Follow Us

Tuesday, May 17, 2016

Pengalaman Tes TPA SIMAK UI Pasca Sarjana S2 10 April 2016



Halo... Saya kembali ingin berbagi dengan teman-teman. Sebulan lalu saya mengikuti tes Simak UI Pasca Sarjana S2 di Depok hari minggu tanggal 10 April 2016. Tepatnya di FISIP Gedung H.

Cara mendaftar

Saya memang sudah jauh hari merencanakan ikut tes ini. Bagi teman-teman yang juga ingin melakukan pendaftaran, siapa tahu ini berguna. Yang saya lakukan diantaranya:
  1. Buka website http://penerimaan.ui.ac.id
  2. Register
  3. Isi form pendaftaran, upload foto, upload dokumen (ijasah, transkrip -- wajib, TPA, TOEFL ITP -- kalau ada), lalu verifikasi.
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar 750.000 (kecuali Psikologi dan Keperawatan) via ATM (ada banyak pilihan bank serta bisa via ATM, internet banking, teller tergantung bank-nya). Kala itu saya membayar via ATM BRI tapi gagal terus. Penyebabnya adalah pertama, ternyata tanggal pembayaran belum dibuka. Kedua, BRI-nya yang belum membuka (padahal sudah masuk waktu pembayaran berdasarkan jadwal di UI). Caranya mudah untuk BRI, tinggal masuk ke menu pembayaran - pendidikan - UI - tulis kode UI (008) disertai nomor pendaftaran 9 digit. 
  5. Mengecek ke website apakah pembayaran sudah diterima sehingga bisa men-download kartu ujian. Tidak instan ya. Jadi ada jeda waktu sampai kartu ujian kita bisa di-download. Pengalaman saya mentransfer hari jumat, rabu baru bisa download kartu. Tapi mungkin saja sudah berubah sekarang.
  6. Persiapan tes TPA dan Bahasa Inggris tanggal 10 April 2016. Kartu ujian dicetak berwarna dan tidak boleh dilaminating karena akan ditandatangani pengawas ujian. Bawa kartu pengenal sesuai yang kita cantumkan ketika pendaftaran.
Tempat menginap

Karena saya berasal dari luar Jawa, jadi tentu saja harus menginap. Akhirnya pilihan jatuh pada Wisma Makara UI setelah searching beberapa penginapan. Sekitar 10 hari sebelum hari H coba kontak telepon Makara dan ternyata masih tersedia kamar kosong. Pilihan jatuh pada kamar tipe superior. Sewa semalam 389 ribu rupiah.

Setelah sampai di sana, rupanya kamarnya lumayan luas. Dan fasilitasnya juga lumayan. Hanya saja shower di kamar yang saya tempati ternyata tidak mengalir deras karena mengalir duluan di bawah kepala showernya itu jadi tidak mengalir full sampai atas. Cukup mengganggu tapi bukan sesuatu yang fatal sih. Terus kunci kamarnya tidak menggunakan kartu seperti di hotel-hotel. Masih manual.

Makara letaknya jauh dari Gedung H atau pun dari pusat keramaian di luar UI jadi kalau mau cari makan ya harus keluar dulu. Transportnya?

Transportasi

Di sebelah kiri Makara, ada asrama UI. Nah, di situlah mangkal ojek. Ada banyak. Di sebelah satpam. Jadi, kalau mau ke mana-mana ya dari Makara jalan kaki ke sebelah masuk pos satpam bilang saja ojek. Tarif untuk di sekitaran UI 10 ribu rupiah sekali ojek. Kalau keluar UI lebih bayarnya. Waktu itu saya minta diturunkan di tempat yang ramai orang jualan makanan atau pun ada Indomaret Alfamaret, tarifnya 15 ribu. Pernah juga saya turun di halte UI karena mau cari taksi, bayar 7 ribu.

Suasana Tes

Kalau waktu mau tes, saya keluar Makara jam 06.20 pagi. Seharusnya sarapan dulu karena di Makara disediakan sarapan jam 6 pagi tapi saya yang tidak keburu. Langsung cabut saja ke sebelah. Ojek ada banyak yang mangkal. Padahal awalnya takut habis karena banyak sekali yang ikut tes. Dan memang jalanan macet loh. Untung tukang ojeknya pinter nyelip-nyelip jadi jam 7 kurang sudah sampai Gedung H. Sampai Gedung H, sudah ada tulisan lokasi ujian. Saya ujian di lantai 3. Ruang paling dekat dengan lift. Lupa ruangan berapa kalau tidak salah ingat 305.

Begitu naik ke atas, ternyata sudah penuh para peserta yang sedang menunggu dibukakan pintu masuk ruangan. Di situ campur baur peserta yang mau mengambil berbagai jurusan. Jam 7 baru peserta boleh masuk. Rupanya saya dapat kursi paling depan. Kolom kedua dari pojok.

Setengah jam pertama adalah waktunya untuk mengisi biodata dan mengecek soal apakah jumlah halamannya sudah benar. Nah, saat pengecekan ini sebenarnya bisa loh sambil curi-curi lihat soalnya. Tapi tidak signifikan juga sih. Mending ikut prosedur sajalah. Hati juga lebih tenang.

Sebelum soal dibagikan ada 4 orang peserta yang dijadikan saksi bahwa soal masih utuh masih dilem. Dan saya menjadi salah satu saksi karena duduk di depan. Diminta tanda tangan juga sebagai saksi soal utuh. Nanti juga sekalian sebagai saksi bahwa soal langsung dimasukkan ke amplop dan dilem ketika ujian selesai.

