Designer Origami



Designer Origami adalah buku Michael Gardiner yang saya beli bersamaan dengan buku Everything Origami. 

Harga?
195 ribu rupiah

Kemasan?
Hard cover tebal, jilid spiral, dan kertas dalamnya mengkilat. Cantik!

Bonus?
Ada. Origami square paper 80 sheets size 20x20, 15x15, 7,5x7,5 cm polos dan motif.

Content?
Jewelry, fashion, decoration, lighting, display.

Designer Origami menceritakan tentang origami dari sudut pandang yang lebih luas. Origami bukan hanya seni melipat dengan media kertas sebagaimana anggapan pure origamist, melainkan origami di masa kini sudah meluas medianya dengan penggunaan kain seperti di dunia fashion yang dikenal dengan origami fashion, penggunaan plastik, bahan tambahan lem hingga muncul istilah techno origami.

Pada masa lampau origami murni berasal dari intuisi dan kreativitas seseorang, namun kini telah ada logaritma dan software origami. Sebuah desain origami bisa dituangkan modelnya ke dalam software yang hasilnya berupa model garis-garis yang tercetak di  kertas sehingga kita tinggal melipat mengikuti garis. Semakin dipermudah bukan?





Sadar atau tidak, ketika bermain origami berarti kita sedang bermain matematika. Dalam melipat kertas seringkali kita menggunakan berbagai sudut seperti 90, 45, dll. Matematika juga menjadi basis pembuatan software origami.

Buku ini menampilkan desain yang lebih rumit dilihat dari diagramnya.

Bagian yang menarik perhatian saya di buku ini adalah lighting.  Di bawah ini adalah contoh beberapa desain.


Liminal lamp

Twist lamp

     

Darren's lantern

Kusudama light

Tachi lamp

Mau buat aplikasi origami ke desain baju? Bisa!

Origami meluas pengaplikasiannya bukan hanya untuk dekorasi tapi bisa juga ke desain baju. Lipatan di rok misal yang biasa dikenal pleated merupakan salah satu contoh aplikasi origami. Di buku ini dibahas mengenai desain pembuatan lipatan pada baju yang pastinya menggunakan hitungan matematika.


Mau buat pajangan? Bisa!

Kita bisa membuat pajangan dengan origami loh. Di bawah ini contohnya. Ditambah sedikit kreativitas, bentuk hewan seperti kangguru ataupun tupai bisa jadi pajangan menarik apabila ditambahkan kayu penyangga misal kemudian dibungkus dalam kotak kaca. Letakkan di meja kerja.





Di buku ini juga ada installment gedung menggunakan ide origami loh. Ternyata banyak sekali manfaat yang diperoleh dari origami. Dan tentunya hasilnya adalah sesuatu yang kreatif dan unik.

Tidak rugi belajar origami. Apalagi jika diajarkan ke anak-anak untuk merangsang ide kreatifnya.

Ok, demikian ulasan dari saya tentang Designer Origami. Semoga bermanfaat. :)
Share on Google Plus

About Reana Nite

A learner who wants to share what I have experienced and learnt in this life. Hope you who not experience the same thing as me can still get the same lesson and take the wisdom. Happy reading! ^_^

0 komentar:

Post a Comment

leave your comment here!