Follow Us

Monday, March 31, 2014

Galeri Pamer Proyek Awal Crochet


Ternyata tiga hari libur saya di rumah, saya kedatangan penggemar. Hehehe ada-ada saja hidup ini ya. Sebelum saya lanjut bercerita, saya harap readers tidak berharap terlalu banyak akan cerita saya. Maksud saya siap-siap kecewa kalau di luar harapan. :D

Oke, jadi ceritanya saya kan menghabiskan waktu tiga hari ini di rumah saja. Sebagian besar aktivitas saya ya di kamar. Namun tak disangka saya kedatangan penggemar. Tidak hanya satu loh readers tapi beberapa makhluk. Tidak hanya satu kali tapi berkali-kali dalam tiga hari. Sepertinya sekalinya datang jadi ketagihan. Haduh. Saya yang semula diam saja akhirnya keluar nemuin tuh penggemar. Hihihi.

Penasaran ga siapa?


Itu tuh anak-anak tetangga! Ampun dah. Pakai acara ngintip-ngintip dari jendela kamar. Dan ngetok-ngetok tuh kaca jendela pakai pecahan kaca. Kalau habis ngetok-ngetok, dia lari. Karena kan otomatis saya nengok ke jendela ya. Ga lama kemudian, balik lagi ngetok-ngetok lagi. Parah ga sih? Mau marah tapi gimana ya readers, namanya juga anak kecil. Hehehe. Itu anak-anak kecil cowok umur 3-4 tahunan lah iseng banget. Heh udah punya bibit iseng dari kecil. Cape deh... anak sekarang... Ampun dah :(

Nah, segini dulu cerita pembukanya. Kita lanjut ke bahasan utama yaitu galeri pamer proyek awal crochet. Ini sebenarnya maksudnya bukan pamer tapi sekedar sharing ya readers. Jadi, ini dia beberapa hasil saya belakangan ini. Saya kan masih pemula nih untuk crochet. Crochet adalah istilah untuk merenda/mengait. Kalau merajut itu istilah untuk knit. Beda ya readers antara crochet dan knit. Dari alat yang digunakan, teknik pembuatan sampai hasilnya berbeda. Yang sama adalah sama-sama menggunakan benang untuk setiap proyeknya.


Pink Hat
Pink hat ini saya buat dengan benang Ice Yarn Magic Light dengan ketebalan 3 dan hook 5 mm. Material 100% akrilik. Meski benang ini berukuran 3 tapi tidak begitu padat. Bulunya juga tidak banyak. Hasilnya jadi terlihat rapi. Sebenarnya awalnya saya ingin membuat earflap hat (itu loh topi yang ada penutup kupingnya terus ada braid/kepang di kedua sisinya menjuntai ke bawah) tapi belum saya lanjutkan. Topi di atas saya pakai tusuk half double crochet.



Rib Hat
Gambar di atas berwarna merah adalah rib hat. Topi ini dibuat dari teknik crochet yang hasilnya menyerupai motif knit yaitu rib. Meski tampaknya kecil tapi sebenarnya melebar kalau dipakai. Hasil dari crochet di atas tampak tebal ya. Beda dengan knit yang lebih tipis. Untuk proyek itu saya menggunakan benang Ice Yarn Dora Red ketebalan 2, material 100% akrilik, hook 4 mm. Dora Red ini meski berukuran 2 tapi tebal/padat, tidak begitu berbulu (sedikit sekali bulu), dan warnanya mengkilat. Warna asli lebih terang dari yang di gambar. Proyek ini saya menggunakan tusuk front post double crochet dan back post double crochet.



Knit-like Scarf
Kalau syal di atas itu saya menggunakan benang Ice Yarn Dancing Color ketebalan 3, material 30% wool 70% Akrilik, hook 4 mm. Disebut knit-like scarf karena motifnya yang menyerupai motif knit. Saya pakai tusuk half double crochet. Cantik ya warnanya. Menurut saya lebih tepat digunakan untuk beanie atau slouch hat karena multicolor 6 warna. Dan benangnya tersebut tipis. Meski sama-sama berukuran 3 dengan Magic Light, tapi yang ini lebih ringan sehingga rajutan tidak tebal, bahkan jatuh. Saya suka benang ini! Hanya saja berbulu banyak (wajarlah karena terbuat dari wool).



Bulky Scarf
Bulky Scarf ini saya buat dari benang bulky Ice Yarn Bermuda Wool warna beige ketebalan 5, material 30% wool 70% akrilik dan hook 8 mm. Sebenarnya saya hanya penasaran seperti apa sih benang besar itu? Karena kalau saya lihat tutorial di youtube itu kebanyakan pakai benang besar. Rupanya benang besar lebih cocok untuk knit ketimbang crochet (menurut saya). Kalau crochet itu flexible pakai benang kecil atau besar. Tapi kalau knit lebih enak pakai benang besar. Lebih cepat selesai. Dan saya tidak enjoy pakai benang ukuran 5 tersebut untuk crochet. Karena yang jelas hasilnya tebal. Tapi kelebihannya cepat selesai.



Tissue Box Cover
Proyek selanjutnya adalah tissue box cover. Itu saya buat dari benang katun lokal big ply tiga warna, pink tua, pink muda dan putih. Dan bisa dilihat pada gambar bahwa proyek ini belum selesai. Bagian bawah belum saya lanjutkan. 


Untuk hari ini cukup sekian dulu ya readers. Maybe next time saya posting lagi soal crochet untuk proyek selanjutnya. Hmm, saya pengen buat slouch hat/beret, lace tablecloth, etc. Tapi butuh waktu banget loh readers untuk membuat proyek-proyek crochet. Saya juga perlu benang baru nih. Hehe. Saya kan bagi-bagi waktu antara kerja di kantor, membuat proyek crochet, dan menulis untuk lomba antologi bersama. Malah karena konsen bikin proyek crochet, semalam saya berniat untuk tidak ikut satu lomba menulis yang deadline tadi malam. Tapi akhirnya begitu waktu memasuki satu setengah jam sebelum deadline, saya buat juga tuh. Selesai, kirim! hehehe. Mudah-mudahan lolos. Aamiin. :)

See you next time! 

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!