Follow Us

Monday, February 6, 2017

Kenapa Tikus Suka Makan Kabel dan Tidak Kesetrum?




Belakangan saya dibuat kesal oleh tikus si pembuat onar. Ceritanya teman saya bilang mau pinjam speaker simbadda milik saya, sore mau diambil. Oke saya cari dulu saya bilang perlu dibersihkan dulu. Karena semenjak pindah kabupaten, barang-barang saya masih di kardus sebagian besar. 

Ketemu juga akhirnya itu speaker siang-siang. Betapa kagetnya saya ketika saya buka sudah tak karuan. Kabel semua putus habis dimakan tikus. Bahkan speaker bagian belakang pun bolong. Ya Allah... 

Sejujurnya saya geli lihat buntut tikus. 

Saya cek kardus lain, hair drier dalam bungkusnya pun hampir jadi korban. Hampir separuh bungkus sudah dimakan. Untungnya kabel masih aman. 

Tiga hari lalu saya dibuat keheranan. Sepulang kerja, saat saya mau makan, saya lihat magic com tidak nyala. Oh saya salah pasang jack pikir saya. Walau sebenarnya seingat saya sih saya colok dari semalaman. Penasaran, saya hendak mencolok itu magic com yang benar. Lah, ternyata itu colokan yang benar. Waduh, alamat rusak lagi magic com saya padahal baru seminggu beli. Mana tidak garansi. Pusing saya. Magic com sebelumnya mati juga begitu.

Saya curhat ke teman kantor. Dia bilang ayahnya bisa memperbaiki. Sore dia ambil. Oke saya tunggu teman saya. Tapi sebelumnya saya siapkan dulu magic comnya. Betapa herannya saya ternyata penyebabnya karena kabel sebagian habis digigit tikus. Padahal saya pikir karena listrik tak stabil mungkin. Soalnya sebelumnya kulkas saya juga rusak. Hidup sih tapi tidak dingin. Jangan-jangan tikus juga penyebabnya. 

Selain itu, sudah 2 kali motor saya macet tak mau hidup sama sekali. Tak ada tanda-tanda nyala api sama sekali. Akibatnya saya telat ke kantor. Setelah di bengkelkan, kata mas montir, ada kabel yang dimakan tikus. Awalnya saya tak percaya. Bagaimana mungkin, tempat kabelnya tersembunyi. Tapi belum lama saya keheranan mendapati sebuah tulang ayam menyusup menggantung di bawah tangan motor sebelah kiri. Ini apa saya pikir. Kok bisa. Ya Allah... Dan setelah kejadian speaker ini saya jadi percaya jika memang tikus penyebabnya. 

Alasan kenapa tikus suka makan kabel dan tidak kesetrum?

Yang saya heran, kenapa tikusnya tidak mati kesetrum gigit kabel magic com tersambung ke listrik. Super sekali. Dan kenapa tikus suka makan kabel. Bukan makan sih sebenarnya tapi gigit-gigit. Ada makanan malah utuh. Kok pilihnya justru kabel. Aneh.

Kenapa suka makan kabel. Ada yang bilang karena tikus perlu bertahan hidup. Loh kok? Karena tikus tidak mengalami ganti gigi seperti kita manusia. Jadi, giginya terus memanjang. Kalau giginya panjang dia tidak bisa mengunyah akibatnya bisa mati kelaparan. Makanya tikus terus menggigit barang yang keras-keras untuk mengikis giginya. Hmm, make sense. Subhanallah...

Kok tidak kesetrum? Sebelum kesetrum sudah kabur kali ya. Atau karena ada kejutan listrik langsung kabur. Kalau kakak saya bilang karena darahnya sedikit. Hihi. 

Tupperware saya tak luput juga dimakan tikus. Walau kosong melompong kondisi bersih tak ada bekas atau isi makanan pun digigit juga. 

Cukuplah saya menjadi korban ya tikus. Jangan rusak barang-barang saya lagi.

Mau meluncur cari racun tikus. Geram segeram-geramnya. 😑



2 comments:

  1. senasib... saya lagi cari cara menyambung kabel kulkas malas dapat artikel ini😂 blender kmrin rusak jg beli baru hrgax gak seberapa, taperware sdh 8 biji..hari ini mimpi apa aku smlm y Allah... pagi2 mw masak kulkas mati total ternyata kabelx putus d. gigit tikus😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, turut berduka ya. Memang merugikan banget itu tikus. Panggil tukang kulkas saja kalau ga nemu caranya.

      Delete

leave your comment here!