SYARIKAT EMAIL VIA frankqueens64@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Apakah Anda memerlukan Pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan finansial Anda? Kami memberikan Pinjaman Usaha, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Kredit Mobil, Pinjaman Bank Dan Pinjaman Untuk Membayar Tagihan. Jika anda berminat silakan hubungi kami: ( paulloanfundshelp1@gmail.com )

    Nomor Whatspp: +919066210641
    Salam Hormat
    Tuan Paul Green

    ReplyDelete
  3. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan melihat lebih jauh, kami di sini untuk membantu Anda secara finansial, yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengirimi kami email melalui (ivanaleksandraloanfirm@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman Anda dalam persyaratan dan Ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. Kebahagiaan anda 100% terjamin.
    Email kami di: (ivanaleksandraloanfirm@gmail.com) untuk mendaftar

    ReplyDelete
  4. Halo, Ini adalah untuk memberitahu orang ramai bahawa Puan Esther Alvarado, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka peluang kewangan kepada sesiapa yang memerlukan sebarang bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 2% untuk individu, syarikat dan syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan difahami. Hubungi kami hari ini untuk memohon dan mendapatkan Pinjaman segera. E-mel Kami: (estheralvaradoloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  5. Hello.
    Saya Puan Leonardo Dora seorang pemberi pinjaman swasta yang menyediakan peluang hidup pinjaman untuk individu, firma perniagaan, insurans, dan lain-lain. Sama ada anda berada dalam masalah kewangan atau memerlukan pinjaman untuk melabur atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar bil anda tidak jauh seperti kami di sini untuk membuat semua masalah kewangan anda menjadi sesuatu yang lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata wang mata wang dengan kadar 2% tanpa bayaran pendahuluan. Saya ingin menggunakan medium hebat ini untuk memberitahu anda bahawa kami berada di sini untuk membantu anda dengan apa-apa jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah kewangan anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (leonardodorafinance@gmail.com) untuk keterangan lebih lanjut, anda sangat istimewa.

    ReplyDelete
  6. Adakah anda fikir mendapat pinjaman? Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda dalam hutang? Ini adalah peluang anda untuk mencapai hasrat anda, kami memberi pinjaman peribadi, pinjaman perniagaan dan pinjaman korporat dan semua jenis pinjaman dengan faedah 2% untuk maklumat lanjut hubungi kami melalui e-mel (FERNANTINALOAN@GMAIL.COM)

    ReplyDelete
  7. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahu orang ramai bahawa Puan Rose Anna, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 2% kepada individu, firma dan syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan difahami. hubungi kami hari ini melalui e-mel di: (roseannamoore70@gmail.com)

    ReplyDelete
  8. Halo, Adakah anda sedang mencari pinjaman? Pinjaman peribadi, pinjaman rumah, pinjaman kereta, pinjaman pelajar, pinjaman penyatuan hutang dan lain-lain jenis pinjaman. Adakah anda telah dinafikan pinjaman oleh bank atau institusi kewangan atas sebarang sebab? Ini adalah peluang untuk anda mencapai impian anda. Puan Henrietta Fernando pemberi pinjaman swasta lesen menawarkan pinjaman yang dijamin kepada perniagaan dan individu dengan kadar faedah yang berpatutan sebanyak 2%. Untuk maklumat lanjut, emel kami hari ini untuk memohon dan mendapatkan pinjaman segera. Tiada pemeriksaan kredit diperlukan, 100% dijamin. E-mel kami: (henriettafernandoloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  9. Do you need Personal Loan?
    Business Cash Loan?
    Unsecured Loan
    Fast and Simple Loan?
    Quick Application Process?
    Approvals within 24-72 Hours?
    No Hidden Fees Loan?
    Funding in less than 1 Week?
    Get unsecured working capital?
    Email us:urgentloan22@gmail.com
    Application Form:
    =================
    Full Name:................
    Loan Amount Needed:.
    Purpose of loan:.......
    Loan Duration:..
    Gender:.............
    Marital status:....
    Location:..........
    Home Address:..
    City:............
    Country:......
    Phone:..........
    Mobile / Cell:....
    Occupation:......
    Monthly Income:....
    Email us (urgentloan22@gmail.com)

