Follow Us

Saturday, January 20, 2018

Arti Kata Gawai



Baru saja saya menonton tayangan berita di Metro TV dan merasa ada istilah baru yang tidak saya kenal begitu membaca judul berita yang tertulis. Di layar televisi ada kata "gawai" yang masih asing di telinga saya. Dari berita yang ditayangkan tentu saya langsung paham apa artinya.

Entah sejak kapan istilah "gawai" ini muncul menggantikan kata "gadget" dalam bahasa Indonesia. Saya googling tampaknya masih baru-baru ini. Di wikipedia pun sudah ada. Berikut definisinya:

Gawai [1] (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.
Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil. Sebagai contoh:
  • Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu laptop/notebook/netbook.
  • Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya telepon seluler.

Saya cek tautan wikipedia berasal dari bahtera.org namun tak bisa diakses.

Saya coba buka web kbbi karena penasaran apakah sudah ada di sana, ternyata belum. Gawai masih diartikan sebagai kerja. 

Kalau berita teratas hasil googling kata gawai merujuk pada berita "KPAI buka layanan anak kecanduan gawai". Beritanya setema dengan berita yang saya tonton tadi. Kalau readers sudah membaca beritanya, ada dua pelajar (SMP dan SMA) yang kecanduan gawai di Bondowoso, Jawa Timur. 

Dewasa ini memang teknologi berkembang sangat pesat. Gadget sudah bukan lagi barang mewah. Semua kalangan sudah familiar dengan gadget. Bahkan anak kecil tak terkecuali sangat menyenangi gadget. Di sinilah peran orangtua sangat diperlukan untuk memantau dan membatasi penggunaan gadget bagi anak-anak. Jangan sampai gadget merusak anak-anak.

Picture credit to the rightful owner.

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!