Proyek Crochet 5: Puff Toddler Hat

Hello, Friends! Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Malam ini saya akan posting proyek crochet selanjutnya yaitu Puff Toddler Hat. Jadi di sela-sela kesibukan saya hari ini menjadi panitia pelatihan petugas updating subsektor Sensus Pertanian 2013, saya sempatkan untuk melanjutkan proyek ini. Taraaa!!! Jadilah sebuah topi untuk anak-anak dengan motif puff.


Puff Toddler Hat



Topi ini saya buat dari benang Ice Yarns Atlas Bulky warna rose. Material 100% acrylic. Hook 5 mm. Ketebalan benang 5. Meski tulisan di labelnya 5 tapi benangnya tidak begitu besar dan bisa dipakai dengan hook 5 mm. Teknik yang dipakai pun simpel kok, single crochet, half double crochet dan puff stitch. Nah, itulah mau saya adalah ada tusukan berbeda yang saya buat dalam proyek-proyek saya, jadinya bervariasi bentuknya. Motif topi ini cantik menurut saya kalau dibuat syal atau baby blanket. Tapi ya tebal. :)


Tampak Depan

Berhubung tidak ada model anak-anak atau pun manekin, jadilah saya pakai lampu emergency untuk menjadi model penyangga. Hehehe. Lumayan juga kan jadi kelihatan bentuknya? Nah, itu rencananya akan saya buat pompom (jendolan bulat) di ujung tali pengikat tapi belum. Bahkan tali saja baru satu sisi kanan yang saya buat tapi sudah gatel buat posting. Hehe. Mungkin nanti saya upload lagi gambar jadinya. Insha Allah.


Tampak Samping


Tampak Belakang


Posisi Dilipat



Pada awalnya, saya sempat macet membuat proyek ini. Gara-garanya adalah ketidaksinkronan antara pikiran dan mata. Jadi, mata saya melihat tulisan di polanya adalah 'stitch' tapi otak saya membacanya 'chain'. Beda arti kan? Ya jelas saja saya bongkar satu baris gara-gara itu. Saya pahami lagi tulisannya. Eh, ternyata benar terjemahan saya yang awal. Padahal sudah terlanjur saya bongkar. Cape deh. :D

Satu lagi, gara-gara saya sudah pernah membuat puff stitch, dengan pede-nya saya buat saja satu baris tanpa memahami kalimat pola dengan baik. Setelah saya cermati lagi, eh itu di pola tertulis 11 puffs tapi punya saya kok jadinya dua kali lipat yaitu 22 puffs. Hehehe. Bongkar!!!

Seru ya friends. Itulah seninya belajar. Bongkar pasang. Kalau ga belajar, mana ada yang dibongkar pasang? Dan gara-gara saya bawa proyek saya ini ke pelatihan petugas tadi, salah seorang teman kantor jadi tertarik pengen belajar crochet sama saya. Hihihi. Mereka pada bilang proyek saya ini bagus motifnya. Asyeeek! :D

Saya punya kendala nih friends. Semestinya kan foto-foto yang saya upload itu diedit dulu dan diberi watermark, tapi saya tidak sempat. Kalau harus edit dulu, kapan saya posting? Saya juga mesti meluangkan waktu buat foto-foto proyek saya dulu. Cari background yang bagus untuk foto. Cari angle dan gaya yang pas. Belum lagi tidak ada modelnya. Berasa jadi fotografer dadakan. Dan dalam waktu bersamaan seolah-olah seorang desainer. Haiyah lebay dot com. :D (beneran loh)

One day, who knows? :) 

Ada bejibun desain di internet dan juga bejibun desainer pastinya. Mereka menjual desain-desainnya seperti di www.ravelry.com atau www.etsy.com dll maupun website atau blog pribadi. Hmm, I wish I could be like them too. Kalau sudah tingkat mahir, saya juga pengen bisa mendesain sendiri. Submit pola dan dijual ke toko-toko online maupun membuat buku bahkan submit ke majalah. Aamiin.

Eh, jadi desainer itu tidak mudah loh. Mulai dari mencari ide membuat pola, menerjemahkan dalam bentuk gambar maupun narasi tulisan, mencoba sendiri proyeknya, memilih benang dan warna, memfoto hasilnya step by step, mencoba hasil ke model, dll. Maka itu saya acungkan jempol dan salut ke para desainer (mayoritas orag barat)) di internet yang rela sharing pola gratis. Meski mereka bukan orang terkenal, tapi bagi saya mereka tetap desainer. Dan mereka berhak untuk mempatenkan desainnya. 

Ada loh salah satu pemilik blog pribadi crochet yang sharing pola gratis eh rupanya pola dia dijiplak orang dan dijual ke Etsy.com. Enak banget itu orang dapat duit dari jeri payah orang. Saya ikut kesal loh baca keluhan si pemilik desain. Karena itu, sejak 2014 dia tidak lagi sharing pola gratis. Semua pola yang dia buat di tahun 2014 dia jual juga ke etsy. Kalau pencuri itu bisa, maka dia juga bisa. :)

Oya, untuk teman-teman yang berminat membuat topi seperti yang saya buat, silahkan saja ke link di bawah ya (seperti biasa empunya orang barat):

http://crochetlatte.com/2013/06/11/pompoms-and-puffs/

Selamat mencoba dan berkarya! Kalau ada yang kurang jelas/kesulitan, boleh kok tanya langsung ke pemilik polanya atau tanya ke saya juga gapapa. Hal ini semata-mata karena saya sudah mencoba dan dalam rangka sharing. 

Sampai di sini dulu posting hari ini ya! :)



Share on Google Plus

About Reana Nite

A learner who wants to share what I have experienced and learnt in this life. Hope you who not experience the same thing as me can still get the same lesson and take the wisdom. Happy reading! ^_^

0 komentar:

Post a Comment

leave your comment here!