Follow Us

Wednesday, October 24, 2018

Pengalaman Kursus Terjemah Teks Hukum LBI UI Tingkat Dasar

Halo Readers, adakah kalian yang berminat mengikuti kursus terjemah? Jika ada, LBI UI menawarkan beberapa program terjemah (bisa dicek di website LBI UI). Nah, kali ini saya ingin sharing tentang salah satu program terjemah yaitu teks hukum.


Sebenarnya saya ini tak punya alasan khusus kenapa saya mengambil kursus ini. Niat utama adalah mengisi waktu luang semasa libur panjang semester dua. Awalnya berniat mengambil yang teks umum tapi teks umum adanya hanya malam hari. Saya maunya mengambil kursus di hari Sabtu saja. Pilihan yang ada di hari Sabtu hanyalah teks hukum. Jadi, saya beranikan diri mendaftar dengan membayar sebesar 125 ribu rupiah kemudian mengikuti placement test. Placement test ini menentukan tingkat yang akan diikuti peserta nantinya jika lulus. Teks hukum memiliki 3 tingkat yaitu dasar, menengah, dan lanjut. Note: tidak semua pendaftar lulus placement test.

Sejujurnya saya merasa tidak pede mendaftar kursus terjemah apalagi teks hukum. Pertama, saya tidak ada basic terjemah sama sekali. Saya bukan dari sastra Inggris atau pun yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Saya tidak punya pengalaman kerja sebagai penerjemah pula. Dan juga tak ada hubungannya sama sekali dengan hukum. Bahkan legal English pun saya tidak kenal atau pernah belajar sebelumnya. Jadi, saya ini modal nekad saja. Benar-benar orang yang nekad saya ini. 

Pendaftaran
Setelah saya mendapat slip pendaftaran, saya menjadi galau dan berpikir ulang apakah saya ganti teks umum saja. Tapi si Mbak Admin pendaftaran seperti enggan untuk mengubah slip karena memang sudah dicetak dan menyarankan saya coba dulu. Setelah itu si Mbak Admin memberitahu jadwal placement test dan memberitahu saya untuk membawa kamus saat placement test karena tidak diperkenankan menggunakan internet. Waduh, mana saya punya kamus di sini. Rasa-rasanya sudah beberapa tahun lalu terakhir saya buka kamus. Setelah itu saya langsung meluncur ke Gramedia dan membeli kamus seharga 100 ribu. :)

Placement test
Saat jadwal placement test tiba, saya kembali datang ke LBI. Ternyata di dalam kelas sudah banyak yang hadir. Saya terlambat hadir. Soal yang diujikan adalah terjemah Indonesia-Inggris dan sebaliknya. Teksnya pun memang teks hukum. Wow. Banyak yang saya tidak mengerti terjemahannya. Dan kamus saya itu tidak bisa diandalkan. Penyebab utamanya adalah karena tidak lengkap. Hehe. :)

Saya pun menjawab sesuai kemampuan saya saja. Semua soal bisa terisi sesuai waktu yang diberikan yaitu 2 jam kalau tidak salah ingat. 

Pengumuman
Pengumuman disampaikan melalui email ke peserta. Saya lupa berapa lama waktu itu. Saat saya menerima email pengumuman lalu saya lihat saya lulus tingkat dasar, rasa-rasanya malah seram sendiri. Kok bisa? Dan masih merasa tidak pede.

Belajar-mengajar di kelas 
Kelas Sabtu tingkat dasar diadakan di lantai 3 ruang 302. Durasi belajar mengajar 4 jam per pertemuan selama 10x pertemuan dengan biaya sebesar 3,5 juta rupiah. 

Di kelas saya muridnya ada 9 orang termasuk saya. Rata-rata mereka berhubungan dengan penerjemahan. Entah itu ada pengalaman kerja sebagai penerjemah atau pun background pendidikan bahasa Inggris. Selain itu ada yang basic-nya hukum. Lah, saya? Huhu tidak nyambung ke mana-mana. Saat ditanya pengajarnya sewaktu perkenalan saya hanya menjawab just for fun. :D

Saya jadi berpikir saya ini seperti tidak ada tujuan. Hanya ikut-ikut saja begitu ya. Beda sekali dengan mereka yang memang ada tujuannya. Paling utamanya untuk upgrade skill demi pekerjaan. Lah, saya? Saya sadar sekali pekerjaan saya apa dan pendidikan saya apa. Tapi saya ini memang nekad. Saya ini orang yang ingin mencoba hal-hal baru. Nah, ini contohnya. :)

Di awal-awal pertemuan sih ya pastilah saya ini banyak menyerap pelajaran baru. Kalau dibanding murid lain jelas saya tidak ada apa-apanya kalau saya membandingkan diri saya. Minimal mereka sudah familiar beberapa kosakata hukum yang masih asing di telinga saya. Tapi hal itu tidak menyurutkan saya untuk terus belajar atau pun merasa minder. Mereka juga sama kok masih banyak salah. Dan ya menurut saya kami tidak jauh bedalah. Masih sama-sama belajar. Buktinya satu kelas. Meski mereka sudah banyak jam terbangnya untuk terjemahan tapi teks hukum masih baru juga bagi mereka makanya mereka mengambil kursus ini. 

Namanya salah dalam belajar kan biasa. Tidak belajar kalau tidak ada salah. :)

Jadi, jangan menyerah sebelum berjuang ya! Terkadang kesulitan-kesulitan itu hanya ada di pikiran kita saja. Yang penting optimis dan action dulu.

Saya merasa loh ada peningkatan dibanding awal-awal masuk. Kalau saya bandingkan dengan awal-awal masuk itu, beda jauhlah. Dan saya senang mendapat ilmu baru meski belum tahu ke depannya akan bagaimana. Yang penting saya serap saja dulu ilmunya. 

