Follow Us

Saturday, September 15, 2018

Cara Membuat Sirup Cranberries


Halo Readers! Saya kembali hadir. Kali ini saya membagi cerita tentang membuat sirup cranberries. Kalian pasti pernah mendengar cranberries kan? Bukan cranberries nama band musik dari Amerika Serikat ya tapi ini nama salah satu buah bergizi tinggi (superfood).

Kamu mungkin sudah pernah dengar berbagai buah berry seperti strawberry, raspberry, blueberry dan blackberry. Buah-buahan ini memang tidak familiar di Indonesia karena memang tidak berasal dari Indonesia. Nah, jangan ketinggalan, ada juga cranberry. Buahnya kecil-kecil berwarna merah cantik. Rasanya? Asam dan juga sepet. Kalau asamnya sih saya suka tapi sepetnya itu yang tidak nahan.


Pertama saya coba rasanya, waduh batin saya. Enaknya diapakan ini. Dimakan mentah rasanya sangat tidak mungkin saya menghabiskan 500 gram sendirian. Lagipula, siapa yang mau buah rasa asam dan sepet seperti itu jika dikasih ke orang. Dibuang? Sayang... Harganya cukup mahal di kantong saya. 500 gram saya beli seharga 50 ribu rupiah.

Ya sudah, akhirnya saya coba blender. Dan ternyata nih, sepetnya tetap tidak hilang. Tidak tahan dengan sepetnya itu, saya cari alternatif lain. Mau diapakan ya baiknya? Akhirnya saya terpikir membuat manisan. Tapi ternyata malah jadinya sirup. Hehe.

Cara membuatnya cukup sederhana.

Bahan:
1. Cranberries sekitar 500 gram (sudah saya kurangi untuk satu kali jus)
2. Gula pasir secukupnya
3. Air
4. Lemon

Cara memasak:
1. Rebus cranberries beserta gula hingga matang (empuk).


2. Angkat buah cranberries 
3. Dinginkan sisa airnya
4. Sajikan sirup craberries dengan es batu dan perasan lemon.
Sirup bisa disimpan di freezer dalam waktu lama. 


Gampang kan cara membuat sirup cranberries. Rasanya bagaimana? Setelah menjadi sirup tidak terasa lagi sepetnya. Kalaupun masih ada sisa rasa sepet tidak banyak. Beda jauh dibandingkan dikonsumsi dalam bentuk jus. Mirip teh rosella jika kamu pernah mencoba. Warnanya juga cantik sekali kan merah mirip wine.

Selamat mencoba! :)


No comments:

Post a Comment

leave your comment here!