Pengalaman Sidang Skripsi



Gw pengen berbagi sedikit cerita tentang sidang gw. Meski udah lewat, tepatnya 5 September 2007 pukul 01.30 pm lalu, tapi gw pikir ga ada salahnya kalo gw share di sini. Kali aja bermanfaat buat siapa pun elo yg mau sidang! Or sekedar buat bacaan ringan juga ga masalah. Ada sedikit tips2 juga tuh...

Kejar Deadline
Sebelum sidang, yang jelas gw kejar deadline buat nyelesein skripsi gw dari bab1 ampe daftar pustaka. Tambahan2 lain kaya abstrak, daftar isi, daftar tabel, gambar, lampiran, dll jelas harus dibikin. Nah, setelah ”revisi” hasil sidang, baru deh semua bagian2 dalam penulisan skripsi lengkap (sampe ke judul , lembar pengesahan segala macem harus ada!). So, buat sidang ga perlu lengkap bgt  aturan di kampus gw.

Cari tahu jadwal sidang
Apalagi? Hmm, dah pasti tuh dag dig dug pengen tau kapan jadwal sidang (hari, tgl, jam). Yang ga kalah penting lagi, ”sapa penguji” kita. Yup! Dosen penguji kan menentukan nilai kita juga loh mau ga mau. Kalo dapet dosen yang enak ngasi nilai, ya syukur. Kalo yang pelit? Nasib deh...

Siapkan kopian skripsi
Nah, kalo dah tau sapa dosen penguji, kita kasih tuh kopian skripsi kita yg udah dijilid rapi (asli ngprint lebih bagus) ke dosen penguji plus dosen pembimbing. N jangan lupa salinan buat qta sendiri. Soalnya tar ditanya2 tuh pas sidang, halaman sekian sekian. Gitu deh kira2... Kalo gw waktu itu sih ada dua dosen penguji, so gw kopi 3x. Buat gw, dosen penguji 2, n dosen pembimbing. Trus, ngasinya jangan ampe telat yah! Ikutin aturan maen di tempat kuliah lo. Karena dosen penguji kan perlu ngebaca skripsi lo buat bikin pertanyaan (biasanya dicoret2 kalo ada yg janggal ato salah intinya perlu dipertanyakan)

Kuasai konsep skripsi 
Kalo itu semua dah beres, persiapan selanjutnya ya... ”menguasai konsep skripsi kita”. Ingat! ”Yg tau skripsi qta tuh cuma qta sendiri. So, ga perlu takut berlebihan or ngerasa ga tenang”. Sebenernya sih itu wajar aja. Cuman, gw bilang sih ”yakin aja!”. Ok?

Siapkan mental
Siapin mental deh! Penting bgt nih hal satu ini. Paling ga, kalo qta ga bisa jawab pertanyaan penguji pun, qta dah ”menang mental” duluan hehehehe. Menetralisir keadaan istilahnya... ^-^

Cari tahu informasi penguji kalau menguji seperti apa
Oya, tanya tips2 ke dosen pembimbing sebelom sidang juga bole tuh. Ga da salahnya! Kan bole tau donk gimana sih penguji ini kalo nguji, trus penguji lainnya gimana. Yg jelas, dosen pembimbing yg udah sering nemenin sidang (bahkan jadi penguji juga) pasti tau or pengalaman seputar sidang. Percaya? Harus percaya dunn...

Jangan bayangkan yang tidak-tidak alias bakal dibantai habis
Trus, jangan ngebayangin yg ”ngga ngga” pas sidang nanti gimana. Soalnya, mungkin aja kenyataan yg terjadi justru sebaliknya. Ga percaya? Gw dah ngalamin... Semula gw berpikir kalo gw tuh bakal nangis pas sidang. Yup! Gw ngeri dibantai abis!

Taunya? Gw malah ketawa2 tuh ama penguji n dosen pembimbing gw selaku moderator. Aneh kan? Nah, sebenernya sih gw sebel pas kluar dari ruang sidang. Ko sidang gw kaya gitu? Tapi enak juga. Suasana nyantai. Sama sekali ga tegang. Malah jadi kaya konsultasi aja tuh. Pfuh. Padahal juga dibantai abis! Gila kan?

Siapkan bahan prsesentasi
Oya, jangan lupa siapin bahan presentasi lo dalam bentuk softcopy (kalo pake laptopviewer) or hard copy plus copyan plastik (OHP). Bahan presentasi dibuat seenak mungkin buat qta presentasi.

Latihan presentasi
Jangan lupa juga dicek tuh bisa selese dalam waktu berapa lama. Latihan dulu di depan temen, sodara, someone special or cermin juga ok tuh. Latihan presentasi di depan dosen pembimbing? Juga ide yg bagus! Temen gw juga banyak yg kaya gitu...

Sebelom sidang, kan pasti ada tuh ”seminar skripsi.” di sini qta nyeminarin skripsi qta di depan teman2. Tujuannya, buat latihan sidang. N yg utama buat ”perbaikan” skripsi qta. Kadangan kan qta ga tau ”celah” qta tapi orang laen tau. Semakin byk yg ngebaca n ngasi kritik, makin bagus tuh! Soalnya qta bakal tau semakin byk celah qta. N pastinya qta bakal berusaha buat ngebaikin sebelom sidang. Iya kan? Siplah!

