Follow Us

Saturday, March 10, 2018

Plagiarisme Artikel Blog Part 1


Saya baru saja iseng-iseng mengecek konten artikel saya di blog ini khususnya untuk konten populer. Saya pilih satu artikel dan taraaa! Saya menemukan bahwa artikel tersebut teridentifikasi diplagiat oleh website lain. Oh My God!

Saya tak menyangka tulisan sederhana blog saya ini pun tak luput dari plagiarisme.

Kenapa saya bilang plagiat? Karena artikel yang tertulis di sana sama persis atau sedikit mengubah-ubah kalimat saya dan juga tidak mencantumkan sumber tulisan. Nah, ini tulisan diubah-ubah sedikit dan ditambah narasi seolah-olah menjadi tulisan dia.

Sebenarnya, plagiarisme ini tidak merugikan saya secara materi tapi merugikan blog saya karena pengunjung tidak datang langsung ke blog saya jadinya. Padahal seharusnya blog saya bisa mendapat lebih banyak trafik dari konten yang saya buat. Berikan saja deskripsi singkat lalu link menuju tulisan saya. Minimal tulislah sumbernya. Jadi, orang tahu bahwa itu tulisan dari blog saya.

Menyakitkan tidak sih rasanya tulisan karya sendiri seolah menjadi tulisan orang lain? Hmm, saya tidak ambil pusing soal ini sih. Biarlah orang itu sendiri yang bertanggung jawab atas perbuatannya. :D

Berikut adalah hasil penelusuran saya di artikel asli saya berjudul "Cerita Pengalaman Umroh."

Bukti plagiat 1

Berikut terdeteksi bahwa konten saya diplagiat oleh situs yang tertera di gambar berikut ini. Bisa kalian baca nama situsnya.



Berikut bukti tulisan yang diplagiat. Di situ diceritakan bahwa Karmin dan Langgeng pergi ibadah umroh dan menceritakan kisah perjalanannya di situs itu. Padahal yang ditulis di situ kisah saya. Miris.



Nah, pada gambar di bawah jelas ditulis di paling akhir paragraf dalam kurung Langgeng & Karmin. Seolah-olah merekalah penulis kisah tersebut. Di tulisan tersebut juga tulisan saya dipotong sampai multazam saja. :D



Berikut penampakan website aslinya. Entah benar atau tidak, seolah-olah itulah Langgeng dan Karmin yang sedang tersenyum ceria di tanah suci. 




.....................................................................................................................

Bukti plagiat 2

Artikel saya yang sama juga diplagiat oleh situs berikut ini. Di situ ditulis siapa penulisnya. Bisa dilihat tanda merah yang saya buat.



Tulisan di bawah ini adalah tulisan saya yang dia ubah kata ganti milik 'aku' menjadi 'dia' seolah-olah dia sebagai orang ketiga yang berbicara. Namun plagiat itu tidak sempurna seperti temuan bertanda merah berikut ini.




Memang plagiat tidaklah sempurna. Banyak typo di sana. Selain itu, dia mengubah 'Mekah' menjadi 'Makkah'. :D



Padahal di bawah sana dengan jelas ditulis bahwa penulis adalah mahasiswa pasca sarjana universitas islam dan juga peneliti. Benarkah itu? Wallahu'alam.





Kira-kira begitulah penelusuran saya Readers. Ternyata tulisan ringan kisah perjalanan pun diminati untuk diplagiat. Saya sadari tulisan saya bukanlah tulisan yang 'wow' tapi ternyata ada-ada saja pihak yang mengambil tulisan tanpa ijin dan mengklaim seolah itu tulisan mereka.

Saya juga menyadari bahwa blog saya juga bukan blog populer. Apalagi saya juga masih pakai hosting google yang gratisan. Saya sih sebenarnya tidak mengambil pusing hal seperti ini. Hanya merasa lucu saja bisa menemukan seperti dua temuan di atas itu yang sudah saya bahas. :D

Itu saja dulu ya. Sebenarnya saya menemukan plagiat di artikel saya yang lain. Mungkin nanti akan saya ulas lagi di posting berikutnya.



..............................................................................
Update: ternyata saya kembali menemukan plagiat posting saya ini. Gatal rasanya tidak segera saya tulis. :D

Bukti plagiat 3


Ini temuan satu lagi. Masih baru ya Oktober 2017. Saya lihat di blognya cuma ada 4 artikel. Dua artikel copas dari satu artikel saya yang dia pisah menjadi Masjid Nabawi dan Masjidil Harom. Itu ada fotonya pula nampang. Entah benar atau tidak, jika memang benar, oh ternyata itu orangnya. Hmm... kamu ketahuan :D




Di posting berikut ini dia ganti kalimat saya yang saya lingkari merah di situ. Begitu pula yang saya garis bawah merah. Aslinya tidak begitu. Kreatif juga ya ada upaya untuk mengganti. Kalau ke bawah-bawahnya banyak foto dia. Setelah pulang umroh, kok ya copas tulisan saya, Mas? :D



No comments:

Post a Comment

leave your comment here!