Kesal Pulsa Telkomsel Terpotong Padahal Internet Tak Aktif? Begini Caranya!



Kamu pelanggan Telkomsel? Tidak pakai internet tapi pulsa terpotong terus tanpa kamu sadari?

Adakah rekan-rekan yang mengalami hal yang sama seperti saya? Saya pengguna kartu Simpati Telkomsel dari tahun 2010. Pada awalnya saya memang menggunakan paket internet dengan kartu tersebut. HP yang saya gunakan adalah Samsung Galaxy S1. 

Permasalahan

Pada tahun 2015 tepatnya november saya berhenti menggunakan paket internet di HP tersebut karena saya beralih ke tablet. Yang sering saya rasakan adalah saya heran mengapa pulsa saya cepat sekali habis. Padahal saya tidak pakai macam-macam. Paling cuma SMS. Tak pernah lagi internetan. Paket data juga sudah saya matikan. Dan saya mengisi minimal 50 ribu. Keseringan 100 ribu. 

Tanda tanya kan? Ke mana pulsa saya? Memang, semenjak tak aktif internet, tiap hari ada SMS dari 3636 begini:

Saat ini anda menggunakan internet dengan tarif normal. Untuk tarif lebih hemat, beli paket flash melalui *363# atau http://tsel.me/n1s

Lalu kecurigaan saya ada pada sms tersebut. Walau saya belum pernah mengecek langsung sebelum dan setelah ada sms tersebut masuk. Selain itu, cukup mengganggu sih karena tiap tengah malam itu sms berdering. 

Kenapa saya curiga dari sms tersebut, Saya tidak pakai koneksi internet 3G/HSDPA lagi. Pilihan di HP saya hanya ada 2G (tidak ada pilihan non aktifkan mobile data seperti di tablet). Jadi saya pilih 2G siapa tahu bisa mengatasi hal tersebut. Tapi kenyataannya ya pulsa tetap cepat sekali habis padahal tidak pakai internet sama sekali. Sebal? Iya banget!

Baru saja, saya ngobrol dengan teman kantor, dia bertanya apakah saya mengalami dapat sms 3636 tadi. Wah ternyata saya tidak sendirian. Dia bilang, kalau pakai HP yang memang tidak ada fasilitas internet seperti HP Nokia jaman dulu yang cuma bisa sms dan telpon, tidak ada. Tapi begitu ganti HP yang ada fasilitas internet jadi begitu.

Caranya?

Lalu saya googling. Cari nomor pelanggan Telkomsel. Setelah itu teman saya yang telpon ke:

0807 1 811 811

Hasilnya adalah penonaktifan GPRS. (Lah coba dari mana tahu harus begitu caranya.  Setahu saya paket data sudah off. Tepok jidat.) Caranya?

Tekan *363*212# call

atau SMS ke 3636 dengan format GPRS spasi OFF

Lalu saya mencoba yang cara pertama. Muncul tulisan apakah akan menonaktifkan GPRS. Tekan 1 (lanjut). Setelah itu dapat SMS berbunyi:

Terima kasih, permintaan penutupan akses GPRS Anda berhasil diproses.

Dan sinyal 2G pun hilang.

Bagi teman-teman yang merasa dirugikan sama seperti saya, boleh coba cara di atas. Semoga bermanfaat. :)
Share on Google Plus

About Reana Nite

A learner who wants to share what I have experienced and learnt in this life. Hope you who not experience the same thing as me can still get the same lesson and take the wisdom. Happy reading! ^_^

8 komentar:

  1. Makasih banget infonya... sudah sekitar 3 minggu saya mendapat sms serupa.. sebelumnya gak pernah.. gak ngerti kenapa.. masalahnya persis seperti yg mas alamin.. sekali lagi makasih...😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat. Btw saya bukan mas 😊😊

      Delete
  2. Replies
    1. Sama2. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.

      Delete
  3. Makasih mbak, untung ada informasinya disini, kesel banget udah 3minggu pulsa kepotong terus, padahal gak dipakai apa apa, nanya ke operatornya malah dibilang kalo sms itu gak bisa dihentikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Senang jika bermanfaat.
      Terima kasih sudah berkunjung. 😊

      Serius operatornya bilang begitu? Hmm...

      Delete
  4. Terkait keluhan SMS notifikasi, SMS tersebut adalah SMS yang dikirim oleh sistem jika nomor Telkomsel digunakan
    untuk akses data namun tdk memiliki paket data & akan dikenakan tarif normal. Untuk SMS notifikasi tsb tdk dpt diberhentikan.

    Tuh, padahal kondisinya saya udah gak pake paket internet dari si merah dan saya full 24 jam pake modem mifi dari provider yg lebih bersahabat + cellular data di hp saya off, jadi masa iya saya masih akses data pake si merahπŸ˜₯

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi begitu ya. Data off memang tidak membuat sms notifikasi itu berhenti. Justru sms itu yang menghabiskan pulsa tiap hari karena jelas-jelas kita ga pakai internet. Ternyata caranya tinggal tutup gprs. Dan saya tidak tahu kalau tidak telpon operator. 😊

      Delete

leave your comment here!