Follow Us

Friday, December 14, 2018

Jenis Soal UTS, UAS dan Kuis Kuliah S2

Hai Sobat yang budiman, saya sedang ingin posting bebas (ah biasanya juga posting bebas random kok). Kali ini ingin cuap-cuap sedikit saja (banyak juga bebas kali kan blog sendiri) tentang jenis soal uts, uas, dan kuis berdasarkan pengalaman saya selama 3 semester ini.

Picture credit to dreamstime


UTS (Ujian Tengah Semester)

Mayoritas mata kuliah ada UTS. Hanya beberapa mata kuliah yang tidak ada UTS, bisa dihitung jari per semester sekitar 1 mata kuliah.

UAS (Ujian Akhir Semester)
Sebagian mata kuliah ada UAS tapi sebagian tidak (horeee!). Kalau tidak ada UAS biasanya diganti dengan presentasi akhir kelompok.

Berikut adalah jenis soal UTS dan UAS. Yuk simak!

Essay vs Pilihan ganda
Jenis soal favorit alias paling banyak adalah essay (uraian). Ada juga yang kombinasi essay dan pilihan ganda. Mata kuliah yang UTS-nya pilihan ganda saja ada tapi saya tidak mengambil mata kuliah pilihan tersebut. Selama 3 semester hanya ada 2 mata kuliah yang soalnya kombinasi essay dan pilihan ganda. Sisanya essay semua.

Kalau soal pilihan ganda, jawabannya sudah pasti ada 1 yang benar di antara pilihan jawaban ya. Nah, kalau essay, jawabannya tidak ada benar atau salah. Mungkin lebih ke ketepatan. 

Closed book vs Open book vs Open Notes
Mending mana, closed book, open book atau open notes? Semuanya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tipe soal closed book biasanya ada jawabannya di buku tapi sulitnya adalah harus kuat menghapal. Sedangkan tipe soal open book memudahkan orang supaya tidak menghapal namun kabar buruknya biasanya soal tidak ada jawabannya di buku. Oh tidak!

Nah, yang terakhir open notes ini menuntut kita untuk membuat catatan untuk menjadi pegangan kita sewaktu ujian. Bisa hanya berupa catatan di kertas A4/folio selembar. Ada juga yang bebas sebanyak-banyaknya asal tulisan tangan. Open notes ini bikin mabuk karena harus menulis kecil-kecil sekali supaya muat mencatat sekian bab hanya di selembar kertas A4. Kebayang? Kertas dibagi dulu digaris-garis sesuai bab supaya semua bab masuk (kalau saya loh ya). Keriting rasanya ini tangan (hehe lebay). Rugi kan kalau sampai ada yang tidak tercatat padahal kita sudah diberi peluang untuk mencatat dan ternyata keluar di ujian.

Uraian vs Hitungan
Kalau ini sih tergantung materi mata kuliahnya ya. 

Case study vs text book
Beberapa mata kuliah ada yang soalnya case study. Namun kebanyakan sesuai text book, hanya saja tidak sama persis di text book. Jenis soal case study lebih sulit menurut saya karena menuntut pemahaman kita akan materi (otak berpikir lebih keras - saya doank kali ya).

Kuis
Tidak semua mata kuliah ada kuis. Kuis ada yang terjadwal ada pula yang tidak alias dadakan (siap-siap saja). Ada yang setiap minggu kuis ada pula yang setiap sekian pertemuan baru kuis. Ada kuis online (pilihan ganda) ada pula yang manual (diberi kertas soal, pilihan ganda). Ada yang soalnya essay hanya satu soal dan hanya ditampilkan di slide (jadi harus dicatat ulang atau difoto soalnya biar jelas). Kuis waktunya paling hanya 30 menit. Ada pula yang hanya 10 menit (tergantung dosen).

Sepengalaman saya kuis manual yang essay 1 soal, jawabannya itu tidak ada di buku alias jawaban bebas sesuai persepsi kita (tapi bukan berarti kita tidak perlu belajar untuk persiapan kuis karena fondasi bisa mengerjakan kuis demikian ya karena kita sudah membaca materinya).

Sekian sharing saya hari ini ya sobat, selamat akhir pekan! Hehe kan sudah jumat. :)

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!