Follow Us

Monday, February 20, 2017

3 Resep Es Krim Mudah Ala Rumahan




Kamu penggemar es krim? Suka makan es krim tapi kok mahal ya. Nah, saatnya kamu eksperimen nih buat es krim sendiri. Caranya mudah kok. Rasa juga enak. Saya ini suka coba-coba. Pernah coba yang pakai telur segala tapi wah kok amis. Mungkin karena saya buatnya cuma sedikit sekali tapi telurnya satu jadi tidak imbang. Biarpun makannya harus tutup hidung, tapi habis juga. Hihi. Tidak saya share ya.

Banyak sekali ya kayak mau jualan. Emang muat freezernya? Iya jualan gratis buat keponakan saya.
Ini waktu pulang kampung idul fitri 2016 lalu. Sayangnya tidak foto hasil jadinya. :)

Berikut cara simpel membuat es krim rumahan untuk konsumsi sendiri. Anak-anak atau keponakan pasti suka. Saya sering buat untuk keponakan dan selalu habis. Simak ya!

1. Cara instan
Bahan: 
Bubuk es krim instan (Pondan Magic atau Haan atau merk lain)
Air es atau Susu cair dingin (ultramilk putih)

Cara membuat:
Mixer bahan hingga mengembang selama 5-10 menit. Takaran sesuai di label petunjuk bungkus. Simpan di freezer minimal 4 jam.


2. Cara alami
Bahan:
Pisang ambon (atau alpukat)
Air
Susu kental manis
Gula putih

Cara membuat:
Potong-potong pisang masukkan toples lalu taruh ke dalam freezer semalaman. Blender bahan lalu masukkan freezer. Tunggu beberapa jam atau semalaman. Jadi deh es krim rasa pisang atau alpukat. Kalau saya tidak perlu dimixer berulang-ulang biar lembut (males ribet) tapi kamu tak ada salahnya mencoba.


3. Cara mahal
Bahan:
Heavy cream cair atau whipped cream (bahan ini lebih mahal ketimbang 2 cara di atas)
Susu kental manis 
Air es bila pakai whipped cream

Cara membuat:
Mixer bahan lalu masukkan freezer. Kalau pakai whipped cream, tidak pakai mixer pun bisa. Dikocok saja pakai sendok pun jadi. Whipped cream sendiri sudah manis dan rasa susu. Mau dicampur coklat atau rasa lain silahkan saja. No problem.


Demikian cara simpel yang sudah saya coba. Kalau heavy cream belum pernah beli karena mahal dan susah dapatnya. Jadi pakai whipped cream saja. Rasakan bedanya antara pakai whipped cream dan cara instan. Hasilnya lebih enak mana? Sepengalaman saya kalau yang instan lebih cepat lumer (mencair) ketimbang whipped cream. Cara mahal baiknya untuk konsumsi sendiri ya. :)

Selamat mencoba!


Foto dok pribadi



No comments:

Post a Comment

leave your comment here!