Follow Us

Tuesday, December 11, 2018

Tahu Casual Relationship?

Beberapa hari lalu saya mendapat istilah casual relationship dari seseorang. Sumpah saya tidak tahu-menahu istilah ini. Maklumlah saya awam di dunia per-dating-an. Jadi kala itu saya mengobrol di whatsapp. Seseorang di seberang sana menanyai saya begini, "Tertarik casual relationship?"

Picture credit to Dreamstime

Jegerr! Apaan itu ya.
"Yang gimana ya?" tanya saya balik.
"Cari aja di Google," balasnya. Yaelah pelit amatlah kamu Kakak.
Baiklah saya cari di Google. Hiks. 

Kalau yang saya tangkap dari wikipedia atau pun lovepanky, casual relationship atau casual dating adalah hubungan romansa antara pria dan wanita yang melibatkan emosi maupun fisik tanpa adanya komitmen untuk menikah. Dengan kata lain pacaran tanpa komitmen. 

Casual relationship ini bentuk longgar dari relationship biasa. Jadi, di saat bersamaan kamu bisa punya pasangan casual relationship lebih dari satu. Dan hal itu adalah hal yang biasa saja karena memang konsepnya begitu. Umumnya hubungan begini adalah kebutuhan hubungan seksual tanpa adanya komitmen menikah. Dan tentu kamu bisa berhubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan casual relationship kamu itu tanpa merasa bersalah karena memang kamu dan pasangan kamu sudah saling setuju dan memahami peraturannya.

Sebenarnya casual relationship ini bukan istilah baru kalau di negara-negara barat sana. Definisi yang saya ambil juga dari situs barat. Di sana kan seks pra nikah adalah hal biasa. Jadi, casual relationship adalah hal yang lumrah di sana. Sama-sama butuh.

Oke, setelah tahu definisinya (semampu saya mencerna kalimat berbahasa Inggris yang saya baca), saya bilang, "Hmm ga deh."

Lalu saya terima emoticon sedih darinya. Lah, kenapa sedih? Kalau dia maunya casual sementara saya maunya committed kan tidak nyambung, tidak menyatu begitu ya. 

Nah, yang jadi pertanyaan saya, sama tidak sih konsep casual relationship di Indonesia dengan negara barat? Hmm... Berhubung si kakak tidak menjelaskan dan saya sudah terlanjur bilang "tidak", jadilah menjadi misteri. Saya jadi tidak tahu konsep yang dia maksud apakah sama dengan yang saya baca. :(

Kalau memang benar seperti definisi yang saya tangkap, tentu saya tidak mau. Sudah tidak muda lagi. Wasting time. Sudah banyak dosa, jangan tambah dosa lagi.  :)

Saya masih berpikir positif, semoga di Indonesia ini casual relationship adalah hubungan dating biasa yang tanpa komitmen. Tidak pakai skinship atau hubungan seksual. :D

Semoga saja di Indonesia tidak selonggar negara barat. Kalau Indonesia sudah mengadopsi dari dunia barat plek jiplek, haduh mau bilang apa saya. Kok ya sudah bebas sekali pergaulan di Indonesia. Maaf, sepertinya saya saja yang tidak gaul. :)

Karena penasaran, saya sempat bertanya ke adiknya teman saya dari UK. Dia bilang casual relationship itu ya hubungan seks tanpa ada komitmen menikah. Nah loh?

Dan hubungan tanpa komitmen ini akan sulit menjadi hubungan yang komit jika di tengah jalan salah satunya ada yang kemudian ingin berkomitmen. Tidak menutup kemungkinan jadi komit sih tapi biasanya sulit. 

Duhai Kakak, padahal awalnya percakapan kita asyik. Tapi kemudian buyar gegara munculnya kata casual relationship. Senang ketemu kamu, tidak menyangka ternyata kamu kakak kelas yang tak pernah bertemu sebelumnya. (note: kalau kamu baca ini, text me..)


8 comments:

  1. wkwk ada2 aja sih mbak ckck.

    mbak ku udah pengumuman, doain lg yak, hatur nuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha fenomena kehidupan dit..

      Ciee cieee lulus nih. Selamat ya!

      Iya didoain.. traktiran ditunggu klo lulus 😁

      Brp org yg lulus kemarin?

      Delete
    2. tiati belok mbak, kudu lurus terus XD

      blm lulus mbak, kan masih ada 3 tes lagi, CAT SKB, psikologi, wawancara.
      saingannya masih bnyak huaaaaaa. dr 17 diambil 11 orang nih mbak fufufuu
      ditraktir doa biar cepet dpt jodoh XDDD

      Delete
    3. Hihi tenaanggg...

      Yg besok tes SKB doang gitu?

      Wah itu peluangnya banyak bingit dit.. ngalahin 6 aja 😁

      Baiklah diaminin dulu, sisanya liat tar 😊

      Delete
    4. enggak, tahap ini lgsg 3 tes itu mbak, 3 hari wkwk. abis itu, nanti hasilnya digabung sama tes kmarin, baru diranking.
      banyak emang peluangnya? ="|
      enggak masuk kuli prtemuan trakhir, peluang ada kuis hahahahaaaaa~

      hahahaha doain aku jua yak mbak biar ktemu jodoh XD

      Delete
    5. Oh begono...

      Ah kan baru peluang. Belom tentu ada. Kalopun ada, minta susulan gih. Klo boleh... Klo ga, ya ikhlasin aja genjot di uas.

      Ya banyaklah itu lebih dari 50%. Semangat...

      Jiahaha anak kecil lulus aja dulu kuliah n tesnya lah... 😁 Klo kita saling mendoakan tar malah kita dipertemukan gmn? 😋

      Delete
    6. 64,7% ? wkwkk XD
      taun lalu pas 50%, failed XD

      wkwkwkwkkk baru mbaknya nih yg bilang aku anak kecil, aku kseringan gaul ma bocah2 sih soalnya XDDD nah klo gtu gakjadi dah wkwk #kabuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrr

      Delete
    7. Kan itu tahun lalu. Peruntungan tahun ini siapa tahu?

      Ya gimana bukan anak kecil coba nraktir aja kagak mau. Pelitnya kebangetan... 😄😛

      Hahaha takut dia. Baguslah... Makin jelas itu "anak kecil" nya sukanya main kabur kaburan 😛

      Delete

leave your comment here!