Follow Us

Friday, August 4, 2017

Cara Mengatasi 'These Files Cant Be Opened" Windows 8.1



Pagi-pagi saya baru ngantor, tiba-tiba datang salah satu rekan kantor ke ruangan saya. Beliau minta bantu sesuatu. Apalah saya pikir. Kemungkinan besar masalah penginstallan aplikasi entri data. Eh, ternyata masalahnya adalah bukan pada penginstallan tapi dia tidak bisa membuka file hasil instalasinya sekarang. Padahal sebelumnya bisa. Bahkan sudah dipakai untuk entri. Hmm, aneh?

Muncul peringatan berikut:

'These Files Cant Be Opened. Your internet security setting prevented one or more files from being opened"

Coba instal baru, tidak bisa juga. Tidak bisa di sini karena file aplikasinya sendiri (masternya) tidak bisa dibuka. Muncul peringatan yang sama.

Ok, saya bukan orang yang basic-nya IT. Justru saya terjebak menjadi kasi di seksi yang bergelut dengan itu. Jadi, dia datang ke saya mungkin karena itu.
Tapi masa sekarang kan kita sangat terbantu dengan adanya google. Betul?

Oke, saya googling dan coba beberapa tips berbeda. Ada juga video dari youtube. Namun berikut ini adalah cara yang paling cocok mengatasi masalah pada laptop rekan saya.

Berhubung file aplikasi sudah pernah diinstal dan bisa dibuka sebelumnya, jadi cara mengatasinya adalah langsung :

  1. Buka internet option - security - restricted sites - custom level - 
  2. Sorot ke bawah pilih launching application and unsafe files (not secure) - enable 
  3. Pilih launching programs and files in an iframe (not secure) - prompted (not secure)
  4. Reset high (default) - ok

jika setting 'restricted sites' barusan masih belum bisa mengatasi masalah, coba hal yang sama juga pada menu di samping' restricted sites' yaitu internet, local intranet dan trusted sites.

Jika file aplikasi baru mau diinstal namun muncul peringatan tadi, sebelum melakukan langkah-langkah di atas, sebaiknya lakukan dulu:

klik kanan pada file aplikasi
pilih properties
centang 'unblock'
ok

Nah, teratasilah masalah rekan saya. Senang rasanya bisa membantu meski harus mencari contekan dulu di google. :)

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!