Di kelas banyak latihan menerjemahkan kalimat. Murid diberi kesempatan untuk mencoba menerjemahkan satu per satu lalu dikoreksi langsung oleh pengajar. Dan di kursus ini ada mid test dan final test.

Mid test dan final test masing-masing 3 jam. Alhamdulillah sudah lulus tingkat dasar. Saya lihat nilai saya di report adalah b+. Ya lumayanlah untuk pemula seperti saya. :)

Sertifikat
Sertifikat bisa diperoleh jika memenuhi persyaratan minimal 75% kehadiran. Jika lulus tingkat dasar maka bisa melanjutkan ke tingkat menengah. 









29 comments:

  1. kapan mbak les nya? jan2 ruangan kita sebelahan 0.0
    selow bet yak mbak idupnya xp eh mksudnya ngunu loh. bisa ngelakuin hal2 yg disuka.. emm gtu deh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sabtu. Kamu kapan? Sapa dong kalo papasan atau kamu liat aku.. *kalau kamu mengenaliku :-D

      Selow bet tuh "slow banget" gitu maksudnya? Maklum bukan anak alay *ups

      Iya dong biar happy lakuin yang disuka :-)

      Delete
    2. sabtu jua sama, dan di lantai 3 jua, tp les basa alien bukan trjemahan hukum wkwk. Pada saat itu blm kenal mbaknya :p dan aku kbiasaan dtg telat jd slalu trburu2 msuk kelas wkwk.
      iyee yg gakalay =="

      Delete
    3. Ihiy aku tau nih... Bahasa jepun ya? :-D

      Seru banget kayaknya tuh kelas sebelah kalau aku lagi les.. ngiri deh :-)
      Masih les ga?

      Eh eh emang sejak kapan dirimu kenal aku? :-)
      Yg bikin mampir kesini artikel apa?

      Delete
    4. tetot salah :p

      seru apanya -_-" wkwk. udah enggak les. emg mbaknya masih les?

      gara2 tulisan simak wkwk.

      Delete
    5. oh bukan jepun? TOEFL deh kalo gitu... semoga kali ini bener hihi :D

      masa sih ga seru? aku denger kelas sebelah diputerin lagu.. ya gitu-gitu kan fun... itu yang kelas sebelah sekarang sih jepun :)

      aku masih sih :)

      oh simak... ok deh moga sukses simaknya. udah tes belom? :)

      Delete
    6. bukan jua :p tp emg basa inggris x_x

      waw mbaknya masih les!!!
      aku udh enggak les mbak. daebak :p

      udh, kan lagi kuli skrg :p

      Delete
    7. wkwk. rajin bgt sih mbak blajar mulu :p

      Delete
    8. Kagak 😂 maen mah iya *ups

      Kamu kali yg blajar mulu kan lg demen2nya baru masuk 😆 ihiy..

      Delete
    9. wah ngece ki -,- kgak ada demen2nya biasa aja wkwk.
      piye uts nya mbak? *pasti lancar bzzzz.

      Delete
    10. Iye kan masih baru masih fresh, mainan baru gitu...

      Ihiy ngalihin topik ini. Ya gtu deh uts. Hehe. Kmu pasti lancar jaya kan kan kan...(^^)

      Delete
    11. Enggak, mainan lama yg digali lbih dlm :/
      Gakngalihin topik, emg topik awalnya apa wkwk. Msih harus uts besok fufufu

      Delete
    12. Sabtu uts? Waduh... Mantap betul :-D

      Moga sukses uts nya *ups

      Delete
    13. Yakdong mantul! :D
      Maacih eaa wqwq XD
      Uts udh slesai, skrg fokus cpns wkwkwk.

      Delete
    14. Hadeh alay lagi deh :-)
      Kapan tes? Cieee...

      Delete
    15. Wkwk klo di dunia nyata gakbisa alay, jd puas2in di dumay (^^^)
      minggu ini mbak, bbrapa hari lagi, doain yak hehew. Hatur nuhun ^_^

      Delete
    16. Iya dek, mbak doain moga lancar jaya kayak jalan tol.. :-)

      Ditunggu traktirannya :-D

      Delete
    17. Yak klo gni, rasa2nya bkalan susah buat tembus =|

      Delete
    18. Lah kok jadi psimis gini? 😃

      Delete
    19. Haha. Mang gni aslinya mbak, random, rapuh wkwk.

      Delete
    20. Alamak.. minum suplemenlah biar ga rapuh 😃

      Btw, TKD gimana tuh hasilnya? Udah tes kan? 😊

      Delete
    21. Minum cdr mbak :p
      Hari ini tes. Hasilnya gaklebih baik dr taun kmaren, malah turun :(
      doain terus yak mbak hahah

      Delete
    22. Standar yg diminta gimana? Naik atau turun? Nilaimu masuk ga? Kalau rejeki ga kemana sih. 😊

      Delete
    23. Nilaiku masih lolos PG mbak. Tp untuk masuk ke tahap slanjutnya kan diranking, diambil 3 x jumlah formasi (terbaik).
      Iyak, semoga, aamiin..

      Delete
    24. Aamiin. Kabarin yak kabar baik selanjutnya 😃

      Delete
    25. Ok mbak. Klo gakngasih kabar, brarti ada kabar buruk yak. :)

      Delete
    26. Wah kok jadi serem sih kabar buruk... 😂 amit2...
      Kabarin apapun hasilnya deh klo gtu 😉

      Delete
  2. I’d should examine with you here. Which isn't one thing I often do! I take pleasure in studying a post that will make folks think. Additionally, thanks for allowing me to remark! gsn casino slots

    ReplyDelete

leave your comment here!