Kalau persyaratan sebelum tes ya standar.
1. Tas diletakkan di depan.
2. Di atas meja hanya boleh meletakkan kartu identitas, kartu ujian dan alat tulis.
3. Alat tulis hanya boleh membawa pensil, pena, penghapus dan rautan. Kotak pensil tidak diperbolehkan.
4. Jam tangan harus dilepas. Untuk perkiraan waktu nanti panitia akan menggambar di papan tulis berupa persegi panjang yang diarsir berapa waktu yang sudah berjalan.
5. HP harus dimatikan.

Untuk tes TPA ada 3 sesi. Soal terdiri 3 warna. Satu sesi satu warna. Selesai satu sesi tidak boleh membuka sesi sebelumnya atau selanjutnya. Tidak boleh curang intinya.

Kemampuan bahasa 40 soal (30 menit)
Kemampuan kuantitatif 30 soal (50 menit)
Kemampuan logika 40 soal (40 menit)
Total 100 soal (Benar 4, salah -1, kosong 0)

Bahasa Inggris
Structure 40 soal
Reading 50 soal
Total 90 soal (tidak ada pengurangan nilai)

Kesan

Yang berkesan itu TPA-nya. Kenapa? Karena sulit hehe. Hanya setengahnya lebih sedikit yang saya isi. Sebelum lembar jawaban ditarik panitia, terus terang saya shock begitu saya hitung jumlah jawaban yang saya hitamkan. Hanya 58 dari 100. Itupun tidak tahu benar atau tidak. Apa mungkin saya lulus dengan hanya 58% isian. Apa mungkin saya meraih skor 500? Meski saya sudah pernah mencoba tes TPA Bappenas yang juga sulit, tapi ini terasa lebih sulit. Mungkin karena ada pengurangan nilai juga ya jadi harus hati-hati betul. Kalau Bappenas kan tidak ada pengurangan nilai jadi masih bisa gambling.

Saya sempat berbincang dengan peserta tes lain di sebelah saya. Dia mengambil jurusan farmasi. Background dia memang eksak. Sementara jurusan yang mau saya ambil masuk FISIP. Nah, dia bilang matematikanya susah. Iya memang betul susah. Dia bilang kalau dia yang dari eksak saja merasa soalnya sulit apalagi saya yang bukan eksak. Dalam hati saya, saya juga background-nya eksak Mbak. Hehe

Kalau bahasa Inggris-nya standar TOEFL. Alhamdulillah bisa mengerjakan dengan lumayan tenang dan yakin dibanding ketika TPA. Mungkin efek tak ada pengurangan nilai. Semua pertanyaan saya selesaikan. :)

Pakai buku apa untuk persiapan?

Buku TPA mana saja saya pikir bisa untuk persiapan belajar. Karena biasanya mirip-mirip sih isinya. Dan kebanyakan yang beredar adalah standar OTO Bappenas. Saya juga punya buku kumpulan soal TPA OTO Bappenas. Lebih banyak buku lebih baik karena saling melengkapi. Yang penting dipelajari. :)

Lalu untuk TOEFL juga bisa pakai dari berbagai macam penulis. Lokal maupun luar negri tidak masalah. Perbanyak latihan saja. Terutama reading harus bisa membaca cepat.

Selesai Tes

Selesai tes, saya antri toilet dulu di lantai 3. Karena pas istirahat tidak jadi antri toilet saking ramainya antrian sampai ke tangga. Baru setelah itu turun dan sholat di musholla depan belok kiri Gedung H.

Sholat, istirahat sebentar menenangkan diri lalu naik ojek lagi ke Makara mengambil tas yang saya titipkan ke receptionist karena sudah checkout paginya. Jalanan masih tetap macet. Setelah itu saya ngojek lagi ke halte UI menunggu taksi. Selain jalanan macet, taksi juga jarang yang lewat. Kalaupun ada, sudah ada penumpangnya. Eh, memang rejeki, ada satu taksi berhenti tepat di depan halte tapi sudah ada penumpangnya sih. Ternyata turun semua penumpangnya. Ya sudah saya naik taksi tersebut akhirnya. Saya kan mau mengejar waktu ke bandara Soetta.

Jalanan masih macet sampai Lenteng Agung. Padahal hari minggu loh. Biasanya hari libur kan relatif sepi ketimbang hari kerja. Jam empat kurang 5 menit saya sampai juga di Soetta. Syukurlah saya tidak mengambil pesawat setengah 5 sore, tapi jam setengah 8 malam. Kalau tidak, alamak terlambat saya. Sampai Soetta masih bisa makan dulu. Sejujurnya saya kelaparan hehehe. Cuma makan roti masih belum cukup. Dan saya merasa pening mungkin karena lapar plus energi terkuras pas tes.

Setelah makan langsung check in. Ke ruang tunggu langsung ke musholla menunggu sholat magrib. Rupanya pesawat terlambat sekitar 15 menit.

Pengumuman Hasil

Hasil seleksi diumumkan satu bulan an setelah tes yaitu tanggal 16 Mei 2016 pukul 15.00 WIB. Kemarin Senin adalah tiba saatnya pengumuman, saya buka website UI di kantor. Sekitar 10-20 menit pertama website tidak bisa dibuka. Mungkin crash karena banyak yang akses di saat bersamaan. Setelah itu baru bisa saya buka. Saya log in terlebih dahulu lalu saya buka menu "hasil seleksi". Alhamdulillah lulus. :)

Namun, sepertinya belum rejeki saya untuk mengikuti perkuliahan di UI tahun ini. Beasiswa yang ingin saya kejar rupanya sudah terlambat karena kesalahpahaman saya menangkap informasi. Jikalau saja saya ada di Jakarta, kemungkinan besar saya akan lanjut biaya sendiri tanpa harus menunggu beasiswa.

Good luck buat readers yang ingin mencoba peruntungan!

