Gempa Lagi... Gempa Lagi...

Record gempa bumi semenjak kedatangan gw 11 Mei 2008 adalah sebagai berikut

1. Senin, 12 Mei 2008 12.15 an
2. Minggu, 18 Mei 2008 19.15 an
3. Selasa, 20 Mei 2008 00.05 an
4. Kamis, 22 Mei 2008 03.15 an + 05.00 an + 06.30 an

Total = 6x

dari record di atas, terhitung bahwa dalam waktu 11 hari gw di bengkulu sudah terjadi 6x gempa bumi dengan kekuatan rata2 di atas 5 skala richter (6 lebih). dari sekian kali gempa, baru gempa ke-3 dan ke-4 yang gw rasain.

saat gempa ke-3 terjadi, tumben2nya kala itu gw belom terlelap. padahal biasanya gw pasti tidur paling cepat dibanding teman yang lain. memang sih, gw sudah siap2 tidur dengan posisi berbaring. tiba2 saja terasa getaran dari bawah bahkan ada suaranya pula kaya bunyi kucing jalan di atap gitu. so, gw masih meyakinkan diri itu suara apa, gempa atau kucing? bisa dibilang agak bengong kali ya? ^-^
maklum belum sensi...

nah, dalam keadaan itu gw liat nurul yang ada di sebelah gw langsung lari keluar n ngasi tau kamar sebelah (fahria lagi terlelap), dwi di kamar mandi, n ibu kos. dengan panik dan pikiran ga karuan gw pun ikutan keluar. tak lupa sekenanya gw ambil kerudung n jaket merah gw (ini gw sebut "perlengkapan") sembari gw pake keluar. begitu sampai di ruang tamu dengan posisi pintu terbuka, gempa berhenti. setelah sekian menit, gw n teman2 masuk. gw kontan diketawain. nurul bilang dengan logat medok khas malang-nya, " lho kamu atasnya lengkap tapi ko bawahnya hawai..."
huahahahahaha

begitulah ceritanya. apa yg gw rasain saat di ruang tamu adalah jantung berdetak cepat. ngeri jika sesuatu terjadi. anehnya, tak ada tetangga yang keluar loh berteriak ada gempa gitu. hanya satu rumah yang pintunya dibuka (pojok depan rumah). mungkin orang2 dah paada tidur ya makanya ga kerasa. padahal gempa yang terjadi sebelumnya (18/05/2008) yg terjadi pukl 19.00 an orang2 pada keluar rumah.
n ada tetangga yang nanya ibu kos, "lho anak2 kos mana ko ga keluar?"
dengan jujur n polosnya ibu kos menjawab, "ke-3 nya lagi masak di dapur."
gerrrrr langsung jadi bahan ketawaan.

memang sih, saat itu gw n teman2 lagi masak sambil ngobrol. lagi asyik di tengah acara masak, tiba2 terdengar suara teriakan keras dari ibu kos di ruang tv.
"woy!!!"
mendengar teriakan ibu, gw n nurul langsung menginstruksikan dwi buat nutup gorden pintu. kita ngira kalo2 ada tamu datang. lebih parahnya lagi, nurul malah sempat berpikiran akalo ibu lagi manggil tukang tahu. karena sebelumnya, ibu pernah cerita kalo ja segitu biasanya ada tukang tahu lewat. ya elah rul...

setelah dikonfirm, ga taunya ada gempa... omg!
n setelah ngobrol2 ma ibu, ga taunya lagi kalo ibu tadi berteriak, "Woy, gempo!!!".
nah lo... sementara yang terdengar oleh kita hanya kata "woy!", kata "gempo" nya lenyap ga masuk ke telinga.

trus keesokan harinya begitu nyampe kantor, pegawai2 di neraca nanya ke gw, " kerasa ada gempa?"
dengan enaknya gw jawab, " ngga bu, pak.."

sama halnya saat pertama ngantor tau2 ada gempa. gw lagi sendirian di ruang neraca (lantai 1) cuma bengong, diem liat orang panik n teriakan orang2 turun dari tangga. semula gw mikir, "ada apa ya?".
karena gw sama sekali ga ngeliat orang lalu lalang di lantai 1 or minimal ngasih tau ada gempa trus nyuruh gw keluar gitu... baru beberapa menit kemudian ada seorang bapak ngeliat gw n nyuruh keluar. gw ditanya, "ga kerasa? ko diem tenang2 aja di dalam?"
"ngga pak..."
diketawain deh gw...

trus gw tanya teman lain yang sebagian besar di lantai 2. dari 7 orang, hanya 2 orang yang ngerasa. yang laen? sama ma gw hehe
sama sekali belom sensi.

kalo pegawai lama sih jangan tanya. mereka sensi banget. trauma akibat gempa 2007. salah seorang kepala seksi neraca bilang, " gw dulu cuek kalo ada gempa. orang2 keluar, gw tidur aja. tapi sekarang, gempa sekecil apapun gw keluar. trauma gempa 2007..."

bahkan kepa kantor sendiri mengaku sering merasa goyang2. beliau mengira ada gempa ga taunya cuma kejang otot. yup! lagi2 trauma akibat gempa 2007. efeknya sampai seperti itu.

dari gempa2 tersebut di atas, itu baru gempa yang mampu terdeteksi oleh orang. sementara gempa2 kecil lainnya? entah sudah berapa kali gempa terjadi sesungguhnya hanya Dia yang tahu...
Share on Google Plus

About Reana Nite

A learner who wants to share what I have experienced and learnt in this life. Hope you who not experience the same thing as me can still get the same lesson and take the wisdom. Happy reading! ^_^

0 komentar:

Post a Comment

leave your comment here!