Follow Us

Wednesday, April 13, 2022

Vaksin Booster Covid 19 Ramadhan 2022 di Jakarta

Halo Sobat, hari ini saya baru saja vaksin booster di Hotel The Acacia. Saya mengikuti jadwal yang ada di aplikasi Jaki. Mumpung saya wfh, jadi saya pilih di tanggal ini. Sebenarnya ada banyak pilihan tempat dan juga jenis vaksinnya, tapi saya cari yang dekat saja. Toh booster tidak harus sama dengan vaksin 1 dan 2. Di sini saya mendapat booster astrazeneca. Kalau sebelumnya untuk vaksin 1 dan 2 saya adalah sinovac.

Saya ketemu salah seorang yang hendak vaksin juga dengan saya, seorang wanita muda. Dia sebelumnya vaksin pfizer. Nah, dia bilang takut kalau booster-nya astrazeneca. Memangnya takut kenapa ya? Efeknyakah? Memang sih ada yang cerita ke saya efeknya demam setelah vaksin. Bahkan sampai tidak puasa karena tidak kuat. Tapi kan hal itu tergantung tubuh masing-masing tidak bisa disamakan. Reaksi tubuh akan vaksin beda-beda tiap orang.

Saya bilang ke dia kalau booster tidak harus sama dengan vaksin sebelumnya. Teman saya perawat bilang justru sebaiknya beda. Saya juga bilang supaya jangan tersugesti. Vaksin saja belum ya kan? Sudah takut duluan. Mentalnya sudah kena. 

"Mbak psikolog?" Tanyanya.

Glek. Bukanlah ya. Hehe.

Nampaknya dia masih bersikukuh maunya pfizer saja. Dia bilang di Cibubur Junction ada booster pfizer.

"Jauh..." kata saya.

Terus dia menelpon seseorang bertanya soal kegalauannya akan vaksin yang tidak sama mereknya. Akhirnya dia bertanya ke petugas vaksin yang ada di Hotel The Acacia. Dia masuk ke ruangan vaksin. Tak lama kemudian dia keluar dan dia bilang ke saya dia batal hari ini. Dia akan mencari lokasi vaksin pfizer. Saya pun mengiyakan saja keputusannya. 

Saat giliran saya dipanggil petugas vaksin, setelah screening beberapa pertanyaan, tensi saya dicek. Heran saya dengan hasilnya. Tensi saya 135/85. Padahal biasanya rendah. Bahkan pernah beberapa waktu lalu saat akan donor darah gagal gegara tensi kurang padahal hb cukup. Mungkin karena saat ini lagi puasa ya makanya tinggi. Kata petugasnya, "Habis sahur tidur?"

Saya mengiyakan. Lalu si petugas bilang, "Mungkin masih ngantuk."

Lah kok aneh. Baru kali ini saya dengar. 

Nah sementara gula darah saya tergolong normal yaitu 111.

Selesai vaksin, saya diberi kartu vaksin dan satu butir pil paracetamol. Petugasnya bilang kalau saya pusing setelah vaksin bisa diminum. Baiklah terima kasih.

Efek samping vaksin booster astrazeneca

Saat pulang ke kos saya masih merasa biasa saja. Saya belum merasakan efek selain pegal di lengan. Setelah malam harinya baru terasa badan hangat tapi tidak terlalu hangat. Mata terasa hangat. Sampai pagi hari saat bangun sahur masih terasa hangat. Pegal di lengan juga masih terasa. Kalau bekas suntikan memang terasa nyeri. Tapi tidak terlalu nyeri. Sehabis berwudhu saat sahur kok saya merasa kedinginan. Padahal biasanya kepanasan. Mungkin masuk angin? Akhirnya, setelah makan sahur saya minum paracetamol. Paginya saya bisa pergi kerja ke kantor. Alhamdulillah. 

Btw, seharusnya saya sudah vaksin dari bulan februari lalu di kantor. Berhubung gagal  makanya baru saat ini saya vaksin. Gagalnya kenapa? Jadi, kala itu saat saya hendak berangkat vaksin, di pagar saya ketemu ibu kos. Nah, ngobrollah ya. Masa iya lewat diam saja. Ternyata ibu kos bilang lagi berjemur karena positif terinfeksi covid. Tapi sudah lewat masa inkubasi kata beliau. Pergilah saya jalan kaki ke kantor. Sampai di sana kan screening dulu ya beberapa pertanyaan. Nah, saat di pertanyaan apakah ada kontak dengan penderita covid, dengan jujurnya saya bilang ada baru saja saat mau ke situ. Ya sudahlah. Saya tidak boleh vaksin dulu. Zonk. Saya pun balik ke kos. 

Saat ini kalau mau mudik harus booster dulu biar tidak perlu antigen kan? Makanya saya cari lokasi booster. Alhamdulillah saya dapat info di aplikasi jaki. Buat kalian yang mau booster juga silahkan lihat dan daftar di aplikasi jaki. Download di playstore ya. Tidak harus ktp DKI kok. Ke lokasi booster tinggal membawa print out bukti daftar. Kalaupun tidak, bisa mengisi formulir langsung di tempat.

Jadwalnya ada terus senin sampai jumat. Tapi lokasinya berubah-ubah. Jadi silahkan pantau dan pilih lokasi yang sesuai menurut kamu. Vaksin ini gratis. Kalau kamu di luar DKI, silahkan tanya jadwal vaksin di puskesmas terdekat.

OK. Sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di posting selanjutnya. Cheers!




No comments:

Post a Comment

leave your comment here!