Follow Us

Wednesday, February 21, 2018

Hati-hati Makan Ikan Fugu: Lebih Berbahaya dari Sianida!



Kamu penggemar makanan Jepang? Kamu suka sashimi? Hati-hati kalau kamu makan ikan fugu. Kenapa? Karena ikan ini berbahaya. Bahaya kenapa? Ikan fugu ini beracun dan bisa mengakibatkan kematian. Bahkan disinyalir bahwa racun ikan fugu 200 kali lebih berbahaya dari sianida. Masih ingat kan kasus heboh kopi sianida?

Ikan fugu yang dalam bahasa Inggris disebut blowfish (ikan ini bisa menggembung ketika ada musuh-mungkin karena itu disebut blowfish) dan dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ikan buntal merupakan sajian khas Jepang. Perlu keterampilan khusus untuk mengolah ikan ini. Tidak sembarangan orang boleh mengolah ikan fugu dikarenakan racunnya yang sangat berbahaya tersebut. Salah sedikit saja bisa berakibat fatal yaitu kematian. Sudah banyak sekali korban yang meninggal di Jepang akibat keracunan setelah mengonsumsi ikan fugu. Oleh karena itu, hanya orang yang bersertifikasi saja yang boleh mengolah ikan fugu.

Racun yang terkandung dalam ikan fugu adalah tetrodotoxin. Bagian tubuh yang mengandung racun adalah hati, ovarium dan usus. Ovarium adalah bagian yang paling mematikan. Sementara hati dan usus pun juga berpotensi mematikan. Orang yang keracunan maka akan mual, kelelahan, sakit kepala dan sulit bernafas.

Hidangan dari ikan fugu ini mahal dan juga berpotensi mematikan tapi kenapa orang masih tetap mengonsumsi? Heran tidak? Harganya bisa mencapai 50$ lebih per kepala loh. Bahkan ada yang mencapai 120$. Mungkin karena ikan ini enak. Rasanya agak kenyal. Terlebih lagi ikan ini musiman. Dimakan di kala musim dingin disertai dengan saus kecap tambah nikmat. Dan yang terpenting adalah teksturnya.

Juga yang tak kalah serunya dan paling menantang adalah sensasinya! Kamu bertaruh nyawa ketika memakan ikan ini. Karena kamu tidak akan pernah tahu bahwa kamu akan hidup atau mati setelah mengonsumsi ikan ini. Hmm... interesting. 

sumber: unknown (credit to the rightful owner)

Coba lihat gambar di atas, cantik sekali kan sajiannya?

Kalau dilihat bentuk ikan mentahnya sih cantik sekali pas menggelembung disertai duri-durinya yang tajam keluar dari kulitnya. Tak menyangka ternyata semematikan itu.

Tempo hari saya mengobrol dengan teman saya tentang Jepang lalu dia cerita tentang ikan fugu.

"Sudah pernah makan belum?" tanyanya.

"Apa? Fugu?" saya balik bertanya.

Saya belum pernah dengar malah. Hihi. Eh, tapi kalau ikan buntal sudah pernah nonton di tv waktu liburan lalu.

Teman saya cerita kalau ikan fugu ini mahal dan juga mematikan. Kalau salah mengolah bisa berbahaya. Lalu dia kirim kedua gambar yang saya unggah di atas. Itu kiriman dari dia. Tapi sayang dia tak bisa menyertakan sumbernya saat saya minta link-nya. Jadi, gambar tersebut kredit ke pemiliknya ya. :)




#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikdanBahagia
#15HariBercerita
#HariKe15



Source:
https://id.wikipedia.org/wiki/Fugu
http://www.bbc.com/news/magazine-18065372

2 comments:

  1. Udah, setor aja link nya. Udah 15 tuh, Haha. Aku baru 9. Nambah 2 barusan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Kalau ada posting lain yang lebih layak pengen diubah. :D

      Wah ngebut juga dirimu. Hmm...

      Delete

leave your comment here!