Follow Us

Sunday, March 3, 2024

Jalan-Jalan ke Dieng, Wonosobo



Idul Adha 2023 lalu saya putuskan untuk jalan-jalan ke Dieng, Wonosobo. Kami jalan bertiga. Untungnya akur ya guys pergi ganjil. Tidak baper. Tak ada ngambek-ngambekan. Jadi kami rencananya berangkat bersama tapi gagal karena saya ada hal mendesak yang tidak bisa ditinggal. Jadinya saya menyusul sendirian dan mereka duluan. Mereka naik bus dari terminal Pulo Gebang menuju Banyumas pada hari rabu 28 Juni 2023. Sementara saya menyusul hari kamis setelah sholat idul adha. Rasanya tidak afdhol kalau tidak sholat dulu karena hanya setahun sekali. 

Ya sudah tak apa saya pergi sendiri. Tiket bus saya pun hangus. Saya pesan tiket baru dan saya berangkat dari pool bus Damri Kemayoran. Sampai di pool damri Banyumas kala itu masih belum subuh. Saya pun menunggu agak siangan. Sendirian pula saya di pool. Alhamdulillah aman. Ada kenek bus yang masih di sana malah saya dikasih teh panas. 


Agak siangan sekitar pukul 05.30 saya pesan gojek. Saya ke alamat yang dituju yaitu Bobocabin Baturraden. Teman saya yang memilih menginap di sana. Ternyata jauh juga loh dari pool damri. Dan mengenaskannya lagi itu di tengah hutan. Dan saya sempat muter-muter karena tidak ketemu-temu. Saya sampai kasihan sama si Bapak Ojek. Tapi bapaknya baik sih. Terima kasih bapak!

Saya pun sampai juga ke tujuan. Kala itu sudah hampir tengah hari. Jadi saya tidak menginap di sana. Hanya istirahat saja sebentar lalu pergi ke Air Terjun dekat situ yaitu Curug Bayan sekalian check-out. 

Kami naik mobil sewa dari Bobocabin menuju Curug Bayan. Tidak mahal karena memang tidak jauh. Sampai di sana kami foto-foto lalu sholat zuhur makan makanan ringan lalu menjelang sore kami putuskan untuk pergi ke Wonosobo. Dari Curug Bayan kami naik gocar menuju bus trans dekat situ. Teman saya bersikeras mau mencoba transportasi umum di sana. Baiklah. 

Kami pun naik bus trans. Kami sempat ketinggalan bus yang lebih duluan lewat karena kali itu teman saya sedang belanja di indomaret. Ya sudah kami tunggu bus selanjutnya. Setelah itu kami turun di lokasi untuk menyambung bus trans selanjutnya menuju terminal bus untuk ke Wonosobo. Kami naik bus ekonomi non AC. Ya Allah baru kali ini saya jalan-jalan backpackingan naik transport putus-putus. Teman saya yang satunya sempat ngomel-ngomel karena backpackingan ini ribet. Walau teman saya yang satu lagi sempat tidak mau naik bus non-AC ini, tapi saya sih memperhitungkan waktu. Karena perjalanan lumayan lama ke Wonosobo, lalu bus ini adalah bus terakhir. Dan pas kami sampai di sana busnya ada. Saya juga sudah lelah. Kalau saya sih ya sudah naik itu saja tak apa yang penting cepat sampai. Teman saya masih ingin naik kereta soalnya. Kalau saya pilih mana yang cepat dan tersedia.


Sampai juga loh kami di Wonosobo dan sudah malam ya sudah isha. Di sana kami makan malam dulu. Setelah itu baru kami pesan gocar menuju penginapan. Sudah malam waktu itu sekitar jam 20.30 - 21.00. Dan kami bakal dijemput sekitar jam 2 malam. Jadi kami bersih-bersih lalu tidur. 

Jam 1 malam bangun mandi lalu siap-siap menunggu jemputan jeep yang sudah kami pesan. Kami langsung check-out dan berangkat ke Dieng. Berhubung waktu itu hari libur jadi ramai sekali macet jalan menuju ke Dieng. Kami turun jalan kaki ada sekitar 1 kiloan kali ya. Mana dingin sekali waktu itu sebelum subuh. Kurang persiapan baju yang tebal. Padahal saya sudah pernah ke Bromo tapi kali ini memang kurang persiapan. Wuah jalan kaki rasanya kedinginan sekali badan saya. Tapi alhamdulillah sampai juga ke tempat tujuan. 

Di sana saya sholat subuh dulu lalu istirahat sejenak makan gorengan. Baru saya naik. Lumayan ngos-ngosan. Saya pisah dengan teman saya. Mereka duluan. Teman saya malah sempat jatuh. Ramai sekali yang naik. Tapi lokasi Dieng ini masih mendingan ketimbang Bromo. Maksud saya di sana banyak orang jualan dan sudah lumayan ramai. Tidak seperti Bromo yang cukup jauh dan masih sepi. 


