Follow Us

Friday, August 2, 2019

Menyusun Karya Akhir MTI UI hingga Lulus pada Akhirnya

Halo teman-teman! Di tahun 2019 ini saya merasa sangat tidak produktif menulis blog. Tapi kali ini saya mencoba kembali menulis. Semoga bermanfaat!

Akhirnya selesai juga kuliah di MTI UI. Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu saya dalam perjalanan menuju kelulusan. Tak bisa saya sebutkan satu per satu kepada semua pihak yang telah memberi dukungan baik materiil maupun immaterial. Saya juga mengucapkan selamat kepada teman-teman seperjuangan yang lulus bersama. Sampai jumpa di prosesi wisuda ya! Masih lama sih wisuda 31 agustus. Semoga saya diizinkan cuti.

Sebenarnya ada yang saya pikirkan karena saya harus sudah masuk kerja kembali sebelum saya wisuda. Tapi mau bagaimana lagi. Awalnya saya masuk per 1 agustus tapi kemudian saya nego menjadi 5 Agustus. Alhamdulillah ada waktu bagi saya untuk pulang ke kampung halaman bertemu keluarga selama 6 hari. Awalnya hanya bisa satu hari di rumah jika harus masuk tanggal 1.

Kenapa baru tanggal 29 Juli saya pulang kampung? Saya menyelesaikan segala kewajiban saya dulu ke UI setelah dinyatakan lulus sidang yaitu berkas administrasi ke sekretariat dan permintaan perpustakaan yang semua itu butuh waktu. Foto saja saya sampai 5 kali bolak-balik sekretariat karena tidak memenuhi keinginan sekretariat. 😊

Di awal hingga pertengahan tahun 2019 ini saya fokus menulis karya akhir. Ceilee fokus. Hehe. Kegiatan kuliah saya memang hanya tinggal menulis karya akhir. Saya wara-wiri Salemba-Depok bimbingan ke dosen. Mungkin sampai bosan itu stasiun Pondok Cina dan juga jalanan serta pohon-pohon yang saya lewati menjadi saksi ketika saya berjalan kaki pergi pulang ke Fasilkom UI Depok. :D

Saya memang selalu berjalan kaki. Entah kenapa tidak kepikiran naik ojek online. Hanya beberapa kali terakhir saja memilih naik ojek karena kondisi fisik yang tidak sehat ataupun alasan lain seperti mengejar waktu.

Selain bimbingan, untuk sidang saya mendapat jatah tempat di Depok. Waktu itu 26 Juni 2019 saya berangkat pagi ke Stasiun Cikini. Sampai di Fasilkom pukul 8.00 pagi kira-kira, masih ada satu jam menuju sidang. Sampai di ruangan ternyata masih dikunci. Eh, petugas yang biasa buka kunci tidak tahu kalau ada jadwal sidang untuk MTI. Kalau ruangan sebelah sih sudah dibuka dan ramai, sidang skripsi sepertinya. Sebelum sidang, teman saya datang satu orang, dia membawa anaknya. Terima kasih ya atas dukungan dan doanya. Wah, sampai bawa anak segala. I appreciated that. Ketika giliran dia sidang, saya gantian hadir di Salemba. 

Begitu selesai sidang, saya harus merevisi karya akhir saya lalu mengejar tanda tangan dosen penguji dan pembimbing. Bolak-balik Salemba Depok adalah hal yang menjadi rutinitas saya selama menyusun karya akhir hingga selesai semua urusan. Jujur, commuter itu lelah. Saya selalu merenung kenapa ya setiap kali tiba di kos kok saya merasa lelah. Hmm, mungkin karena saya selalu jalan kaki dari stasiun pondok cina ke fasilkom. 😊

Urusan terakhir saya adalah ke perpustakaan yaitu mencetak karya akhir sesuai permintaan, menyerahkan CD dan unggah file. Sebelum semua itu dilakukan perlu edit format dulu dan ternyata makan waktu. Jadi, saya ini tidak bisa multitasking memenuhi kewajiban saya ke UI. Saya selesaikan satu per satu. Setelah semua urusan ini kelar, baru saya penuhi kewajiban saya ke kantor yaitu meminta SKL (surat keterangan lulus), menulis laporan studi, dan laporan selesai. SKL saya baru keluar tanggal 26 Juli pukul 5 sore. Hari senin tanggal 29 juli barulah saya kirimkan semua laporan ke kantor. Siang harinya saya meluncur ke bandara Soetta untuk pulang kampung. Ternyata masih ada salah untuk laporan selesai jadi harus saya perbaiki dan kirim pdf-nya keesokan hari karena kalau hari itu tidak memungkinkan. Berhubung di rumah tak bisa print dan scan, apa boleh boleh buat harus keluar rumah pagi-paginya.