Begitulah perjalanan saya readers. Sampai jumpa di pos berikutnya. :)

Pic credit twitter simak_ui

156 comments:

  1. Hai mau tanya, saya berencana ikut simak ui besok tanggal 13, tp di kartu ujian cuma tertulis gedung K saja . Lalu untuk ruangan tmpt kita ujian apakah besok ada list nama dan ruangannya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Sudah ada nama dan nomor ditempel di gedung lantai dasar. Besok ya, good luck ya.

      Delete
  2. Izin bertanya mbak, kemwmpuan bahasa kan 30 menit, klo sdh selesai apakh bisa lnjut ke soal berikutnya tanpa nunngu 30 menit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa. Harus sesuai waktu yang diarsir di papan tulis.

      Delete
  3. mau tanya donk mba. kalau beli buku simak pascasarjana ada gak ya mba? terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. buku simak pascasarjana ui maksudnya? setauku ga ada ya klo yg khusus ui. tapi kalau judulnya "simak pascasarjana" ya ada banyak. bisa juga kok dipakai untuk persiapan simak ui.

      Delete
  4. mb kalau boleh tau kesalah pahaman apa mb dgn beasiswanya sampe ga jdi masuk ui?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah memahami informasi pendaftaran. Kurang teliti.

      Delete
    2. Emang harusnya gmn mb? maaf ya mb bnyak nanya, soalnya sy jg pengen nyoba ikut beasiswa

      Delete
  5. Hebat mba. Sukses u tuk kulianya nanti.
    Mba, saya mau nanya jurusan yg mba ikut di UI pesertanya berapa org ya? Dan yg lulus berapa org ya?
    Mendahului jawabannya Makasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Peserta nggak tau. Klo kuota lulusnya 60 orang klo ga salah. Bisa cek kuota di situsnya langsung.

      Delete
  6. Makasih bnyak Mba informasinya.
    Semoga selalu dalam kelancaran dan kemudahan ya Mba Reana untuk kelanjutan kuliahnya nanti..
    Doakan saya semoga lulus dan lancar juga ya Mba:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Semoga bermanfaat. Aamiin makasih doanya. Saya doakan.. 😊

      Delete
  7. Hello mau tanya dong, klo gagal gelombang pertama apa boleh ngikut lagi yg gelombang berikutnya ya?? lalu untuk penerimaan magister kenotariatan apa ada untuk semester gasal dan genap ya...?? maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo shinta, klo gagal gelombang pertama semestinya boleh ikut gelombang berikutnya. Cuman jarak pengumuman gel 1 dan pendaftaran gel 2 mepet setau saya. Ada tidaknya kenotariatan semester gasal dan genap cek di website penerimaannya langsung ya. Lengkap kok informasinya. Semoga membantu.😊

      Delete
  8. Permisi mbak, numpang nanya. Saat pendaftaran apa kita terlebih dahulu wajib mempunyai nilai TPA dan TOEFL terlebih dahulu mbak sebagai syarat pendaftarannya?. Tapi di webnya menyatakan nilai TPA dan TOEFL nya bisa di masukin JIKA ADA. Nah, apakah melampirkan atau tidaknya nilai TPA dan TOEFL akan berpengaruh terhadap hasil ujian simak nya mbak?. Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo khairul, tpa dan toefl nggak wajib ya. Itu optional. Klo punya, lebih baik masukkan. Klo ga punya, gapapa juga. Kan dites lagi sama ui tpa dan toefl. Nilai tes ui itu yg menentukan kelulusan kamu. Tpa n toefl sertifikat sebagai pununjang pendaftaran. Klo dipikir secara logika, klo kamu punya, artinya kmu memang sudah siap dan mumpuni. Saya tidak tahu secara persis apakah itu berpengaruh. Semoga jawaban saya membantu. sukses ya!

      Delete
  9. YaAllah mbak, dari tadi saya baca blog-blog orang (termasuk blog nya mbak hehe)tentang pengalaman masuk S2 UI dan lulus tuh sampe bikin terharu ya. kalo boleh tau masuk ke FISIP jurusan apanya ya mbak? kebetulan saya juga ada niatan langsung nerusin S2 ke FISIP UI setelah lulus S1 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Beby.. hehe perjuangan ya bisa lulus... hmm saya ambil komunikasi tapi ga lanjut kuliah sih. Kamu mau ambil jurusan apa? good luck ya :)

      Delete
  10. Halo Mbak, kalau lulus tapi nggak lanjut karena beasiswanya telat itu, nggak apa, Mbak? Nggak takut di black list? Berarti kalau mau kuliah, ikut SIMAK lagi dong Mbak?

    ReplyDelete
  11. Kemungkinan besar ikut tes lagi. Saya malah ga tau apakah ada black list kayak gitu. Setau saya hal biasa sih dalam perkuliahan lulus tes lalu tidak lanjut.

    ReplyDelete
  12. mbak..nanya masalah beasiswa nya ya..
    kita mengajukan beasiswa dr awal sebelum lulus atau setelah lulus y mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi putri... tergantung persyaratan dari beasiswanya sendiri sih yang mau kamu ikuti. Dia minta yang dari sebelum atau sesudah lulus pengajuan berkasnya. Harus dibaca baik-baik pedoman pengajuan beasiswanya. :)

      Delete
    2. bisa nyari infonya di mana kak? :)

      Delete
    3. Info beasiswa ada banyak. Bisa searching di google. Misal bappenas, lpdp, kominfo, dll.

      Delete
    4. oo,,g ada beasiswa khusu dari UI nya kak?

      Delete
    5. Pasti ada klo mau cari2 infonya. Mungkin di bagian akademik ui nya langsung.

      Delete
  13. Hi mba saya berniat ikutan Simak UI S2 Komunikasi bulan oktober ini, mba bisa dibantu informasi beasiswa bisa saya dapat darimana? terimakasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai diandra. Coba buka info beasiswa kominfo ada untuk ilmu komunikasi. Search di google ya. Sekarang masih buka pndaftran jgn sampe telat. Gud luck. Cerita2 ya klo udh bhasil. 😊

      Delete
  14. hai mba, apkah ketika diputuskan lulus bisa pending kuliah tahun berikutnya ?
    krna kan mba tidak jadi ambil dikarenakan mengejar beasiswa ya
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai nurliana, kalau menghubungi pihak ui mungkin bisa.

