Follow Us

Thursday, March 10, 2016

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Gerhana Matahari 9 Maret 2016 07.20 WIB
Aslinya jelas banget lihat gerhananya dengan mata telanjang.

Tepatnya kemarin rabu, 9 Maret 2016 terjadi gerhana matahari total. Ada yang melihat langsung? Tidak semua wilayah bisa melihat ya. Berhubung saya tinggal di Bengkulu, Mukomuko jadi saya bisa menyaksikan langsung dengan mata telanjang. Saya tanya keluarga saya di Lampung, tidak bisa melihat karena mendung. (Dulu waktu gerhana venus 2010 juga Lampung mendung. Baca ceritanya di sini)

Berdasarkan berita, gerhana matahari total di Mukomuko terjadi sekitar pukul 07.19 WIB selama 1 menit 43 detik. Jadilah saya siap-siap di rumah menyaksikan ketika mendekati waktu tersebut. Awalnya saya siap-siap untuk sholat gerhana berjamaah di salah satu masjid besar di sini, tapi apa daya sudah ketinggalan ternyata. Ya sudah akhirnya saya sholat sendiri saja di rumah.

Sekitar pukul 7 lewat, matahari masih terang benderang walaupun kala itu tengah terjadi gerhana sebagian. Lalu saya pun memutuskan sholat. Setelah sholat, pukul 7.17 saya bangkit untuk melihat si matahari. Pelan-pelan mulai gelap. Sampai akhirnya peristiwa yang menakjubkan yaitu matahari berbentuk bulat cincin dan tentu saja saya tidak mau menyia-nyiakan momen singkat ini. Saya foto dengan kamera seadanya (cuma 8 mp). Hasilnya tidak begitu bagus tapi lumayanlah buat kenang-kenangan. Hehe. Sayangnya tidak terpikir untuk merekam video. Menyesal. :(

Setelah itu, matahari kembali bersinar terang. Berikut adalah gambar ketika matahari berbentuk bulat cincin (gambar 1). Kelihatan gelap kan ya suasananya seperti mendung. Lalu perlahan-lahan bersinar terang (gambar 2-5). Hanya ini yang bisa saya bagikan ke readers. Kurang persiapan dalam mengabadikan. Awalnya saya memang fokus menikmati sendiri. Karena memang tidak ingin kelewatan sedikitpun momen terjadinya gerhana total. Tidak ingin berkedip walau cuma sekali. :)

Fase perubahan matahari dari bulat cincin menjadi terang kembali


Subhanallah. Takjub bisa menyaksikan langsung. Semoga di lain kesempatan bisa meyaksikan lagi. Aamiin. Senang dengan fenomena alam berbau astronomi. :)

Foto Dok. Pribadi Reana


No comments:

Post a Comment

leave your comment here!