Setiap orang ada ujiannya masing-masing

Ketika menyusun karya akhir, betapa saya menyadari jika setiap orang ada ujiannya masing-masing. Ada yang harus lanjut ke semester berikutnya dikarenakan berbagai kendala seperti pengambilan data yang belum terpenuhi sampelnya, topik yang mungkin berat sehingga tidak bisa selesai satu semester, mungkin ada keinginan dosen pembimbing yang belum terpenuhi atau segala macamnya. Pada intinya kita mengikuti arahan dosen pembimbing maunya apa. Tapi kembali lagi disesuaikan kemampuan kita. Kita juga harus mengutarakan ke dosen jika ada kesulitan supaya ada jalan keluar.

Untuk teman-teman yang masih lanjut ke semester berikutnya, saya doakan semoga lancar dan bisa lulus dalam satu semester depan. Aamiin.

Bagaimana saat malas menyerang?

Kita harus membuat target kapan ketemu dosen pembimbing. Kita harus memotivasi diri kita sendiri untuk bergerak ketemu dosen. Jika kita menuruti malas yang menyerang, percayalah kita tidak akan selesai karena tidak pernah ketemu dosen pada akhirnya. Sepengetahuan saya, dosen di UI mudah ditemui untuk bimbingan bahkan ketika sedang ke luar negeri pun bisa bimbingan online. Yang penting kita selalu ada progress.

Percayalah saya juga mengalami yang namanya sindrom malas. Memang menyebalkan sekali ini sindrom. Bagaimana tipsnya saat malas menyerang? Kalau saya cepat buat janji dengan dosen, sehingga mau tidak mau saya harus mengerjakan dan ada hasil yang dibawa sebelum bertemu dosen.

Saya tahu bagaimana rasanya menyusun karya akhir sendirian. Memang butuh motivasi. Terkadang saya sedang malas, eh tetiba dapat telepon atau whatsapp teman saya menanyakan hal tentang karya akhir. Lalu saya pun termotivasi untuk mengerjakan. Ada pula teman yang selalu memberi reminder kalau waktu sudah mau habis saya harus cepat mengerjakan.

Saya juga teringat keluarga yang sudah menanyakan kapan saya wisuda. Hehe. Jadilah itu sebagai motivasi agar cepat selesai. Lagipula buat apa berlama-lama jika bisa diselesaikan dalam satu semester? Jika berniat dan beraksi pasti bisa!

Jika ada teman sebimbingan yang dikenal akan lebih memotivasi sih menurut saya. Bisa janjian ketemu dosen bareng. Bisa diskusi apabila topik sama. Tapi kalau tidak ada ya harus jadi single fighter. Hehe. Apa-apa serba sendiri. Semua dilalui sendiri.

Cerita Sidang

Beberapa hari sebelum sidang sempat stres karena cerita teman ada angkatan sebelumnya yang tidak lulus dan harus lanjut ke semester berikutnya. Wah, segitunya pikir saya. Jadi seram kan. Ketika jadwal sidang keluar, berasa tidak siap. Ya Allah... Alhamdulillah terlewati juga sudah. Dan saat sidang yang sejam itu tidak terasa cepat sekali selesai. Tidak seseram yang dibayangkan. Asal kita mengerjakan sendiri pasti bisa menjawab pertanyaan. Dan yang saya tidak menyangka, penguji saya adalah dosen yang dulu namanya menjadi penulis 2 dan 3 saat paper saya keterima conference tahun 2018. 

Minta tanda tangan penguji juga tidak sulit. Satu dosen penguji ternyata mau pergi ke luar kota pas saya datang. Pas sekali saya datang saat itu. Alhamdulillah. 

Intinya banyak berdoa semoga dimudahkan oleh Allah.

OK. Sekian dulu cerita dari saya. Semangat ya teman-teman!

