Follow Us

Tuesday, March 6, 2012

Menemukan Passion di Usia Dini Bercermin dari Junior Masterchef Australia



Saat ini saya mulai mengikuti tayangan kontes memasak anak-anak Junior Masterchef Australia 2. Saya terkagum-kagum dengan para kontestan yang masih usia 10-12 tahun. Melihat itu, kontan pikiran saya pun tergelitik, "Pada usia segitu dulu saya ngapain yah?" Hehehe

Jawabannya adalah saya masih asik dengan dunia anak-anak saya seperti main karet (lompat tali tapi pakai karet yang diikat simpul rantai), dakon, bola bekel, gobak sodor, bongkar pasang, dll. Sungguh berbeda sekali dengan anak-anak jaman sekarang yang sudah serba jaman internet. Apalagi dengan anak-anak kontestan Junior Masterchef Australia yang saya acungi jempol, di usia sebelia itu sudah pandai memasak menu-menu standar restoran/hotel bintang.

Bahkan saya perhatikan kalau di tiap presentasi, plating-nya bagus-bagus. Saya sendiri menyadari bahwa saya pasti kalah jika bertanding dengan mereka. Saya paling ga punya sense yang bagus dalam hal hias-menghias. Otak saya sama sekali tidak bisa kompromi untuk jadi kreatif seperti itu. Hehehe.

Pertanyaan saya, "Kapan mereka belajarnya dan bagaimana? Siapa yang mengajari? Apakah cukup hanya belajar dari ibu mereka?"

Mungkin itulah bedanya tinggal di negara berkembang dan negara maju. Di sana, di usia sebelia itu anak-anak sudah pada menemukan passion mereka, dalam bahasan kali ini khususnya di dunia kulineri. Memang sebaiknya orang tua bisa melihat minat dan bakat anak lalu memfasilitasinya mau ke arah mana sesuai minat dan bakatnya tersebut. Dengan demikian, anak-anak akan berkembang di dunianya tersebut.

Jadi, mau tak mau ini jadi cerminan tersendiri bagi saya kelak ketika saya jadi ibu bagi anak-anak saya. :)

Btw, dari sekian kontestan, ada satu kontestan yang menurut saya lucu dan menggemaskan. Harry! Hehehe. Umurnya baru 10 tahun. Hmm, saya memang suka melihat anak-anak kecil bule apalagi yang usia-usia di bawah 5 tahun, lucu-lucu. Dan saya suka mendengar suara mereka yang imut-imut itu dengan logat bulenya ngomong dalam bahasa Inggris. Cute :)

Oh God...

2 comments:

  1. Wah, anakku passion-nya apa ya, mainannya mbum mbum semua (mobil2an, red), pesawat2an gak minat, robot gak mau, huruf2an apa lagi, yg lain juga gak menarik. Semuaaaaa mbum mbum, sampe penuh ni rumah sama segala jenis mobilan, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau jadi pembalap kali wee? hehe

      ceileh yang udah punya 'kid'...
      beda banget sekarang... :)
      *jempol*

      Delete

leave your comment here!