Sampai di atas saya foto-foto sama teman saya. Lumayan lama juga kami menikmati suasana pagi. Lalu kami turun dan foto-foto di sekitaran kebun teh. Lalu kami pulang. Kami jalan kaki lagi ini menuju keluar tempat jeep menunggu kami. Setelah itu kami lanjut ke kawah Sikidang, Candi Arjuna, Dieng Park, air terjun, dan Telaga. Baru kami pulang menuju terminal bus ke Jakarta. 


Dieng berkabut tebal dan dingin suasananya

Sebenarnya ada tragedi ketika kami liburan di sana. Yang pertama, saya kehilangan cincin. Jadi waktu habis sholat subuh saya beli gorengan dan duduk bersama teman saya. Saat mau makan loh kok saya tidak melihat cincin saya. Kaget sekali saya. Ini saya sudah ada kepikiran mau lepas cincin sebelum berangkat (masih di Jakarta). Dan ternyata kejadian. Hilang. Saya coba telusuri di toilet, tempat, wudhu sampai tempat sholat dan jalan yang saya lalui beli gorengan tidak ketemu. Teman saya coba kontak ke hotel juga tidak ada. Ya sudahlah saya ikhlaskan saja. Walau lumayan sekali sih itu. Setelah sampai di rumah saya cari-cari di tas saya juga tak ketemu. Ya sudah pasrah. Lalu saya googling tentang kehilangan barang eh saya nemu situs yang menyarankan untuk membaca doa kehilangan barang. Ya saya coba baca. Tak ada salahnya kan ya. Tas itu tak pernah saya sentuh atau pakai setelah itu. Saya pakai tas lain untuk keperluan ke kantor dan hal lainnya. 

Ibu saya waktu saya ceritakan malah cerita beliau juga pernah kehilangan cincin, tapi eh keesokannya ketemu. Benar-benar masih rezeki.

Bulan Agustus 2023 saya berencana pulang kampung. Saya mau kemas-kemas barang pakai tas itu yang tadinya menganggur dari bulan juni. Betapa kagetnya saya itu cincin ada di situ. Alhamdulillah sujud syukur. Masih terheran-heran. Kok bisa ya? Saya sama sekali tidak ingat kalau saya melepas cincin dan menaruhnya di situ. Apa sebegitu lupanya saya hanya dalam waktu beberapa jam saya tidak ingat? Apakah Allah membuat saya lupa? Saya mengingat-ingat bahwa ketika saya di bobocabin cincin masih saya pakai. Keluar bobocabin kan sekitar jam 12 siang. Cincin itu memang agak longgar tapi tidak pernah lepas dengan sendirinya kecuali ketika kena sabun. Saya pakai sabun hanya pas mandi yaitu di bobocabin dan penginapan di Wonosobo. Saya tidak ingat sama sekali kalau saya melepas cincin. Kapankah? Apakah dalam sehari (malah hanya sekian jam) saya hilang ingatan? Dan saya menaruh di tempat yang tidak aman karena posisinya ketika ketemu bukan di ruang kecil tas. Apakah saya seteledor itu? Apakah saya melepas cincin ketika di bus non AC ke Wonosobo? Entahlah saya benar-benar lupa. Makanya saya terheran-heran cincin itu ada di tas. Terima kasih ya allah masih rezeki.

Tragedi kedua adalah salah seorang teman saya tiba-tiba tiket bus kepulangan direschedule keesokan harinya oleh agen tiket bus. Padahal tadinya teman saya kan sudah dapat tiket itu. Tinggal nunggu sejam perjalanan kali ya eh ada pemberitahuan itu. Bagaimana rasanya sebagai pelanggan? Wah parah sekali itu. Akhirnya dengan berat hati kami pulang duluan karena kita beda arah bus ya walau sama-sama ke Jakarta. Dan karena hari senin saya harus langsung ke kantor. 

Saya sendiri pernah mengalami dicancel travel yang sudah saya pesan. Padahal saya sudah beli tiket di traveloka dan menunggu di Gambir untuk dijemput. Tapi kok lama tidak dijemput-jemput saya cemas. Akhirnya saya mendapat kabar kalau tiket saya dicancel oleh agen (bukan travelokanya). Parah sekali ini. Akhirnya saya dibantu orang di Gambir dicarikan travel tapi belum beruntung karena sudah berangkat travel-travel lainnya juga. Akhirnya saya ke loket Damri. Syukur alhamdulillah masih tersisa 1 kursi. Saya sikat saja walau itu tiket royal yang harganya lebih mahal. Tapi berangkat esok harinya. Ya sudahlah tak apa. Yang penting dapat tiket. Biasanya kan saya naik damri. Nah, ini saya coba naik travel (karena pesan mendadak dan mencari waktu yang pas sementara damri biasa sudah habis). Tadinya berencana pulang bareng kakak tapi gagal karena belum dapat persetujuan cuti. Eh, tak tahunya malah dicancel. Kecewa sekali karena sudah menunggu.  

Begitulah sobat kejadian yang kami alami.


P.S Thank you for the beautiful moment with you guys.

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!