Picture credit to Dreamstime

55 comments:

  1. Azeeeeeek akhirnya rampung jua yak mbak! Congratz!:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih ya. Kamu gimana nih? Udah siap-siap?

      Delete
    2. belum, nyawanya blm utuh :D

      Delete
    3. Oops masih liburan yak. asyeeekkk.

      Daku malah udah mulai kerja. Waktu begitu cepat fufufu

      Delete
    4. tp kan ttep masuk kerja mbak fufufuu.
      lgsg masuk yak, gakbisa leha2 dulu wkwkk

      Delete
    5. kagak dit, padahal sih ya pengen lebaran haji di rumah. nasiblah perantauan. hidupnya nomaden begini. semingguan lalu masih di jakarta. trus pulkam beberapa hari. trus sehari yang lalu udah di ibukota provinsi tempat kerja. trus hari ini udah ngantor aja di kabupaten tempat kerja. padahal jaraknya itu ga deket. semoga allah selalu kasih saya kesehatan. aamiin. duh, curcol. hehe

      beruntunglah dirimu. banyak-banyak bersyukur ya. :) itu hikmah buat kamu hehe

      Delete
    6. hahahaa monggo curcol :D
      semoga sehat terus mbak aamiin.

      semua pasti ada enak dan gakenaknya yak mbak, Allah maha adil :)

      Delete
    7. baca ini "Allah maha adil :)" kok nyus gitu...

      Delete
    8. memang bgitu faktanya hhew

      kpikiran lanjut kuliah lagi gak mbak? :'D

      Delete
    9. pas masih kuliah sih nggak dulu deh. ngerasa udah males. dan juga ini itu. hehe
      tapi begitu lulus ada sih keinginan lanjut lagi. tapi serahkan pada allah aja kalau ada kesempatan kan nggak tau. mau istirahat dulu aja, settle down.

      kenapa? kamu udah kepikiran lanjut lagi? super sekali :D

      Delete
    10. haaha. pengen pindah destinasi wkwkwk.
      yg sekarang udah punya dosbing dan tema, tp kok males bgt yak mulainya ckkck.

      Delete
    11. cieee selamat yak moga cepat beres. udah semester berapa sih? :D

      aku juga ngalamin susah memulai. tapi kalau udah ngerjain dan panas, ya betah... hehe

      Delete
    12. "udah smt brapa" ini mksudnya ngeledek apa gmna mbak? --"
      mbak, smt 3 gakperlu masukin matkul makalah dan tesis kan yak? fufufuuu
      itu semprop dilaksanainnya di smt brpa mbak?

      Delete
    13. loh kok ngeledek toh. sensi bener... :D

      aturan prodi beda-beda kali. kalau memang mau ambil semester itu ya masukin aja.
      kami tak ada semprop. prop udah digabung di matkul penulisan ilmiah. tinggal lanjut nulis dan sidang.

      tanya sekretariat prodimu coba atau kk tingkat... :)

      Delete
    14. sensi yak? XD maapin mbak :'D
      aku ikutan digital talent scholarshipnya kominfo jua, trus jadi klabakan takut gakkepegang XD

      klo emg gakmau (karna gakbisa XD) wisuda di smt 3, gakpapa kan gakperlu dimasukin ke KRS?
      sbnernya nanya temen, tp keknya salah org, krna dia relatif ambis wkwkwkwkk

      Delete
    15. ciee cieee... uhuy :) FGA ya? ngambil apa? dimana?

      kalaupun masukin irs semester 3, ga mesti selesai di semester 3, masih bisa lanjut semester berikutnya... kalau ga masukin juga gapapa kan bebas bisa semester berikutnya

      relatif ambis? maksudnya?

      Delete
    16. gakbisa FGA mbak, kan aku kerja wkwk, ambil yg OA.

      okok siip

      ambis pen cepet2 lulus hahahaa

      Delete
    17. wah keren... ambil apa nih? good luck ya

      oalah ambis tu bahasa dari planet mana baru denger :)

      Delete
    18. ambil hikmahnya :p

      ambis tuh ambisius mksudnya mbak, masa gaktau XD
      biasanya ditujukan buat org2 yg "trlalu bersemangat menggebu2" dalam mncapai tujuan hahaha

      Delete
    19. taulah kalau ambisius mah...

      kenapa pada ga betah?

