Follow Us

Tuesday, September 11, 2018

Summer in Beijing Day 6 (Solana, suvenir, internet, budget, komentar penulis)

 

Agenda di hari terakhir adalah ke Solana. Di sini saya hanya foto-foto. Tapi saya lihat beberapa peserta ada yang belanja. Sama seperti Wangfujing Street, barang-barang yang dijual di sini adalah branded. Sekitar jam 10 pagi baru buka. Apakah ada peserta yang beli? Tentu ada! :)

Kalau soal lokasi sih sudah pasti luas. Enak untuk jalan-jalan pagi sambil membawa anak kecil didorong pakai stroller. Tempatnya enak.





Begitu waktu habis, kami langsung makan siang di restoran dekat bandara lalu menuju bandara Beijing untuk kembali ke Indonesia.

Suvenir

Kamu bisa beli bermacam-macam suvenir di Beijing mulai dari yang kecil-kecil seperti gantungan kunci, magnet kulkas, boneka, dan lain-lain sampai barang branded. Makanan ringan juga banyak dijual.

Gantungan kunci seharga 5 yuan per item 
Sebenarnya saya tidak niat beli-beli tapi saya memang orang Indonesia asli yang tidak bisa tidak bawa apa-apa setelah bepergian jauh begini (baca: laper mata). Saya mau yang murah-murah saja dan saya mau membatasi diri supaya tidak kalap. Apakah saya berhasil?

Untuk gantungan kunci saya beli 10 item dapat bonus 1 (lumayan). Dan satu buah saya beli khusus gambar panda seharga 10 yuan untuk keponakan saya.

Magnet kulkas
Magnet kulkas tidak sempat beli sebelumnya sewaktu di Bird Nest, tapi akhirnya kepincut juga ditawari ibu-ibu teman serombongan yang sedang beli. Tapi berhubung di mall jadi lebih mahal jatuhnya. Di Bird Nest cuma 5 yuan, di situ 10 yuan. Lumayan sekali selisihnya. Kata si Ibu, "Ambil saja yang sudah kita kunjungi." Tapi saya berhasil menahan diri beli dua saja. :)

Enak loh belanja sama ibu-ibu. Si Ibu ini tukang tampung. Jadi kalau saya maunya beli 1 saja, sisanya si Ibu yang beli untuk dapat harga lebih murah. Hihi. Terima kasih Ibu Acin.

Pembatas buku
Pembatas buku ini buru-buru sekali saya beli di Bird Nest, akhirnya saya ambil asal dan ya lihat saja potongannya tidak rata. Hehe. Tadinya mau dikasih ke seseorang tapi tak jadilah. :D

Saya tanya ke ibu-ibu yang bisa bahasa mandarin beberapa pembatas buku artinya apa. Si Ibu hanya bisa baca beberapa. Lalu saya disarankan mengambil yang gambar-gambar saja jangan yang tulisan. Wah, saya tak suka yang gambar. Saya sukanya tulisan. :)

Yang perlu kamu tahu

1. Tanggal yang ada di kemasan makanan ringan di Beijing adalah tanggal produksi bukan tanggal expired. Jadi, kamu tidak usah ragu jika melihat tanggalnya kok sudah lewat.

2. Toilet di Beijing tidak seperti toilet Indonesia yang ada selangnya untuk memancarkan air. Orang di sana hanya pakai tisu kering untuk bersih-bersih karena memang hanya tisu kering yang disediakan di kamar toilet. Sebagai orang Indonesia, kalau saya sih tidak srek alias afdol kalau tidak pakai air. Betul tidak? 

Tips: sediakan tisu basah atau botol kosong aqua atau tupperware untuk menampung air yang bisa dipakai untuk cebok.

Kalau peserta lain sih saya lihat bisa-bisa saja hanya pakai tisu kering. Ada juga beberapa orang yang sedia tisu basah. Saya tidak melihat peserta lain yang ribet menampung air seperti saya. Padahal sih saya sedia tisu basah dan kering tapi tisu basah malah tidak terpakai sama sekali. Hehe :) 

Toilet di restoran ada yang bersih ada yang tidak alias bau jadi siap-siap saja masker. Kalau di tempat umum seperti tempat wisata yang kami kunjungi saya tidak mencoba toiletnya sama sekali. Terus terang saya enggan karena toilet publik sangat ramai penggunanya. 

