Samsung Galaxy Tab S2 Not Charging (Tanda Silang Merah)



Ada yang pernah menemui kasus sama seperti saya? Samsung Galaxy Tab S2 di-charge dalam posisi hidup tapi arus tidak mau masuk. Muncul tanda silang merah (cross x) di simbol baterai di pojok kanan atas. Padahal biasanya kalau kita charging kan muncul tanda petir di baterai ya.

Kapan mulai muncul cross x?
Sebelumnya sih saya tidak pernah mengalami hal seperti ini. Pertama kali tahu itu pas saya lagi di Bandung kemarin hari terakhir saya menginap di Papandayan Hotel eh kok baterai Tab S2 saya malah menyusut terus persentasenya ketika saya pakai padahal dalam posisi dicolok charger. Lalu saya amati kok muncul tanda silang merah? Oh berarti tidak masuk ya arusnya. Kenapa bisa muncul tanda itu? Biasanya tidak pernah. Lancar-lancar saja. Selalu charging di tempat yang sama selama di hotel tidak ada masalah.

Saya coba cabut lalu colok lagi eh tetap sama muncul juga itu tanda merah. Baterai tetap tidak terisi dan menyusut terus isinya. Well, biar sajalah cabut saja sekalian. Time to go! Harus check out dan berangkat ke Jakarta.

Cadangan baterai habis sampai saya tiba kembali di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Saya charger saja seperti biasa. Saat itu sih saya tidak menyadari bahwa pernah mengalami kejadian kemarin itu muncul tanda silang. Sudah lupa gitu ceritanya hehe. Karena charger saya kini baik-baik saja. 

Sampai akhirnya esok harinya saya dibuat keheranan karena waktu saya mencoba charging eh muncul lagi ini tanda silang merah.

Saya coba cabut colok beberapa kali sama saja sih muncul juga. Baterai tidak mengisi malah habis karena kepakai terus. Sampai akhirnya ketika baterai menuju 3%, ya mati deh. Tapi kemudian baterai mulai mengisi dalam keadaan mati tersebut. Jadi, si charger hanya mau mengisi dalam keadaan mati.

Googling Penyebab
Karena hal ini cukup menyebalkan buat saya yang tidak bisa jauh-jauh dari aktivitas internet, jadilah saya cari tahu penyebab hal tersebut dan solusinya. Dan saya googling saja. Hmm ternyata banyak yang mengalami. Rata-rata mereka pengguna Samsung Tab. Memang sudah lama juga ternyata hal demikian jadi kendala pengguna Samsung Tab. Saya coba selami saja mencari yang pengguna Tab S2 juga. Kebanyakan ketemunya yang Tab versi lain. Tapi tidak apa-apa bisa jadi pelajaran juga.

Solusi
Akhirnya saya memilih untuk mengganti kabel USB pada charger Samsung Ori dengan kabel lain yang ada yaitu kabel power bank Vivan (boleh pakai kabel merk lain). Saya berdoa semoga bisa. Yes! Berhasil! Muncul juga tuh tanda petir di baterai dalam posisi hidup. Oke, besoknya saya coba kembalikan kabel Samsung-nya dan ternyata normal lagi tuh. Bisa lagi buat charger dalam posisi hidup. Si cross X tidak muncul lagi. Jadi, kenapa sebenarnya penyebabnya?

sumber gambar: the rightful owner


Share on Google Plus

About Reana Nite

A learner who wants to share what I have experienced and learnt in this life. Hope you who not experience the same thing as me can still get the same lesson and take the wisdom. Happy reading! ^_^

8 komentar:

  1. Wah , saya kog tetap ya mas. Padahal dah ganti usb. Tetep tanda silang dan tercharger hny saat keadaan mati sja. Jadi gimana solusinya ya gan?

    ReplyDelete
  2. Ganti yang lain lagi kabel usb nya...

    ReplyDelete
  3. Jangan pakai kabel data, pakai kabel yang hanya untuk charger, bahkan lebih murah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kabel power bank vivan milik saya juga cuma bisa buat charger.

      Delete
  4. masak iyah sih kak, saya heran tiba-tiba batterai saya juga terdapat tanda silang merah,
    sudah hp kantor, jadi takut kalau rusak

    ReplyDelete
  5. Saya jg gini, udh ganti keberapa kali tetep silang... trus beli lagi, bisa tanda petir tapi malah kesedot batreinya, saya tab s 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ganti apa nih? Charger ato kabelnya aja?

      Delete

leave your comment here!