      beuh ga mau ngasih tau yasudah rapopo... ambil hikmahnya aja :D

      Delete
    20. bukan gakbetah, tp emg tipe yg pgn cepet slsai, ipk oke, gtu loh :D

      haha aku ambil yg digital skills

      Delete
    21. memangnya ada syarat ipk minimal untuk cepet selesai? bukan tergantung tesisnya?

      woke good luck semoga lulus ujian online trainingnya dapet sertifikat bisa untuk nambahin cv

      Delete
    22. bukan gtu, salah persepsi nih wkwk.

      aamiin. danke! :D

      Delete
    23. kalau salah ya monggo diluruskan... :D

      beuh jago bahasa jerman nih :)

      Delete
    24. mksudnya gni loh..
      kan ada tipe mahasiswa yg smangat mnggebu2, bhkan klo ada PR 1 buah dia bilangnya ada 2 buah -_-"
      jd dia emg pengen cepet2 slesai aj kuliahnya, bukan krna gakbetah, tp emg pen cuma 3 smt, kan keren tuh. gtu loh wkwkwkk

      kagak, cuma bisa danke doang. LOL

      mbak tau ttg dunia roket gak? XD

      Delete
    25. ok aku mengerti. lah kmu termasuk golongan itu juga kan?

      taulah. lego roket :D
      kenapa mang dengan roket?

      Delete
    26. mana ada aku golongan bgitu mbak. yg ada aku masuk tipe yg paling santuy wkwkwkkk

      wah ada lego roket? :O MAU!!!
      pngen bahas ttg roket di tugas akhir fufuuu. tp gaktau jd pa enggak wkwkwk

      Delete
    27. beuh santuy alay :D

      ada donk ketinggalan jaman :P

      wah ngeriiiiiii topik bahasannya... superb!

      lah udah diajuin belum? dimantepinlah...

      Delete
    28. wkwkwk XD

      mana coba minta linknya mbak, pen beli :O

      tp udh ada yg meneliti bgituan, lagi nyari2 celah, sesuatu apa yg blm dibahas hho

      Delete
    29. jiah ada di marketplace banyak search aja lego roket :D

      Udah ketemu belom celahnya? lihat saran penelitian selanjutnya loh apa yang bisa kamu lanjutkan darinya. semangat!

      Delete
    30. nyari yg mini blocks blm nemu :D

      dr 2 sumber yg udh dibaca, kduanya gakngasih saran haha. kduanya itu bahas ttg analisis dan evaluasi dr yg udah ada (objek LAPAN) hahahaa.

      Delete
    31. yaudah analisis yang belum ada :D

      selamat mencari... nulis lumayan makan waktu... kalau mau selesai semester depan harus cepat..

      Delete
    32. aku mo yg normal aja, lulus di smt 4 :O
      gakterlalu prlu ngebut kan yak XD

      Delete
    33. heheh yakin? bukannya kamu barisan orang-orang ambis? uhuy :D

      klo normal ya ga perlu buru-buru waktu lebih banyak... pikiran lebih santuy :D

      dapet beasiswa ga dit?

      Delete
    34. yakin! krna aku liburan bner2 liburan wkwkwk _------------------_
      gakambis sama skali fufufuuu.

      wkwkk tp kan ngejar publikasi jua mbak hho

      enggak wkwkk. kmarin abis bayaran, tabungan ludes LOL

      Delete
    35. Serius nih gak ambis 😁

      Eh wajib ya publikasi? Udah submit?

      Ludes sementara bisa dicari lagi dan gembung lagi. Apalagi abis s2 tar 🤭😁

      Delete
    36. gakpercayaan amat dah -__-
      wajib dongs, 2 sks :O apanya yg disubmit, gerak aja blm XD
      aamiin..

      mbaknya tesis bikin program apa? wkwk

      Delete
    37. beuh yang 2 sks... kami untungnya kagak ada.. (ga jadi ada) tapi dulu dikejar2 disuruh bikin :D

      kok belum gerak, lah kan katamu udah bikin pas liburan :D

      ga bikin donk kan ga kesitu fokusnya s2 :) *kalem

      Delete
    38. woh trnyata itu aturan blm brlaku buat smua yak, kirain udah :O

      mana ada yg bilang udh ngrjain pas liburan _---_ pitnah itu mbak namanya! :P

      asek! enak yak klo udh lulus mah, selow jwbnya wkwkwkkk

      Delete
    39. ga tau kalau sekarang dit. mungkin udah kalau SK udah ada. kayaknya adik kelas udah wajib. jamanku disangka wajib, ternyata berubah cerita di akhir. hihi kayak fim deh.

      waduh ngeri, fitnah bo...