3. Jangan heran kalau kamu ketemu orang asli sana yang kasar saat kamu memasuki tokonya. Teman saya banyak yang mengalami. Ada yang diusir suruh keluar, ada yang marah, dan lain-lain.

4. Umumnya warga lokal tidak bisa bahasa Inggris. Jika kamu membeli dan menawar, mereka sedia kalkulator. Jadi kamu tetap bisa belanja. 

5. Kami diwanti-wakti oleh tour guide agar berhati-hati saat membeli barang di kaki lima. Siapa tahu uang kembaliannya palsu atau barangnya palsu. Di tempat tertentu juga kami diperingatkan berhati-hati jika belanja. Tour Guide tidak menjamin barangnya asli. Wah, rusuh banget deh ya.

6. Beijing kotanya sepi. Bagusnya adalah tidak polusi. Di sana banyak disewakan sepeda. Sepedanya memiliki barcode. Saya lihat beberapa sepeda tergeletak begitu saja di jalan dan aman-aman saja tidak hilang. Coba di Indonesia. Dalam hitungan menit sudah raib. :D


7. Saya lihat ada banyak jenis mobil lewat di jalan. Yang paling banyak saya lihat sih merk VW. Sepertinya saya tidak melihat merk ini eksis di Indonesia. Tour Guide bilang bahwa merk VW ini yang pertama investasi ke China. 

8. Ada banyak motor listrik lewat di jalan. Motor tersebut memang digalakkan supaya tidak polusi. Memang di sana disediakan jalur khusus untuk sepeda dan sepeda motor. Motor matic tetap ada kok saya lihat seliweran di jalan.

Komentar Penulis

1. Selama traveling ini kami selalu pindah-pindah restoran tapi entah kenapa kok menunya sama terus ya. Heran. Kalaupun ada beda ya satu dua menu saja. Saya juga sempat dibilang vegetarian oleh ibu-ibu yang duduk di sebelah saya gegara saya hanya makan nasi dan sayur. Sesekali saya makan telur dan ikan. Saya sempat diambilkan ayam oleh ibu tadi tapi saya tolak. Sumpah saya jadi tidak enak. Saya tahu ibu itu baik dan perhatian. Mungkin lebih ke kasian sama saya. Lauk banyak tapi tidak makan. Apalagi saya sekurus ini. Kok makannya sedikit. Maafkan saya Ibu... :(

Memang sih saya lihat mereka semua makannya pada lahap-lahap semua. Menggiurkan. Menunya banyak. 10 macam. Hanya saya yang mungkin terlihat sangat kasihan. :(

Saya sempat semeja dengan 2 keluarga yang muslim juga. Saya lihat mereka makan-makan saja dengan santai. Ya, urusan masing-masinglah ini. No offense. 

Saya pun tidak tahu bagaimana proses memasaknya. Bagaimana yang saya makan apakah ada jaminan halal? Saya pun sedia pop mie dari Indonesia. Setiap pulang ke hotel di malam hari saya makan pop mie. :(

2. Saya heran kenapa setiap masuk bangunan baik itu toko wajib maupun restoran kok aromanya sama. Terutama jika pertama kali masuk sebuah restoran saya mesti tutup hidung rapat-rapat. Rasanya saya mual mau muntah. :( Tapi kok peserta lain tahan-tahan saja?

Karena penasaran, saya tanya ibu peserta yang memang keturunan China. Kata beliau bau niyo. Entahlah benar tidak saya menulisnya. 