      Delete
  15. Hai mbak, mau nanya.
    Maksudnya soal TPA Bahasa, apa seperti bentuk analogi? Atau seperti bacana/teks bahasa indonesia?

    Oh ya, mengenai pengerjaan soalnya, apa setelah mengerjakan soal bahasa dan mulai masuk ke soal kuantitatif apakah bisa balik lagi mengerjakan soal bahasa yang tersisa?

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai jg. Bahasa itu analogi dan bacaan/teks. Tidak ada sinonim antonim.

      Tidak bisa balik ke sesi sebelumnya. Kalau kamu curang dan ketahuan, kamu sendiri yang rugi.

      Semoga membantu 😊

      Delete
  16. Halo.. boleh tau kemaren mau ambil beasiswa apa? dan apakah tahun ini sudah tes lagi di komunikasi UI?

    ReplyDelete
  17. Hi mbak. Saya mau nanya. Apa soal TPA nya lebih sulit dari bappenas? Sy baru coba bappenas dan soalnya susah bgt. Jadi agak sedikit pesimis. Score minimal diterima brp ya mbak? thankyou! 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga. sulit itu relatif ya siapa orangnya. kalau menurut saya lebih sulit. tapi menurut orang lain atau mungkin kmu belum tentu. soal tpa ui lebih sedikit dari bappenas. siapa tahu kalau kamu ikut, soal-soalnya termasuk kategori yang kamu bisa. jadi jangan pesimis dulu. tidak ada tertulis berapa skor minimal untuk diterima. Tapi saya baca di salah satu syarat beasiswa di web ui minimal 500 baik tpa maupun toefl. jadi mungkin bisa jadi patokan sekitar itu. usahakan ikut bappenas buat latihan mencapai 500an. selamat belajar!

      Delete
  18. hay mba, hari minggu bsk ikutan simak ui s2 ilmu komputer. soalnya sama kan ya??? ada soal matematika yg pakai rumus susah gitu ga?? deg degkan ada matematika aja, takut kurang persiapan. terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mei. Iya sama. Ga ada setauku yg pake rumus2 susah. Yakin aja pasti bisa. Selamat ikutan tes. Good luck ya. 😊

      Delete
  19. Haii mbak nitaaa... Mau tnya.. saya Mau ikut tes nanti nih tgl 2 April mbak agak pesimis cm bismillah mbak 😂 Mau Tanya itu soall bahasa inggrisnya lebih ke TOEFL ya mbak? Kalau Ada sertifikat TOEFL sm TPA sebelumnya apakah lbh berpeluang di terima atau ttp tergantung tes SIMAKnya? Terima Kasih sebelumnya mbak.. 😂🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai des... iya lebih ke toefl. Setau saya sih tergntung hasil simak ui nya. Sertifikat kan cuma pelengkap pendaftrn dan sifatnya nggak wajib. Siapa tahu nasib baik ada padamu, jangan psimis. Yakin pasti bisa. Good luck ya 😊

      Delete
    2. Hihi iyah mbak Aamiin ya Allah .. 😂 tanya lg yah mbak? Hehe.. waktu mbak tes dlu pernah ikut latihan atau Les persiapan gk mbak? Atau belajar sendiri latihan soal? Itu bahasa inggrisnya benar tidak ada pengurangan nilai ya mbak? 😂 Terima kasih banyak sebelumnya mbak.. 😇

      Delete
    3. Ga pernah ikut kursus dsb. Belajar sendiri aja. Bahasa inggris tak ada pengurangan. Ga usah khawatir. Iya sama2. Moga bermanfaat. 😊

      Delete
  20. Menurutq bahasa inggise susah, aq ga apal inggris mbak. Nak TPA ki yo standar. Cma inggrise aq ga paham malah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Nah tuh memang beda orang beda persepsi. Ada yang kuat di tpa, ada pula yang kuat di bahasa inggris. Adapula yg dua-duanya kuat.

      Ikutan tes april inikah?

      Delete
  21. Setelah pengumuman diminta hadir untuk wawancara ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Penyerahan berkas dan tes kesehatan.

      Delete
  22. Oia mba untuk prodi yg kakak ambil skor minnya brapa aja untuk kedua tes tersebut. Apa isian 50% TPA yg mba isi memungkinkan untuk bisa lolos skor minimal mba? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu berapa skor minimal untuk diterima karena tidak disebut di web ui. Kenyataannya saat saya ikut tahun 2016, saya dinyatakan lulus padahal isian tpa cuma 50%. Saya juga tidak tahu ada di peringkat berapa. Bisa jadi itu keberuntungan saya saat itu. Beda tes bisa beda nasib.

      Pasti ada standar nilai untuk lulus. Tapi tidak disebut berapa. Tidak tahu cara menghitungnya bagaimana. Kalau perkiraan saya sekitar 500 mungkin ya. Lebih dari itu lebih baik untuk cari aman.

      Banyaknya yg ikut di prodi yg kita minati juga berpengaruh saya pikir. Walau kita memenuhi standar minimal tapi terbatas kuota prodi juga. Bersaing dengan teman lain.