      "yakin! krna aku liburan bner2 liburan wkwkwk _------------------_
      gakambis sama skali fufufuuu.

      wkwkk tp kan ngejar publikasi jua mbak hho"

      nah itu makanya kukira sudah kau kerjakan... :D

      hihi memang lain auranya kalau sudah lulus tuh. nanti kamu juga ngerasain. asyeek :D

      Delete
    40. kita beda setaun doang kan yak, selang setaun aja negara api udh mnyerang fufufuuuu

      gakgtu mksudnya _---------------------------------------------------_

      mulai zombong nih hmmmm. wkwkwkwkk

      Delete
    41. Ngomong opo to kamu ini 😁

      Kayak kartun jepang wae... Bisalah jadi penulis komik jepang buat anak anak

      Sapa yg sombong ya kok ga ngerasa ane 🤭😁

      Delete
    42. wkwkwkk

      masih mnunggu irs yg tak kunjung disetujui, pdhal 2 hari lagi ditutup fufufuuuuuuuu
      mbaknya suka konsultasi ktemu dosbing akademik gak? aku blm prnah ktemu sama beliau :O

      Delete
    43. dosen PA? ga pernah sih hehe. dateng aja lagi kamu mah mumpung masih kuliah :D

      irs ya biasa lama disetujui. masuk kuota yg penting.

      Delete
    44. yoi dosen PA. oh trnyata sama yak gakprnah ktemu. agak aneh sih sbnenrya, klo gakprnah ktemu, kan ibaratnya beliau adalah wali kelas klo di sekolah :D
      klo ktemu beliau, brarti harus cuti. gakmau. sayang cutinya #plak XD

      oh emg lama yak, kirain disetujuinya sebelum pnutupan irs hho. tmpatku gakbakal penuh kuotanya, wong seangkatan gaknyampe 20 wkwk.

      Delete
    45. dosennya ga ngajar di kelas juga?

      suka-suka yg nyetujuin sih kayanya di tempatku. kan sibuk.

      dikit ya ga nyampe 20 tuh berapa 17?
      malah enak ga rebutan isi irs. ga kayak tempatku 100-an jadi sampe over kuota di matkul tertentu

      :D

      Delete
    46. ngajar di kelas reguler aja, jd gakktemu hha.

      udh disetujuin skrg wkwk.
      belasan pokman, udah ada yg ngundurin diri jua mbak wkwkwk.

      nb: aku baru dtg krna hari2 kmarin bnyak masalah LOL

      Delete
    47. Kamu kelas malam ya

      Cieee selamat ya

      Halah...tinggal sebut berapa kok ya rahasia banget kayaknya

      Beuh banyak masalah... Masalah hati nih ye ehem hem 😁🤭

      Delete
    48. kelas khusus, bisa malam pagi siang sore :p

      wkwkwkwkkkkk XD

      enggak. bnyak tugas. yg digital talent scholarship, harusnya minggu ini slesai 15 courses, tp aku 1 pun blm slesai fufufufuuuuu

      Delete
    49. lah lulus ga nih? kok ga ada yg udah selese satu pun...

      Delete
  2. belum sampe tahap klulusan, msih proses kuliah onlennya :D
    sibuk aku mbak *mintak ditabok* XDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. la kapan seleseinya?

      Jiah sibuk... Minta ditabok duit ya 😁

      Delete
    2. lupa batasnya sampe kapan hha. 11 minggu dah keknya, brarti sampe okt ato nov.

      bukan gtu mbak mksudnya. harus bisa baca2 kalimat nak gaol zaman now nih wkwkk. Peace :D
      minta ditabok => aku ini harusnya ditabok, krna sok2an dll. gtu hahahaa

      Delete
    3. Ah masih lama santuy

      Iye deh yg gaol gaol...

      Yasud sini kupinjemin tanganku nganggur klo mo ditabok 😁

      Delete
    4. "santuy" wkwkwkkk udah ktularan gaol yak XD
      masih lama klo gakdikerjain yak ttp aja hahaha.

      NO :p

      Delete

leave your comment here!