Follow Us

Sunday, April 21, 2013

Pulsa Nyasar

Sehabis rapat, saya cek hp. Ternyata ada 2 sms masuk. Sms pertama berisi:

Nomor anda telah diisi dengan nomor seri voucher 3041610075121569370 @10.08 am 16 April

Sms satu lagi dari provider pemberitahuan bahwa saya sudah mengisi ulang pulsa.

Saya baca sms tadi dengan seksama. Lalu saya cek pulsa. Ternyata benar bertambah dua puluh ribu rupiah. Masa aktif pun jadi bertambah. Saya heran. Kenapa bisa ada pulsa nyasar? Tumben. Seumur-umur pegang hp, baru kali inilah saya dapat pulsa nyasar. Apalagi nomor yang dikirimi pulsa adalah nomor yang tidak saya publish ke banyak orang. Dan memang nomornya sangat tidak cantik. Dari 2010 saya pegang nomor ini, saya tidak hapal-hapal juga sampai sekarang. Setiap kali isi pulsa harus lihat nomornya berapa. Tapi mungkin karena tidak cantik itulah ya ada peluang orang salah pencet nomor buat isi pulsa jadi ke nomor saya.

Sedikit iseng, saya ketik keyword "pulsa nyasar" di google. Ternyata memang banyak orang yang dapat pulsa nyasar. Sebagian dari mereka dihubungi oleh si pengirim diminta mengembalikan pulsa nyasar tersebut. Tapi sebagian lagi tidak. Nah, saya sampai hari ini belum juga dihubungi oleh si pengirim pulsa. Padahal sih saya tunggu-tunggu loh. Mau saya kembalikan. Tapi kalau sampai lewat seminggu tidak dihubungi juga, saya berencana buat
mengirim pulsa itu ke orang lain. Yah mau gimana lagi. Sms dari Mkios tidak ada tulisan nomor yang bisa dihubungi.

Mungkin bisa dibilang bahwa pulsa nyasar tadi itu rejeki bila ditilik dari sisi saya sebagai penerima. Namun buat si pengirim jelas itu kerugian. Namun bisa berarti sedekah juga. Malah bisa dilipatgandakan minimal 10x loh balasan bersedekah. Hehe.

Hmm, meski nominalnya tidak begitu besar (setidaknya begitu bagi saya - bukan berniat sombong ya) tapi bagi orang lain (khususnya si pengirim) bisa jadi itu sangat berharga. Karena itu saya tidak ingin bersenang-senang di atas penderitaan orang lain. Ah, wise banget saya ya. ^_^

Kenapa saya tidak mau memakai? Setidaknya, melalui ini saya bisa ungkapkan beberapa pendapat saya. Pertama, pulsa itu bukan milik saya. Saya anggap itu barang temuan. Ketika saya menemukan barang dan saya ambil untuk saya, saya khawatir kelak saya akan mendapat balasan yang lebih besar. Bisa jadi saya kehilangan sesuatu milik saya yang nilainya tidak sepadan dengan yang sudah saya ambil itu. Saya sudah pernah membuktikan dulu ketika masih kecil. Itu pelajaran berharga buat saya.

Kedua, ketika menemukan sesuatu saya diajari untuk menyerahkan kepada yang punya atau jika tidak tahu siapa yang punya maka sedekahkan. Barang itu bukan hak saya. Saya hanya diamanati buat menemukan barang itu (numpang lewat istilahnya). Update: sebaiknya kalau nemu barang apapun jangan diambil. Biarkan saja. Ini setelah saya belajar islam lebih dalam mungkin dibilang lebih baik dari dulu. Wah itu dulu yang ngajari saya gimana ya salah donk ya. Mungkin ga tau kali ya ilmunya belum mumpuni. Semoga dimaafkan :)

Ketiga, apabila saya anggap pulsa tadi adalah rejeki tak terduga lalu saya bisa bebas memakainya, ah entahlah saya merasa tidak srek saja. Kecuali ada pernyataan resmi, "Eh, ini pulsa spesial buat kamu loh..." Hmm, saya pikir bagaimana pun juga ada yang lebih butuh yaitu si pengirim pulsa.

Keempat, saya tidak kuasa menolak masa aktif yang bertambah. Itu adalah konsekuensi alias bonus akibat pengisian pulsa. Seandainya bisa, akan saya kirim juga deh. Jadi, paling tidak pulsanya saja yang bisa saya kirim. Tidak dengan masa aktifnya ya. Ah, masih tetap dapat untung saya ya. :)

Jadi, kira-kira begitulah pandangan saya. Orang lain boleh saja tidak sependapat dengan saya. No offense.

Kesalahan kirim pulsa nyasar tadi bisa terjadi dari kedua pihak. Maka itu pesan saya, buat pebisnis pulsa elektronik, dicek betul nomor yang akan dikirimi pulsa ya! Buat si pembeli pulsa, dicek juga nomor yang mau dikirimi.

Terima kasih sudah nyasarin pulsa ke hp saya! :)

Picture credit to Reana

20 comments:

  1. Ngelacak'y gmn ya, ada pulsa masuk 300rb, tp pengirim nyasar gk pernah hub..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada yang sengaja ngirim tapi ga mau bilang kali ya, orang dekat mungkin. Coba ditanya atau bikin pengumuman 😁

      Delete
    2. Sy jg lg dilema ini.ada yg kirim pulsa 300 rb td.tp ngga tau siapa yg kirim😓

      Delete
    3. Wah rejeki. Orang yang dikenal kali ya

      Delete
  2. Saya juga mengalami, ada yang bisa kasih cara gimana cara ngelacak orangnya yang ngirim minimal konter tempat dia ngisis pulsa? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  3. Saya lebih dilema lagi,, saya di kirim pulsa 500 rb. Tp sudah beberapa hari gak tau siapa yg ngirim.

    ReplyDelete
  4. Sudah d sms ke nomor yg dapat pulsa nyasar eh pada diem2 bae

    ReplyDelete
  5. saya tiap bulan ada yg ngirim pulsa terus ..tp gatau siapa yg ngirim pulsa tersebut

    ReplyDelete
  6. Saya juga 2 bulan ini sudah ada pulsa 400k.. maret tgl 3&8.. april tgl 1&21.. aneh banget.. kalau nyasar ada yg hubungi pasti saya balikin.. tapi tidak ada.. pengen cek sn.a itu pengirim dari daerah mana.. tp gak bisa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pada ketiban rejeki. Mungkin bukan pulsa nyasar tapi memang sengaja dikirim mbak

      Delete
  7. Saya jg sdh 2x dpt pulsa nyasar bulan lalu tepatnya eee skr dpt lagi kok bisa ya sperti rutin tiap awal bulan 100rb...malah dicurigain sama istri dikira macem2... Duhhh gimana ini..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang dari orang yang dikenal... :)

      Delete
  8. Apakah bisa dilacak siapa pengirimnya dari SN yg tertera ? Saya baru sadar tgl 15 Juni 2020 telah masuk pulsa sebesar 100 ribu, mohon masukannya

    ReplyDelete
  9. Ternyata bukan cuma saya aja yg dpet pulsa nyasar yaa.. Gmna solusinya teman-teman? Apa ada yg tau cara melacak siapa yg mengirimkan pulsa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya ga tau gimana caranya. Coba tanya aja ke orang terdekat mana tau memang ada yang berbaik hati ngirim pulsa :)

      Delete

leave your comment here!