      Saya pikir peraturan bisa berubah sewaktu2. Persiapkan diri saja sebaik mungkin saran saya. Good luck. 😊

      Delete
  23. hai mbak reana, saya juga berniat untuk ikut simak bulan mei nanti. saya juga sebelumnya sudah pernah ikut tes TPA dan merasa sangat sangat kesulitan juga, skor saya cuma sampai di 515, apakah menurut mbak reana dengan pengalaman skor TPA segitu, saya sudah 'lumayan' siap untuk tes simak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai taneu... menurut saya skor 500an sudah cukup siap. Coba dulu ikut tes. Semoga lulus. Klo belum lulus, bisa coba di tes selanjutnya. Belajar yg semangat! Pasti bisa 😊

      Delete
  24. Hai mbak reana mau tanya kalo mau daftar simak s2 ui apa harus dari perguruan tinggi ternama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai beni, setahu saya bisa dari mana saja. Yg penting syarat administrasi terpenuhi dan lolos ujian simak ui.

      Delete
  25. assalamualaykum wr wb. Mba, test SIMAK UI untuk program pascasarjana itu hanya meliputi TPA dan Bahasa Inggris kan? setelah dinyatakan lulus, apakah bisa menunda kuliah dahulu? karena ingin cari beasiswa dl mba hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb, betul, hanya tpa dan bahasa inggris.

      Soak menunda kuliah bisa tanya ke ui langsung. Memang ada yang bilang bisa. Tapi untuk lebih jelas langsung tanya ke sumbernya langsung, pihak ui. Karena peraturan bisa berubah sewaktu2.

      Good luck. 😊

      Delete
  26. Hi mba... Mba keren yah..
    Aq gak lulus gelombang 1😭😭😭
    Aq mw coba gelombang ke 2 mba...mulai pesimis dg tes gelombang ke 2 mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai suwinry... dapet pujian nih alhamdulillah makasih deh ya 😊

      Mo ngambil jurusan apa nih gel 2? Tetep semangat ya! Jangan psimis... kesempatan masih terbuka lebar...

      Kira2 kemarin apa yang sulit?

      Delete
  27. Mantap mba Reana bisa lulus walaupun ga semua soal tpa terjawab, saya termasuk yang gagal tes simak UI tgl 2 April 2017 kemarin, walaupun untuk tes tpa oto-bappenas saya masih bisa dpt score 505, masih kurang lucky kynya kali ini, trims atas sharing pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Taufik. Alhamdulillah mungkin itu keberuntungan saya saat itu. Beda tes bisa beda keberuntungan juga.

      Tpa ui walo lbh sedikit soalnya tapi tingkat kesulitannya berbeda menurut saya. Ayo tetep semangat. Coba lagi masih banyak kesempatan. Ikut lagi gelombang 2?

      Sama2 thx juga udah sharing pengalamannya. Good luck untuk selanjutnya ya 😊

      Delete
    2. Alhamdulillah masih semangat mba buat ikut tes simak ui gel 2nya berkat baca2 postingan ttg pengalaman orang yang pernah ikut tes simak ui n lulus (slh satunya blog mba Reana ini), makasih support semangatnya, sekarang dapat lokasi ujian di gedung yang beda dengan yang gel 1, mudah2an hasilnya juga beda, ngarep hehehe...Aamin

      Delete
    3. Optimis... bagus bagus... 😊
      Semoga gel 2 sukses. Apa salahnya ngarep. Gpp lagi gratis ini. Ngarep sama Allah setelah ikhtiar. ☺

      Delete
  28. Haii mbak reana... makasih yah mbak waktu itu sudah berbagi infonya alhamdulillah keterima mbak .. gk nyangka sebenernya apa mungkin faktor lucky jg tapi alhamdulillah banget padahal udh agak pesimis sih tapi tetap coba buat optimis karena soalnya susah aplg bahasa inggris krna kan saya lemah banget bahasa inggris.. sekali lagi terima kasih banyak mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sinta... selamat ya! Ikut seneng. Syukuran di mana nih? Saya siap dapet traktiran hehe 😊

      Atas ijin Allah sinta... kamu berhasil.

      Hehe tahu sendiri ya gimana soalnya. Waw deh udah ngalamin n happy pd akhirnya lulus.

      Sama2 ya. Selamat menempuh perkuliahan. Semoga lancar hingga akhir. ☺

      Delete
    2. Aaa iya mbak Makasihh Hihi.. 😇😇hehe bsa aja mbak.. 😝 Iyah mbak atas izin Allah aku berhasil alhamdulillah bangeett.. 😂😂 iyah mbak soalnya ckck tp ttp berusaha optimis aja mbak.. 😂 Aamiin ya Allah ya Rabb makasih mbak.. semoga mbak jg Sukses selalu yah.. 😇😇

      Delete
    3. Aamiin. Makasih doanya. Semoga kita selalu sukses 😊

      Delete
  29. Maaf mb mau tanya aku mau masuk ui lewat jalur simak ui jga? Tapi alih jalur hehehe dlu pas mb tes yang ngambil skm peminatan persentasenya banyak ya mb? Rencana mau ambil k3 amiend hehehe maaf curhaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya ga tau persentasenya berapa. Btw, good luck 😊

      Delete
  30. Selamat sore mbak penulis
    saya mampir sekedar memberi ucapan terima kasih, sudah berbagi pengalamannya XD

    kebetulan saya salah satu pembaca blog ini dan kemaren dapat rejeki :)


    buat rekan-rekan pembaca yg lain semangat ya, jika tidak berhasil (satu) kali coba lagi
    anak muda haram hukummnya menyerah !
    semoga diberi kemudahan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore hendri...
      Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya 😊

      Selamat ya habis dapat rejeki. Semoga lancar hingga akhir.

      Setuju sama kamu. Yg belum berhasil, coba lagi dan lagi. Mana tau keberuntunganmu ada di percobaan kedua, ketiga,... 😊

      Tetap semangat!