Budget

Paket consortium ini adalah paket murah. Berikut adalah rincian biayanya:
Harga paket: Rp. 6.380.000
Visa (diuruskan): Rp. 575.000
Tipping guide: Rp. 470.000
Tambahan biaya kamar karena sendirian sekamar (tak ada teman sharing): Rp. 1.650.000
Pajak 1%
Total: Rp. 9.165.750

Pengeluaran lain:
Biaya cetak foto visa Rp. 30.000
Biaya kirim dokumen passport Rp. 15.000
Biaya paket roaming Telkomsel 7 hari Asia Australia Rp. 250.000

Uang Saku
Untuk uang saku saya sedia 2000 Yuan. Saya beli 2x masing-masing 1000 yuan. Saya beli di Atrium Plaza Senen. 1 Yuan harganya Rp.2.160 di Money Changer Queen. Dan Rp. 2.145 per yuan di Money Changer Garuda.

Uang saku yang terpakai untuk belanja adalah sekitar 400 yuan. Jadi, masih ada sisa 1.600 yuan. Kalau sedang belanja di sana sih tidak terasa nilai uangnya karena beli misal harga 10 atau 20 yuan. Kecil sekali kan? Tapi coba kalau dikali 2000 rupiah jatuhnya jadi mahal. Nyesek. 

Saya sendiri sebenarnya tidak niat belanja-belanja selain suvenir kecil-kecilan saja untuk keluarga. Tapi habis juga 400 yuan dan itu senilai 800 ribuan. :D

Saya niatnya murni jalan-jalan saja ini. Pengalaman jalan-jalan sebelumnya kan beli-beli suvenir yang akhirnya cuma disimpan itu rasanya kok sayang. Jadi saya membatasi diri.

Uang China
Uang yang saya tukar adalah per 100 yuan. Tidak ada pecahan lebih kecil di 2 money changer. Tapi setelah belanja di sana dapat kembalian pecahan. Oya, saya mendapat uang 100 yuan 2 versi yatu seri 2005 dan 2015. Awalnya begitu sampai di kos sehabis menukar uang, saya cek kok beda seri jauh. Ini masih laku atau tidak. Tapi tidak mungkinlah ya money changer memberi uang yang sudah tidak laku. Akhirnya saya googling karena penasaran. Setelah sampai di sana saya belanja pakai yang seri 2005 terlebih dahulu dan tak ada masalah kok. :)

Berikut adalah uang kembalian yang saya dapat dari Beijing. Dapat pecahan juga. :)

Seri 2005 dan 2015

Bisa dilihat perbedaannya? Carilah 5 perbedaan! :D

Untuk 20 yuan hingga 5 yuan di bawah ini adalah seri 2005. Untuk uang 50 yuan tidak sempat foto karena sudah dipakai. Hehe. Ini yang tersisa saja di hari terakhir. Ternyata lumayan lengkap.




Berikut adalah uang 1 yi jiao kertas. Beda dengan 1 yuan ya. Saya juga baru paham saat di sana. Ini nilainya lebih kecil dari 1 yuan. Misal 20,1 yuan. Nah, yang 0,1 itulah yi jiao.



Berikut adalah uang koin 1 yuan yang sebelah kiri besar kekuningan. Sementara yang kanan yang lebih kecil dan berwarna putih perak adalah 1 yi jiao.




Internet
Saya pakai roaming Telkomsel Asia Australia 7 hari senilai Rp. 250.000. Setiba di Beijing paket aktif (sinyal langsung ganti) dan bisa digunakan untuk akses produk google maupun instagram, whatsapp. Alhamdulillah jadi tetap bisa whatsapp dan skype-an. :)

Cara aktifkan paket:
1. Dari aplikasi my telkomsel yang bisa di download di playstore. Tinggal beli saja.
2. Ketik *123# telpon lalu pilih roaming dan paket yang mau dibeli

Jangan lupa aktifkan juga roaming di setting hp kamu.

Tahu sendiri kan kalau produk google dan media sosial diblokir di China. Kalau mengandalkan wifi hotel dan vpn, berarti hanya bisa akses saat di hotel. Itu pun belum tentu lancar. Internet ini saya butuhkan sekali untuk mengecek jadwal sholat dan arah kiblat.

Sekian ulasan dari saya. Semoga bermanfaat! :)




No comments:

Post a Comment

leave your comment here!