Follow Us

Saturday, September 1, 2018

Summer in Beijing Day 1-2 (Tian An Men, Forbidden City, Temple of Heaven)

Tepat 2 hari sebelum keberangkatan, saya berobat ke klinik ditemani Ibu Kos (terima kasih Bu!). Hal ini dikarenakan saya merasa badan panas sampai 10 hari kok belum sembuh-sembuh. Selain itu juga nyeri tulang setiap demam. Dan ada batuk juga. Dari sebelum saya berangkat conference ke Danau Toba sampai hari itu belum sembuh. Khawatirnya ada indikasi penyakit lain. Saya diberi obat dan surat pengantar cek lab. Kalau belum sembuh harus cek lab dalam 2 hari. Herannya saya merasa panas dan nyeri tulang saat ke klinik tapi kata dokter temperatur saya normal 36 derajat. Tensi saya juga normal 110/70. Heran. Ya sudahlah minum obat dulu.

Di perjalanan ini, saya justru gabung dengan emak-emak atau nenek-nenek. Saya juga malah mengobrol dengan bapak-bapak atau kakek-kakek. Memang peserta tur ini mayoritas tua-tua. Hihi. Tak apalah yang penting menikmati perjalanannya dan juga happy. :D

Kalau saya pikir-pikir, tiap kali bepergian jauh kok selalu saja mengobrolnya dengan emak-emak atau bapak-bapak. Ketemunya begitu, bukan dengan yang muda-muda. Ya memang nyambung sih mengobrol dengan mereka. :D

Ok, berikut adalah perjalanan saya. Yuk simak!

Ketemu Artis Korea

Perjalanan saya menggunakan pesawat Air China. Berangkat pukul 00.30 dini hari. Pesawat delay dari jadwal sebelumnya sekitar 1 jam. Tiba di Beijing sekitar pukul 08.00 pagi. Setelah itu langsung naik bus jemputan menuju tempat wisata pertama hari itu yaitu Temple of Heaven. Kucel banget sumpah tak sempat mandi dan ganti baju Ya Allah karena check in hotelnya mulai malam harinya. :(

Oya saat saya berjalan menuju keluar bandara, saya melihat beberapa anak muda abege (perempuan) jeprat-jepret ke arah saya berjalan. Saya pikir siapa yang difoto? Saya melihat sih ada kertas bertuliskan nama Korea. Tapi saya tidak kenal. Artis kpop kah? Saya lihat si cowok yang difoto itu jalan saja mendorong troli dengan santai dan tak ada senyumnya sama sekali. Duh, jutek amat. Kecapekan kali ya. :D

Temple of Heaven

Tiba di Beijing, rombongan langsung menuju Temple of Heaven. Setelah mendapat penjelasan dari Tour Guide orang asli China (berbahasa Indonesia), di sini, kami diberi waktu bebas untuk berfoto sekitar 1 jam. Kala itu saya jalan sendirian. Saya menaiki tangga kuil tersebut dan berjalan-jalan ke sekitaran karena bangunan tidak hanya satu kuil tersebut. Di sini ramai pengunjung baik turis lokal maupun internasional. Saya lihat ada banyak bule.

Detik-detik menuju waktu berakhir, entah kenapa saya berjalan menuju arah lain. Saya lihat banyak orang lewat begitu saja dan sepertinya tidak pakai tiket. Jadilah saya masuk. Saya ambil beberapa foto dan terus berjalan ke arah bangunan kuil yang lain. Lalu saya kembali. Rupanya saya tidak bisa keluar kalau tidak membawa tiket. Alamak. Tiket kan dipegang Tour Guide.

Tiket masuk Temple of Heaven - gegara tidak patuh jadi punya kenangan

Jadilah saya terpaksa membeli tiket seharga 20 RMB. Saya baru sadar ternyata tiket dari Tour Guide hanya berlaku di sekitaran tempat awal saja. Jika ke tempat lain harus membeli lagi. Ya, karena memang tempatnya sangat luas. Kena deh saya. Mungkin saya satu-satunya peserta yang tidak patuh.

Saya kembali ke titik di mana rombongan awal berkumpul. Rupanya tinggal saya peserta terakhir yang ditunggu. Maaf. Sungguh maaf. :(

Tian An Men

Tian An Men - Ada gambar Mao Che Dong mejeng di depan. Itu di bawah payung adalah penjaga.
Di bawah terik matahari yang menyengat (sumpah panas sekali) kami berjalan-jalan di Tian An Men. Tian An Men ini jika dilihat dari depan bangunannya terlihat foto Mao Che Dong (benar tidak ini menulis namanya), pemimpin China masa lampau. Halaman Tian An Men luas sekali. Tempat wisata di China yang saya kunjungi memang pada umumnya luas-luas. Sanggup jalan kaki seluas itu? Tepar...

Forbidden City

Setelah puas berfoto, kami menuju Forbidden City. Cukup jauh kami berjalan menuju Forbidden City. Forbidden City adalah komplek kediaman raja beserta ratu dan selirnya yang jumlahnya sangat banyak. Tempatnya pun sangat luas. Kami tidak mengunjungi semua tempat karena memang sangat luas dan tidak cukup waktu. Lelah pun juga betul. Apalagi sengatan matahari membuat kami kepanasan. Toh tipe bangunannya juga sama saja.

Setelah kelelahan saking panasnya yang luar biasa dan seharian jalan kaki terus dari pagi hingga malam, akhirnya kami bisa beristirahat di hotel setelah santap malam. Waktunya meluruskan kaki dan punggung. Esok harinya sudah diwanti-wanti morning call pukul enam pagi.

Bersambung posting berikutnya ya! :)