      Delete
  31. Subhanallah..mb Reana sekali coba langsung lulus ya di simak ui, saya kmrn gelombang 1 tdk lulus😭 dan mau coba lagi gel 2 bln ini..berharap sangad, mohon doanya ya mba..semoga berhasil lulus.
    Ke-4 teman saya sdh lulus di gel.1 kmrn, walaupun mereka jg bilang sulit soalnya dan jawabnya jg ngga yakin + bnyak yg tdk dikerjakan..tapi Alhamdulillah mereka lulus.
    Jadi deg2an ini saya...mau ujian lagi🤐

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hidayati, alhamdulillah atas ijin Allah bisa lulus 😊

      Kamu juga pasti bisa. Tetap semangat belajar dan berdoa ☺
      Saya doakan semoga sukses gel. 2.

      Hehe kan udah pengalaman gel 1, masih deg2an? 😊

      Terima kasih sudah mampir dan sharing. Selamat ujian lg. Semangat! ☺

      Delete
    2. Aamiin..allahuma aamiin

      Makasih bnyak Mba atas doa jg dukungan semangatnya🤗

      Semoga sy bisa seperti ke 4 temen saya yg sdh siap daftar ulang, walaupun kami beda jurusan semua

      Sp skrg masih ada deg2annya mb..karena akan ujian lagi dan akan buka pengumuman hasil ujiannya😊

      Semangaaat semangaat....😉

      Delete
    3. Hehehe... semangat! 😊

      Delete
    4. Taqaballahu minna wa minkum mba Reana
      Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H

      Alhamdulillah mb..Ramadhan penuh barokah,dipengumuman 21 juni / 26 Ramadhan kmrn hasil ujian saya gel. 2 ini lulus...terimakasih bnyak atas doa dan dukungan semangadnya ya mba Reana

      Mohon doanya lagi😊..Semoga bisa lancar dan dimudahkan menjalani kuliah sp lulus nanti..Aamiin

      Jazakillah khoiron katsiron mba Reana
      😍

      Delete
    5. Sama2 ya hidayati.. wah alhamdulillah... selamat ya! Ikut senang 😊

      Saya doakan moga lancar n berkah ilmunya ya 😊

      Delete
    6. Aamiin allahuma aamiin..
      Terimakasih bnyak😊
      Semoga kebahagian dan keberkahan selalu mengiringi langkah mb Reana

      Delete
    7. Aamiin... 😊 moga sukses untuk kita

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum Wr Wb
    Selamat siang kak reana 🙂
    Beruntung sekali kak reana bisa masuk s2 ui. Setelah saya baca artikel kakak, saya jadi semakin deg degan dan takut juga agak pesimis😭😭 mohon doa nya ya kak semoga saya nanti bisa sukses ujian simak ui tahap 2 minggu depan seperti kakak. Terimakasih
    Wassalamualaikum Wr Wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumslm. Siang yurike, alhamdulillah 😊

      Deg2an kenapa nih? Padahal mau saya pembaca tulisan saya jadi optimis loh 😉. Bismillah aja persiapkan diri dengan baik. Saya doakan semoga sukses. Semangat!☺

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, why had your comment been removed? 😊

      Delete
  35. Selamat sore Mba Reana, boleh saya bertanya mengenai soal2 TPA nya.
    untuk yang numerik itu apakah seperti deret angka dan operasi hitung? angkanya ribet ga ya mbak semacam susah kalo gak pake kalkulator?
    lalu apakah ada soal cerita yang pertanyaannya membentuk urutan? karena di buku latian soal saya tipe2 tersebut yang paling sulit..
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai briston selamat malam, boleh...

      Betul. Angkanya bisa dihutung manual. Bukan yang ribet susah harus pake kalkulator.

      Soal cerita bentuk urutan? Ada. Itu logika analitis ya. Ada sekitar 3 wacana logika. Gambar 3 dimensi juga ada klo ga salah ingat.

      Semoga terjawab. Selamat belajar ya. Pasti bisa 😊

      Delete
  36. Assalamualaikum Wr.wb
    Mohon doanya, semoga Minggu ini q ikut tes simak UI gel 2 lancar dan dan lulus pastinya Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumslm, hai jepri saya doakan semoga lancar dan sukses. Semoga teman lain yg membaca juga ikut mendoakan. Aamiin.

      Delete
  37. Harap harap cemas utk saya mbak, 21mei hri minggu kemarin baru saja ikut ujian simak pascasarjana, kesannya wiih susah MTKnya.. Trs utk yg Tes Inggrisnya, di bagian reading kita ga bs kelamaan baca ceritanya nanti keburu habis wktunya, jd hrs cpt jwbnya.. Tpi krn mikirnya mau cepet, yg ada jadi panik dan kringat dingin.. Krg yakin jg dgn keseluruhan jwban apa iya bs lulus ya krn mmg susah smua mana bnyk yg tdk diisi.. Ya cm bisa berdoa sj skrg... Utk yg sdg nunggu hasil ujian, smoga sukses ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, kamu ngambil jurusan apa? Mtk mmg susah. Utk tpa yg pnting diisi yg kmu yakin jawabannya. Ya begitulah utk reading mmg hrs baca cepat. Tahu sendiri soal-soalnya susah. Yg pnting sudah terlewati. Tugas kmu selesai. Tinggal tuhan yg mnentukan hasilnya. Banyak berdoa. Semoga berhasil. Jgn lupa nanti kabar2 ya berita gembiranya. 😊. Moga sukses juga untuk yg lain. Klo pun misal belum rejeki kali ini, masih ada kesempatan selanjutnya. Jgn menyerah. ☺

      Delete
  38. mba saya mau tanya, kalau saya sudah punya sertifikat TPA(masih berlaku) apakah saya harus ikut TPA lagi?
    dan saya sudah punya sertifikat TOEFL(masih berlaku) apakah saya harus ikut TOEFL lagi?
    saya sebelumnya ikut di ITB tapi saya lebih tertarik ke UI jadi saya sudah memiliki sertifikatnya.
    saya tertarik dengan "SIMAK Genap UI" masih lama sih memang bulan oktober, rencana saya ngambil arsitektur apakah ada test lain lagi? soalnya saya liat ada persyaratan bisa menulis dan berbicara menggunakan bahasa inggris(apakah ini sebuah test)
    terimakasih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, tpa dan toefl berlaku 2 tahun. Sementara tpa dan toefl yang bisa diupload saat pendaftaran ui tertanggal setahun terakhir. Melampirkan tpa dan toefl ini opsional alias tidak wajib. Yang terpenting kamu lulus simak ui.