Setelah seminar, yakin deh qta pasti lebih PEDE buat ngadepin sidang. Apalagi kalo hasil seminar qta bagus! Jangan asal2an yah meski Cuma seminar. Karena seminar pun ada nilainya loh. Kalo byk yg ngeliat pas qta seminar? Wuiiih, keren tuh! Berarti qta byk fans! Hehehe Percaya deh gw ga maen2 nih. Soalnya, ada juga tuh temen gw yg nyari2 penonton pas dia seminar. Kasian bgt gw ngeliatnya... Nah, apalagi kalo seminar di hari2 akhir... penonton dah abis! So, banyakin temen yah mulai sekarang! Mau ga mau temen tuh penting buat ngasi semangat kita. Meski terkadang dukungan mereka tuh Cuma tersirat! Ga langsunglah istilahnya... Harus percaya deh pokonya...

Jangan lupa doa
Kalo dah siap lahir batin tuh, jangan lupa ”berdoa”. Sekeras apa pun usaha kita, tetap Allah yg menentukan hasil akhirnya. Dengan banyak doa dan pasrah, jadi makin ”mantap n yakin” insya allah. Apa pun hasil sidang kita nanti, qta akan jadi orang yg pandai bersyukur. Mudah2an...

Jangan stress kalau banyak revisi pasca sidang
Slese sidang? Jangan stres ya kalo byk revisi! Yakin deh skripsi bakal jadi lebih bagus setelah itu karena udah diobrak-abrik ama pakarnya. Nah, selangkan waktu donk buat refreshing... jalan2, shopping, nonton, ngegame, or apalah buat ngurangi stress... Pokonya jangan sampe langsung ngerevisi karena otak qta masi tegang. Bagi yg kuat, bole2 aja ko langsung dibabat! Haha

Jangan mudah menyerah jika dosen penguji susah ditemui untuk revisi
Saat nunjukin hasil revisi qta ke dosen, jangan mudah nyerah kalo dosen belom mau juga ngasi tandatangan ke qta. Apalagi kalo dosen susah ditemui... Harus semangat! Inget! Udah titik akhir... selangkah lagi... pasti bisa! Soalnya, gw juga ngalamin susahnya nemuin dosen penguji saking sibuknya.

Nah, k2 penguji gw susah2 bgt ditemui... mana deadline pengumpulan skripsi fix udah deket tuh. Deg2an kalo sampe telat tar dapet masalah ama bagian Jurusan. Tapi untungnya, bisa dapet tuh sesuai deadline. Sebenernya sih, revisi gw agak susah ama penguji 1 gw. Apa yg dia mau, berbeda ama reference yg gw dapet. So, gw mesti cari sendiri n belajar lagi. Belom diajarain materinya di kuliah gw. Gw sempet bingung. Makanya itu yg ngehambat gw. Trus penguji 1 gw mang agak susah orangnya n nilainya pelit hehe. Nah, penguji 2 baru deh orangnya enak, asik, n revisi gw gampang.

Udah fix semuanya? Tinggal dikumpul ke Jurusan…
Wah… senangnya punya “tulisan”….
Jangan sepelein gitu aja hasil tulisan qta. Nah, qta ga bakal tau tuh sapa2 aja yg butuh skripsi qta buat jadi referensi. Bisa org2 dari segala penjuru tuh. Makanya, buat sebaik mungkin yah! Semaksimal mgkn deh! Kalo tau2 skripsi qta kepilih buat dimuat di buletin, or majalah, pasti guna bgt buat org laen. Yg pasti, nama qta jadi ”tenar!” hehehe

Nah, jadi pengen cepet2 sidang? Yuks....

Good luck yah!

SEMANGAT!

Share pengalaman sidang di sini? Boleh...
Kasi masukan buat somthn seputar sidang or skripsi yg perlu gw add di sini? Boleh...

Picture credit the rightful owner
Share on Google Plus

About Reana Nite

A learner who wants to share what I have experienced and learnt in this life. Hope you who not experience the same thing as me can still get the same lesson and take the wisdom. Happy reading! ^_^

4 komentar:

  1. Thank atas sharenya.... gw sidang masih lama,tp deg2an dah berasa dr skrang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya pasti sudah sukses terlewati. Duh maaf sekali baru balas. 😊

      Delete
  2. Saya skrg semester 8, seharusnya mungkin saya bisa sidang tahun ini. Tp kebetulan saya di semester 9 ada 1 matakuliah yg harus saya ambil. Pertanyaan saya , apa saya di tahun ini masih bisa mengikuti sidang, karena yg saya tau saat sidang persyaratannya tidak ada matakuliah yg di kontrak lagi.

    Mungkin tolong yg punya pengalaman bisa kasih saran kepada saya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dulu sih sudah beres semua mata kuliah. Coba kamu tanya bagian akademik atau jurusan tempat kamu kuliah apa persyaratan sidang. Apakah kasus sepertimu diperbolehkan ikut sidang. Sekian, semoga membantu. Selamat ya sudah mau sidang semoga sukses.

      Delete

leave your comment here!