Follow Us

Wednesday, October 9, 2013

Iseng-iseng Buat Sertifikat

Setelah kemarin membuat macro, sekarang saya beralih belajar membuat sertifikat plus sekalian belajar mail merge. Dari dulu cuma dengar-dengar saja tidak pernah diaplikasikan. 

Berawal dari seringnya dapat e-sertifikat dari event menulis, maka itu saya tergerak untuk mencoba membuatkan sertifikat juga buat kami pegawai perempuan yang kemarin turut memeriahkan Hari Statistik Nasional (HSN) 2013 khusus lomba bulutangkis. Dan yang saya beri sertifikat hanya para juara. Lagipula dari 6 pegawai perempuan yang ikutan, dapat juara semua kok dari juara 1 sampai 3 mulai dari tunggal dan ganda. Untuk lomba lainnya tidak dibuatkan karena lombanya lomba seseruan aja hehehe. Untuk kaum adam, biarlah mereka buat sendiri kalau mau. 

Nah, rupanya cukup mudah ya membuat sertifikat. Pakai Ms. Word sudah bisa. Tinggal download template via internet lalu diutak-atik sesuai keinginan. Atau manual juga bisa dengan cara insert table (misal 3x3) lalu isi sesuai kemauan kita terus hilangkan garisnya (no border). Tambah-tambahkan saja image serta logo dan atur-atur font sesuka kita. Page border juga terserah kita mau dibuat seperti apa.

Ini dia hasil buatan saya:


Template download
Picture credit to Reana Talks!

Gambar di atas ini template-nya saya download (Word 2013). Untuk font tidak saya ubah-ubah banyak (sebagian besar default). Di situ saya insert logo, gambar dua raket satu shuttlecock (sengaja banget karena untuk ganda) dan sedikit saya ubah untuk penandatangan (kalau defaultnya cuma satu tanda tangan). Nah, satu lagi! Tidak saya beri nomor. Awalnya mau tidak saya beri cap stempel karena saya lihat salah satu sertifikat saya yang ditandatangani kepala BPS RI tidak dicap stempel hehehe. Tapi akhirnya saya kasih cap. Dan ada kesalahan, kata 'diselenggarakan' hilang jadinya tinggal 'diselenggarkan'. Baru sadar setelah selesai. Hahahaha


Manual
Picture credit to Reana Talks!
Kalau gambar kedua ini manual saya buat. Seperti yang sudah saya bilang tadi caranya. Nah, yang ini font-nya ada beberapa macam. Sebenarnya untuk font 'sertifikat' awalnya bukan itu. Tapi atas saran salah seorang teman kantor akhirnya saya ubah. Lalu untuk gambar sebuah raket dan shuttlecock itu sengaja banget dipilih yang besar karena tunggal. Makanya saya sempat dikritik kenapa kok untuk yang ganda gambarnya kecil. Saya berkilah, "Nanti gambarnya jadi lebih gede dari logo donk... ga seru...". Hehehe memang yang nanya itu sukanya yang gede-gede. :D

Cukup simple kan ya dua gambar di atas?

Dari dua gambar terlihat jelas ya nama juaranya sama. Yup! Betul sekali karena pemilik nama Mardiyah Hayati memang sang jawara untuk turnamen bulutangkis tahun ini. Baik tunggal maupun ganda disabet habis hehehe.

Sekian posting hari ini. Selamat beraktivitas serta istirahat ya readers! :)


No comments:

Post a Comment

leave your comment here!