      Bisa jadi ada persyaratan lain (tambahan) untuk jurusan yang dituju. Untuk lebih jelas tanya ke kontak person jurusan yang mau kamu tuju. Good luck nanti tesnya ya.

      Terima kasih sudah berkunjung. Semoga membantu. ☺

      Delete
  39. Hmmm jadi TPA sama TOEFL hanya jadi persyaratan saja.. tapi tetap harus ikut simak UI yah, okey deh sangat membatu.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Persyaratan awal mendaftar. Kalau pun tidak punya tidak apa-apa. Simak ui penentu kelulusan.

      Delete
  40. Hi mbak Reana, salam kenal :) Bulan lalu saya ikutan SIMAK S2 UI untuk Prodi Sejarah, belum ada gambaran tentang proses tesnya jadi baca2 blog tentang SIMAK S2 UI & tulisan mbak yang paling saya suka, karena benar2 detil, sehingga saya bisa punya gambaran yang clear & persiapan yang cukup dalam menghadapi hari H. Di ruang ujian, saya diminta jadi salah satu saksi (kayak mbak Reana), trus pas waktu ujian TPA habis, saya ngitung jumlah soal yang saya jawab (ngikut mbak Reana), duh hanya 60 soal, itupun gak yakin semuanya benar! Paling parah Matematika, kayaknya saya hanya bisa jawab kurang dari 10 soal ehehe. Agak pesimis untuk bisa lulus, tapi pengalaman mbak memberikan saya harapan. Setelah menunggu 1 bulan lebih, kemarin akhirnya hasil seleksi diumumkan - alhamdulillah saya lulus! Terimakasih mbak Reana, tulisan mbak sangat bermanfaat :) Sukses selalu untuk mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mita, salam kenal juga.

      Selamat ya! Ikut senang deh kalau ada pembaca blog yang share kisah suksesnya. Ayo mana yang lain? Hehe 😊

      Terima kasih sudah sharing ya. Senang bisa bermanfaat walau hanya lewat tulisan. Sama2. Sukses selalu. Aamiin. 😊

      Delete
  41. Hai Kak, untuk peminat Biologi di ui banyak gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai letus,untuk kuota bisa dicek di situs penerimaan.ui.ac.id

      Tapi untuk peminat, saya tidak tahu. Tak usah pikirkan peminat, yang penting persiapkan dirimu sebaik-baiknya.

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips bisa dilihat di posting saya berjudul "Buku TPA dan Bahasa Inggris Persiapan Simak UI"

      Delete
  43. Kak boleh minta WA atau ig gak.... Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Kalau mau panjang ke email aja reana.nite@gmail.com

      Ig @relaana
      WA bisa nanti dikasih lewat ig atau email ya kalau mau

      Delete
  44. Kak Reana, aku sudah lulus SIMAK nih yang gelombang 2 kemarin, lalu yang LoA nya itu dimana ya dapatnya kak? trims :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi selamat ya. Tanda kamu diterima kan bisa diunduh pdfnya. Itu loa nya.

      Delete
  45. Kalo boleh tau lulusan S1 nya di Universitas mana ya mba? Terimakasih.

    ReplyDelete
  46. sore mba reana..
    mau tanya apa beasiswa yang mba ikuti?saya mau ikutan simak genap bulan depan,,dan lagi nyari2 beasiswa siapa tau kalo keterima bisa dengan beasiswa juga..mohon infonya ya mba..trims..

    ReplyDelete
  47. assalamualaikum mb reane ... mb aku berencana ikut simak ui s2 bulan oktober ini. apakah mb punya soal2 tpa dan toefl? kalo ada bisakah saya minta tolong dikirim ke email : muzay8647@yahoo.co.id terimakasih

    ReplyDelete
  48. Selamat siang mba reana,

    Salam kenal, Oya saya juga mau di share soal simak s2 ui untuk persiapan ke alamat email : rudy.voller11@gmail.com.

    terimakasih,

    ReplyDelete
  49. Bagus kak tulisan nya, kebetulan saya juga msh linglung soal TPA, semoga saya juga beruntung bulan depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. linglung gimana nih? belajar yang rajin ya. semoga beruntung :)

      Delete
  50. haloo mbak, mau tanya mbak, utk test b.inggris nya minimal nya berapa ya mbak? saya rencana mau ikut ujian simak, tapi masih ngerasa b.inggrisnya masih rendah, hehe

    ReplyDelete
  51. Kak kenali saya zakiah
    Kak kalo kita idah dafatar n bayar tapi blm cetak kartu peserta itu jatuhnya kita terdaftar untuk ikut ujian atau enggak ya?? Makasih... salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. terdaftar. tinggal dicetak aja kartunya utk dibawa pas ujian. good luck ya :)

      Delete
  52. Hai mbak. minimal score TOEFL waktu test supaya lulus berapa ya? Makasih mbak, salam kenal yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu tes TOEFL ITP di lembaga bahasa? atau bahasa inggris waktu SIMAK UI?

      - kalau ga salah ingat ya, untuk dapat sertifikat TOEFL ITP di lembaga bahasa minimal skor 460 (CMIIW)
      - kalau bahasa Inggris di SIMAK UI tidak ada dituliskan persyaratan minimal berapa untuk lulus. tapi kalau mau aman sebaiknya 500. khusus di jurusan saya minimal 500.