    ReplyDelete
  10. Apakah Anda memerlukan pinjaman? Kami adalah perusahaan peminjaman tercepat di dunia. Inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami dengan bunga 2%. Pinjaman kami dijamin dan dijamin. Pinjaman cepat dalam hitungan menit. Hubungi kami hari ini jika Anda sedang membutuhkan penawaran pinjaman. Silakan kembali kepada kami jika Anda ingin menggunakan e-mail kami untuk menerima pinjaman: helendanielsloanfirm@gmail.com Kami merekomendasikan untuk menghubungi pahlawan sejati, kepercayaan dan perusahaan peminjaman yang efektif untuk pinjaman Anda. Saya menyambut baik individu maupun pemerintah untuk efisiensi besar kami. Untuk menerima pinjaman, silakan kembali jika Anda ingin menggunakan email kami: helendanielsloanfirm@gmail.com
    Salam,
    Mrs. Helen Daniel

    ReplyDelete
  11. Halo, saya Fernandez Faith, pemberi pinjaman pribadi, apakah Anda berutang kepada saya? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya terdaftar dan disetujui di seluruh dunia untuk mengendalikan lembaga keuangan. Saya memberikan pinjaman lokal dan internasional kepada semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar pinjaman dengan tarif 2%. Tidak membutuhkan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: fernandezfaithloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Fernandez Loan Firm
    Nyonya Fernandez Faith

    ReplyDelete
  12. BERITA BAIK!!!

    Nama saya Ratih Wahyu, saya ingin berkongsi kesaksian saya di sini di platform ini untuk semua rakyat Indonesia dan seluruh Asia berhati-hati dengan peminjam internet, Tuhan telah menyokong saya melalui Puan Kathleen Brian yang baik ibu.

    Selepas beberapa tempoh cuba mendapatkan pinjaman daripada institusi kewangan, dan enggan meneruskan, jadi saya memutuskan untuk mendaftar pinjaman dalam talian tetapi saya tertipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeza.

    Saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya bercakap dengan rakan saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Mrs Kathleen, yang merupakan pemilik syarikat pinjaman global. Rakan saya meminta saya memohon dari Puan Kathleen, jadi saya mengumpul keberanian dan menghubunginya.

    Saya memohon pinjaman sebanyak Rp500, 000,000 dengan kadar faedah 2%, jadi pinjaman itu mudah disepakati tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan atas pemindahan kredit, karena fakta bahwa ia tidak memerlukan cagaran dan jaminan untuk mentransfer pinjaman Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sijil lesen permohonan mereka untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang dari dua jam wang pinjaman telah dimasukkan ke dalam akaun bank saya.

    Saya fikir ia adalah satu jenaka sehingga saya menerima panggilan dari bank saya bahawa akaun saya dikreditkan dengan jumlah wang tunai Rp500.000.000. Saya sangat gembira bahawa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memerintahkan pinjaman saya dengan pinjaman asal saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga mempunyai satu pasukan pakar yang akan menasihatkan anda mengenai jenis perniagaan yang anda ingin melabur dan bagaimana untuk melabur wang anda, jadi anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup anda.

    Semoga Tuhan memberkati ibu Kathleen untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menasihati sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Kathleen melalui e-mel: kathleenloancompany1@gmail.com untuk pinjaman anda.

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: ratihwahy@gmail.com dan Kezia yang memperkenalkan dan memberitahu saya tentang Puan Kathleen juga mendapat pinjaman baru dari syarikat itu. Anda boleh menghubungi Kezia melalui e-melnya: keziaarjuna@gmail.com.

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda semua untuk meluangkan masa untuk membaca kesaksian sebenar hidup saya mengenai kejayaan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda.

    ReplyDelete
  13. wkwkk isi komennya nawarin pinjaman smua LOL XDDDDDD

    ReplyDelete
  14. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  15. ¡Hola!
    Necesitas un préstamo? Soy un prestamista registrado y confiable, doy préstamos a personas que tienen dificultades financieras, personas que intentan pagar facturas escolares, personas que intentan comprar un automóvil o iniciar su propio negocio, contratistas y agencias gubernamentales. Para más información o formulario de solicitud de préstamo Contáctenos por correo electrónico: (gerred.breinloanlenderr@gmail.com) Gestión. whatsapp: +27632656050
    Póngase en contacto con el crédito Speedy ahora !!!

    ReplyDelete

leave your comment here!