Follow Us

Wednesday, March 8, 2017

10 Game Edukasi Anak di Android

Game yang akan saya bahas ini untuk anak usia 3,5 tahun. Berdasarkan pengalaman saya melihat keponakan laki-laki yang selalu menguasai tablet kalau saya pulang kampung. Game yang menarik minatnya di antaranya seperti di bawah ini. Berhubung dia penggemar mobil, jadi kebanyakan yang saya ulas yang berbau mobil.

1. Onet

Onet bertahan

Saat umur 3 tahun, dia kesulitan main onet klasik yang biasa saya mainkan. Yang ada dia jadi kesal. Dari sini terlihat bahwa onet klasik terlalu rumit untuk anak umur 3 tahun. Maka itu, saya beri tantangan yang lebih ringan yaitu onet bertahan. Sukses! Dia berhasil main onet bertahan dan ketagihan. Setelah berumur 3,5 tahun, kemampuannya naik tingkat. Onet bertahan sudah kurang menantang baginya. Dia pun sudah pintar main onet klasik yang lebih rumit. Tidak kesal lagi karena tidak bisa.

2. Puzzle Car 2
Game ini ada voice-nya berbahasa Inggris. Bermain memasang bagian-bagian mobil sambil disebut nama-namanya dalam bahasa inggris. Bagus sekali untuk anak mengenali bagian-bagian mobil sekalian melatih bahasa inggris. Misal bumper, wind shield, door, wheel, dll.



3. Puzzle Car for Toddler
Game ini baik untuk anak mengenali bentuk bayangan mobil yang tepat sesuai jenisnya.



4. Happy Kid Car Fixing
Mirip jigsaw puzzle tapi khusus mobil.



5. Memory Car
Game ini bagus untuk melatih memori anak. Dua gambar yang sama akan hilang jika sama-sama terpilih berurutan. Lalu mobil lewat di jalan raya di bawahnya.



6. Car wash
Ternyata game cuci mobil ini menarik minat keponakan saya. Mobil kotor dibersihkan debunya, lumpur, dicuci dengan busa, dilap hingga ganti cat dan ban.



7. Kids Puzzle
Game ini mirip jigsaw puzzle. Tingkat kesulitan lebih tinggi dari happy kid car fixing. Pada awalnya keponakan saya tidak mau main karena sulit untuk seumuran dia. Tapi kemudian dia penasaran dan berhasil. Bravo!




8. Cars
Belajar bahasa Inggris dengan menyebut gambar macam-macam mobil.



9. Coloring Books
Game mewarnai. Jenis gambarnya ada banyak tinggal pilih.




10. Maze
Maze 2 lebih bagus dari maze 1 karena ada map (peta) nya. Yang disukai keponakan saya karena ada hantunya. Justru hantunya yang dia cari bukannya menghindar biar sampai tujuan. Hehe. Jadi kalah terus tiap ketemu si hantu.




Bagaimana? Silahkan cari di playstore jika tertarik.

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!