      :)

      Delete
  53. Hi Mbak, mau tanya untuk beberapa hal mengenai tes masuk MMUI :
    1. Berarti tesnya hanya TPA saja ya mbak?
    2. Setifikat Toefl/Ielts perlu gak ya?
    3. Tes ini berlaku juga untuk MMUI yang kelas profesional/malam juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke saya coba jawab semampu saya:
      1. tes SIMAK terdiri TPA dan bahasa Inggris
      2. ga wajib (opsional). kalau punya lampirkan. kalau ga punya ga usah. minimal TOEFL ITP ya kalau mau melampirkan. kalau belum berubah :)
      3. wah saya kurang tahu kalau khusus MM. saya tahunya ujian SIMAK untuk syarat masuk semua master degree baik profesional maupun bukan. silahkan baca webnya langsung cara masuk ui.

      semoga terjawab :)

      Delete
  54. tesnya terdiri dari 2 bagian (TPA dan ingrris) sajakah? atau ada tes spesifik sesuai jurusan yang diinginkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tpa dan toefl saja. Untuk lebih lanjut contact ke jurusan yang dituju saja ya siapa tahu ada persyaratan khusus jurusan.

      Delete
  55. Replies
    1. Halo gal... galih ya? baik.. kamu apa kabar 😊

      Delete
    2. hahaha iya mbak, alhamdulillah baik
      lagi nyari2 info tes potensi akdemik nih, nemu di sini, baru tau klo mbak rela punya blog

      Delete
    3. Mau ikut tahun ini ya? Kemana rencananya? Good luck ya. Hehe thx udah nyasar dimari 😊

      Delete
    4. mau nyoba bappenas dalam negeri,nyari yang dekat rumah ortu hehehe
      thanks mbak

      Delete
    5. Mantap! Iya bener deket ortu ya. Semangat galih! Sukses ya 😊

      Delete
  56. Halo mbak Reana, blognya sangat informatif. Mau nanya nih, apakah waktu pendaftaran dibutuhkan surat rekomendasi dari dosen atau atasan gitu mbak? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo wili, untuk simak ga perlu. Saat pendaftaran ada kok tertera syarat-syaratnya di web.

      Delete
  57. mbaa mau tanya
    apapun jurusannya, soal testnya sama atau beda ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sama. Waktu itu saya sebelahan (tes bareng) sama peserta yang daftar farmasi, kenotariatan, ...

      Delete
  58. sangat menarik cara menceritakan pengalamannya.... doakan saya tanggal 24 Maret besok rencana mengikuti test MMUI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Saya doakan moga sukses. 😊

      Delete
  59. halo, perkenalkan saya william. terima kasih sharing pengalamannya. izin bertanya, dilihat dari penjabarannya berarti kemampuan figural tidak ada ya di TPA nya? (yang deret2 gambar gitu misalnya)

    selain itu mau bertanya juga untuk kemampuan logika, yang diuji adalah penarikan kesimpulan atau soal analitis yang misalnya "ada 5 orang ingin duduk di kelas dengan syarat si A harus sama C, B tidak boleh didepan dll dll" begitu? maaf banyak bertanya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo william... saya coba jawab ya.

      Jenis soal bisa berubah-ubah ya, jika gelombang 1 tidak muncul maka bisa jadi muncul gelombang 2. Jadi silahkan dipelajari saja. Soal gambar ada kok tapi seperti yang saya bilang tadi.

      Penarikan kesimpulan dan analitis selalu ada tiap tes.

      Yang berubah-ubah itu soal matematika yang bervariasi. Seperti misal menebak angka dalam gambar yang di 2016 tidak keluar ternyata 2017 ada.

      Delete
  60. Halo kak Reana
    Mau nanya untuk soal TPA nya apa masuk materi logaritma, integral, pertidaksamaan dkk ?
    makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga...
      tidak ada model begitu ya... soal-soalnya seperti yang ada di buku-buku TPA kok, matematika dasar :)

      Delete
  61. Halo mba reana. Blok mba sangat informatif.
    Saya mau nanya, mba S2 UI nya ambil kelas regular atau kelas khusus ya mba?

    Kedua, test Bahasa nya tidak ada sinonim dan Antonim ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo jordan, terima kasih sudah mampir. 😊
      Waktu itu kelas reguler...

      Tidak ada antonim sinonim ya

      Delete
    2. Okedeh. Makasi banyak atas infonya mba reana. Saya ikut tes simak UI S2 tanggal 13 mei mba. Doakan diterima ya. Haha.

      Delete
    3. Ok. Semoga sukses ya jordan. Semangat 💪😊

      Delete
    4. Maaf mba reana saya nanya lagi, Kalo test Bahasa nya ada analogi dan paragraf2 gitu ya mba?

      Delete
  62. Wah terimakasih ya jadi tau ngukur waktu perjalanan ke ui nya ,saya test s2 ti tgl 13mey ,terimakasih infonya ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Senang bisa berbagi. Terima kasih sudah berkunjung. Moga sukses ya tesnya!:)

      Delete
  63. Ini yg belum saya coba sampai sekarang...padahal tuntutan profesi yg mengharuskan kuliah pasca sarjana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mas... biar makin mantap profesinya 😊

      Delete
  64. mba reana, bener ga ikut simak ui untuk peserta tugas belajar PNS itu formalitas aja? udah pasti lulus ya?? trus gimana kalau skor TPA kurang dari 500 tapi peminat di jurusan tersebut sedikit? apakah pasti lulus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, setahu saya harus lulus simak ya. Ga ada formalitas. Karena saya sendiri benar benar tes. Beasiswa apa kak kalau boleh tahu? UI punya standar ya kak. Yang memenuhi standar yang lulus. Mungkin tanya sekretariat untuk lebih jelas.

      Delete

leave your comment here!