Cara Mengupas Buah Delima (Pome Granate)



Siapa yang tak kenal buah delima? Sebutan bahasa Inggrisnya pome granate. Buah yang sangat cantik penampakannya dari luar. Pink kemerahan dan bulat besar mulus. Ada mahkotanya di atas. Begitu dibuka kulitnya, eh, isinya biji semua. Tapi warna merahnya itu bikin ngiler (saya bilang merah karena belinya yang merah, varian lain ungu dan putih). Persis batu permata. Eh, batu permata yang mirip delima kali ya makanya disebut batu delima. Hehe.

Jadi, ceritanya sore tadi saya jalan ke Hypermart Bengkulu. Di bagian buah saya lihat ada 2 rak buah delima. Langsung deh saya beli satu. Niatnya pengen mencoba karena saya belum pernah makan. Sekedar tahu saja ada buah delima. Dari dulu saya sering lihat padahal tapi saya tak tahu kalau itu delima. Saya pikir itu buah apaan sih. Buah atau sayuran? Saya kira itu yang sering jadi sesaji ritualnya orang China pas sembahyang. Hehe.

Memang bukan buah asli Indonesia sih jadi wajar ya kalau belum tahu. Ini buah asal Iran. Tapi banyak berkembang di China (tuh kan apa kata saya tadi) dan Asia Tenggara.

Hayo siapa yang belum pernah makan juga?

Harga?
Ternyata harganya cukup mahal ya. 1 kg harganya 79.900 rupiah. Saya beli 0,448 kg seharga 35.795 rupiah. Beli satu saja buat menghilangkan penasaran sih.



Cara mengupas?
Pikir saya, ini gimana cara ngupasnya. Pasti butuh pisau buat motong. Ok, saya siapkan pisau. Bagaimana caranya?

Cara motong apa saja tidak masalah sih bagi saya. Tidak prinsip. Yang penting tujuan akhir tercapai. Si biji-biji delima bisa dinikmati dan tidak rusak.

Cara 1. 
Potong bagian kulit atas yang ada mahkotanya melingkar. Jangan kena biji. 
Buat guratan-guratan dengan mengiris kulit sesuai jumlah kulit tipis dalam delima. Persis durian dalamnya.
Tarik kulit potongan-potongan tadi.
Biji delima tak rusak dan bisa langsung dinikmati.

Di belah 2 horizontal
Tampak guratan kulit tipis seperti durian
Ada polanya


Cara 2. 
Belah delima jadi dua secara horizontal dengan pisau.
Satu belahan, renggangkan kulitnya lalu balik sehingga kulit di atas dan biji menghadap tangan. Pukul-pukul sehingga bijinya rontok di tangan kita. Sediakan alas untuk menampung biji yang jatuh.

Penampakan biji lebih dekat

Cara 3.
Belah dua horizontal dengan pisau.
Satu belahan, belah manual dengan tangan.  Ikuti garis kulit tipisnya. Tidak keras kok ternyata. Biji delima bisa langsung dimasukkan ke mulut seperti makan anggur.

Biji menggerombol sangat menggoda apalagi warnanya merah. Nyam nyam.


Cara makan?
Langsung dimakan dengan bijinya. Segar. Bijinya tidak keras kok. Mau dibuat jus atau campuran es buah juga bisa. 

Rasa?
Manis-manis asam. Agak sedikit aneh aromanya. Mungkin karena belum terbiasa sih tapi segar kok karena saya penyuka buah asam. Jadi bisa saya nikmati.

Manfaat?
Daging buah mengandung vitamin A, C, E, asam folic, ion kalium. Biji mengandung flavonoid, sejenis antioksidan. Buah ini bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Yang belum, yuk coba... 😊





Share on Google Plus

About Reana Nite

A learner who wants to share what I have experienced and learnt in this life. Hope you who not experience the same thing as me can still get the same lesson and take the wisdom. Happy reading! ^_^

0 komentar:

Post a Comment

leave your comment here!