Follow Us

Tuesday, March 7, 2017

Buah Plum Merah Hitam



Plum merah


Sobat, baru saja saya jalan ke Bencoolen Mall (dulunya Bengkulu Indah Mall/BIM). Niatnya mau makan malam plus cuci mata alias belanja cemilan untuk di kamar hotel. Aji mumpung karena besok mau ikut pelatihan pengolahan data. Mau tahu apa yang saya tuju? Buah-buahan!

Eh, di Hypermart lagi ada buah plum murah. Harga sekilo 59 ribu rupiah. Padahal dulu pertama saya beli harganya sekilo hampir 200 ribu. Ya Allah... banting harga nih. Lagi musim kali ya.



Buah plum yang dijual 2 jenis, merah dan hitam. Kalau dari segi rasa sih sama saja. Mirip-mirip anggur cuma lebih besar bentuknya.

Pertama saya makan plum itu sewaktu umroh 2013 silam. Di perjalanan pulang, eh ada orang arab (wanita) yang memberi saya 3 macam buah yaitu plum, peach dan jeruk. Saya tidak merasa asing dengan buah tersebut karena plum sering muncul di komik atau kartun jepang. Kalau peach seringnya ada di serial china. Tapi makan buah segarnya baru saat itu. Karena buah tersebut tidak familiar di Indonesia.


Plum hitam




Jadi, begitu nemu di Indonesia langsung beli. Ini karena saya penggemar buah-buahan dan punya penasaran tinggi mencicip buah yang tidak familiar. Seingat saya dulu plum hitam lebih mahal sedikit dari yang merah. Tapi tadi harganya sama saja per kilonya. Tapi saya beli sedikit saja, 2 buah per jenis. Berasa nostalgia nemu buah ini lagi. Hehe.

Bentuk buahnya mirip apel ya sepintas. Tapi ada ciri khasnya di satu sisi ada seperti garis membelah. Penasaran? Silahkan mencoba kalau lagi ada di tempat kamu.

Manfaat

Buah plum punya banyak manfaat. Dikutip dari liputan6.com yang dilansir dari India Times manfaatnya adalah sebagai berikut:

Baik untuk kesehatan tulang
Plum bisa meningkatkan substansi kepadatan mineral tulang belakang dan lengan.

Meningkatkan daya ingat
Memakan buah ini sebanyak 3 atau 4 dalam sehari dengan kandungan kaya akan antioksidan membantu menetralkan sel-sel perusak radikal bebas yang mempengaruhi daya ingat Anda.

Membersihkan perut
Plum yang dikeringkan telah teruji untuk mengatur pergerakan isi perut. Karena setiap plum mengandung 1 gram serat, konsumsilah buah ini setiap hari agar usus Anda menjadi lebih sehat.

Menjaga tekanan darah
Potassium membantu menjaga tekanan darah tinggi dan juga mengurangi resiko stroke. Satu buah plum berukuran sedang mengandung 113 mg potassium yang bisa sangat membantu. Pigmen biru kemerahan pada beberapa jenis plum, bernama anthocyanins, juga bisa melindungi tubuh dari risiko kanker dengan cara melawan redikal bebas yang berbahaya.

Membantu menurunkan gula darah
Plum termasuk makanan rendah indeks glikemik, yang berarti memakan buah tersebut bisa membaantu Anda mengendalikan gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes.


Pic credit to reana
http://health.liputan6.com/read/2411208/5-manfaat-kesehatan-buah-plum

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!