Follow Us

Wednesday, January 29, 2014

Sudahkah Mata Kamu Memandang Yang Berpahala?

spiritualcleansing.org


Hari ini dapat pelajaran berharga dari program Nasehat Lukman-nya MNC Muslim. Jadi, saya putar tv sembari nyetrika pagi-pagi. Karena akhir-akhir ini MNC Muslim jadi default tv saya, begitu tv hidup langsung muncul tayangan MNC Muslim. 

Di sana dibahas tentang memandang hal yang baik dan berpahala. Apakah itu? 

1. Mushaf Qur'an
Sudahkah readers membaca Qur'an hari ini? Ketika membaca Qur'an maka kita akan mendapat 2 pahala, yaitu pahala melafalkan Al Qur'an dan pahala memandang mushaf Qur'an. Lalu bagaimanakah dengan orang yang hapal Al Qur'an? Mereka akan mendapat pahala melafalkan Al Qur'an namun tidak mendapat pahala memandang.

2. Ka'bah
Hayooo siapakah di antara readers yang sudah pernah melihat Ka'bah acung tangan? :) Mungkin sudah banyak ya yaitu di tv, gambar, dsb. Nah, namun yang dimaksud di sini adalah yang memandang secara langsung. Dengan memandang Ka'bah akan tumbuh kecintaan terhadap Allah dan bertambahlah iman.

Alhamdulillah saya selaku penulis blog ini baru saja pulang dari tanah suci 2 minggu yang lalu. Subhanallah ya ketika saya memandang Ka'bah secara terus-menerus maka mata saya berkaca-kaca entah bagaimana mendeskripsikannya. Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT yang telah memanggil saya ke sana dan saya telah memenuhi panggilan-Nya. Meminjam istilahnya Mas Ippho bahwa Allah menganggap kita pantas maka kita bisa ke sana. Mudah-mudahan readers yang belum pernah ke sana bisa segera ke sana dan bagi yang sudah pernah maka bisa ke sana lagi. Amin.

3. Orang sholeh
Dengan memandang orang sholeh maka iman kita akan terjaga. Kalau jaman Rosulullah dulu, beruntung sekali ya orang-orang yang bisa memandang Rosulullah, ketika ada masalah bisa curhat pada Rosulullah juga sahabat? Lah kalau jaman sekarang? Makanya readers, mari kita gemar membaca sholawat kepada Rosulullah semoga kelak kita mendapat safaatnya di hari kiamat. Amin.

4. Orang tua
Nah, yang terdekat dalam kehidupan kita adalah orang tua bukan? Ada ibu yang melahirkan dan merawat kita. Ada ayah yang mencarikan nafkah untuk kita. Bersyukurlah jika kita dekat dengan orang tua, setiap hari bisa kita pandang wajah mereka. Selain bernilai pahala juga akan menumbuhkan rasa kasih sayang yang dalam terhadap orang tua kita. Apalagi jika mereka sudah lanjut usia. Ketika kita pandang rambutnya semakin memutih, kulitnya semakin keriput, giginya sudah mulai tanggal, bagaimanakah perasaan kita?

Itulah bahasan seputar memandang. Kita telah dianugerahi dua mata sehat untuk memandang, seyogyanya kita selalu pergunakan untuk memandang yang baik dan berpahala. Jangan sampai kelak kita menyesal di hari pertimbangan amal di mana semua dipertanyakan untuk apakah matamu digunakan?

Hmm, saya jadi kepikiran membuat menu baru 'spiritual' yang berisi ringkasan ilmu yang saya peroleh dari menonton kajian. Hehe. Mudah-mudahan yang tidak menonton tetap bisa mendapat pelajaran dari membaca blog saya ya readers. Amin :)



No comments:

Post a Comment

leave your comment here!