Follow Us

Sunday, November 6, 2016

Cara Mengecek Broken Link di Blog

Dua hari lalu saya baru saja mengecek broken link di blog ini. Ternyata ada banyak! Ya ampun sempat bikin saya frustasi. (Haha lebay dikit).

Memang sudah bertahun-tahun saya tidak pernah mengecek kesehatan blog ini. Kalau banyak ditemukan bad request 400, not found 404, itu pertanda blog tidak sehat kan? Siapa yang suka berkunjung ke blog demikian? Contoh simpel saja, sewaktu saya klik sebuah link situs di google search ternyata not found 404, otomatis saya tutup itu situs dan cari yang lain. Kalau posisinya ada di blog kita, rugi kan kita sebagai blogger tidak jadi dapat visitor. Selain itu terkesan kalau blog tidak terurus dan jauh dari kata profesional serta kurang bermutu.

Penyebab dan cara mengatasi broken link?

Kalau saya pelajari kasus di blog ini di antaranya:

1. External link
Ternyata ada banyak sekali external link di blog ini terutama posting lawas. Kebanyakan external link sudah tidak valid ketika dibuka. Kemungkinan link sudah dihapus pemiliknya atau ganti alamat. 
Cara mengatasi: dihapus saja

2. Internal link
Sering saya memberi tautan dari satu post ke post lainnya. Ternyata ada kesalahan penulisan. Kalau seperti ini murni kesalahan saya.
Cara mengatasi: perbaiki link atau dihapus saja

3. Link di 'edit html'
Rupanya ada juga kesalahan di link edit html. Seperti pada menu navigasi ternyata saya ada kesalahan penulisan link di edit html sehingga muncul 404.
Cara mengatasi: perbaiki link

4. Perubahan judul post
Ini yang sempat bikin saya pusing. Saya tidak paham letak kesalahan ada di mana. Saya cari di edit html tidak ketemu tapi di report 404 di 2 posting saya ada. Setelah saya telusuri ternyata saya pernah merubah judul dan tanpa saya sadari link judul berubah sehingga muncul 404. 
Cara mengatasi: buka edit post sesuai judul lalu perbaiki link judul di sisi kanan post.

5. Video youtube - hapus link saja

Cara mengecek?

Berhubung saya pengguna blogger dan belum ada plugin untuk mengecek maka saya pakai situs pihak ketiga.

1. Broken link check (www.brokenlinkcheck.com)
Ada 30 broken link yang bikin stres. Di antara penyebabnya nomor 1-4. Situs ini cukup baik untuk mengecek broken link yang memang link-nya langsung tampil di blog. Tapi tidak semua terdeteksi. Soalnya external link yang sudah tak valid masih ada yang terlewat dari situs ini jadi ada yang saya hapus langsung setelah saya tes link-nya karena saya ingat posting apa.

2. Dead link checker (www.deadlinkchecker.com)
Setelah brokenlinkcheck, saya pakai ini untuk melengkapi. Ternyata masih ada yang terlewat dari brokenlinkcheck. Ditemukan bad request untuk link youtube (penyebab nomor 5). Memang saya buat link youtube di beberapa posting tapi entah kenapa di template yang baru ini tidak mau muncul di preview. Ternyata deadlinkchecker bisa mendeteksi. Selain itu, masih ada sisa 2 bad request 404 yang tidak bisa saya temukan source-nya. Karena saat saya buka sourcenya mengarah ke alamat blog saya dan tentu saja bisa dibuka tak ada masalah. Jadi saya biarkan. 



3. V3 aligator
Saya coba ini juga tapi untuk situs ini lebih ke webmaster kali ya. Banyak error edit html yang kodenya duplikat misal sehingga melanggar pedoman robot.txt. 
Saya tidak begitu mengerti dan malas ribet jadi saya biarkan dulu.

4. Dr link check
Sayangnya cuma bisa 1000 link per blog. Padahal link blog saya lebih dari 1000.

Ok, sekian sharing saya hari ini.






No comments:

Post a Comment

leave your comment here!