Follow Us

Monday, December 5, 2016

Kesal Pulsa Telkomsel Terpotong Padahal Internet Tak Aktif? Begini Caranya!




Kamu pelanggan Telkomsel? Tidak pakai internet tapi pulsa terpotong terus tanpa kamu sadari?

Adakah rekan-rekan yang mengalami hal yang sama seperti saya? Saya pengguna kartu Simpati Telkomsel dari tahun 2010. Pada awalnya saya memang menggunakan paket internet dengan kartu tersebut. HP yang saya gunakan adalah Samsung Galaxy S1. 

Permasalahan

Pada tahun 2015 tepatnya november saya berhenti menggunakan paket internet di HP tersebut karena saya beralih ke tablet. Yang sering saya rasakan adalah saya heran mengapa pulsa saya cepat sekali habis. Padahal saya tidak pakai macam-macam. Paling cuma SMS. Tak pernah lagi internetan. Paket data juga sudah saya matikan. Dan saya mengisi minimal 50 ribu. Keseringan 100 ribu. 

Tanda tanya kan? Ke mana pulsa saya? Memang, semenjak tak aktif internet, tiap hari ada SMS dari 3636 begini:

Saat ini anda menggunakan internet dengan tarif normal. Untuk tarif lebih hemat, beli paket flash melalui *363# atau http://tsel.me/n1s

Lalu kecurigaan saya ada pada sms tersebut. Walau saya belum pernah mengecek langsung sebelum dan setelah ada sms tersebut masuk. Selain itu, cukup mengganggu sih karena tiap tengah malam itu sms berdering. 

Kenapa saya curiga dari sms tersebut, Saya tidak pakai koneksi internet 3G/HSDPA lagi. Pilihan di HP saya hanya ada 2G (tidak ada pilihan non aktifkan mobile data seperti di tablet). Jadi saya pilih 2G siapa tahu bisa mengatasi hal tersebut. Tapi kenyataannya ya pulsa tetap cepat sekali habis padahal tidak pakai internet sama sekali. Sebal? Iya banget!

Baru saja, saya ngobrol dengan teman kantor, dia bertanya apakah saya mengalami dapat sms 3636 tadi. Wah ternyata saya tidak sendirian. Dia bilang, kalau pakai HP yang memang tidak ada fasilitas internet seperti HP Nokia jaman dulu yang cuma bisa sms dan telpon, tidak ada. Tapi begitu ganti HP yang ada fasilitas internet jadi begitu.

Caranya?

Lalu saya googling. Cari nomor pelanggan Telkomsel. Setelah itu teman saya yang telpon ke:

0807 1 811 811

Hasilnya adalah penonaktifan GPRS. (Lah coba dari mana tahu harus begitu caranya.  Setahu saya paket data sudah off. Tepok jidat.) Caranya?

Tekan *363*212# call

atau

SMS ke 3636 dengan format GPRS spasi OFF

Lalu saya mencoba yang cara pertama. Muncul tulisan apakah akan menonaktifkan GPRS. Tekan 1 (lanjut). Setelah itu dapat SMS berbunyi:

Terima kasih, permintaan penutupan akses GPRS Anda berhasil diproses.

Dan sinyal 2G pun hilang.

Bagi teman-teman yang merasa dirugikan sama seperti saya, boleh coba cara di atas. Semoga bermanfaat. :)

46 comments:

  1. Makasih banget infonya... sudah sekitar 3 minggu saya mendapat sms serupa.. sebelumnya gak pernah.. gak ngerti kenapa.. masalahnya persis seperti yg mas alamin.. sekali lagi makasih...😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat. Btw saya bukan mas 😊😊

      Delete
  2. Replies
    1. Sama2. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.

      Delete
  3. Makasih mbak, untung ada informasinya disini, kesel banget udah 3minggu pulsa kepotong terus, padahal gak dipakai apa apa, nanya ke operatornya malah dibilang kalo sms itu gak bisa dihentikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Senang jika bermanfaat.
      Terima kasih sudah berkunjung. 😊

      Serius operatornya bilang begitu? Hmm...

      Delete
  4. Terkait keluhan SMS notifikasi, SMS tersebut adalah SMS yang dikirim oleh sistem jika nomor Telkomsel digunakan
    untuk akses data namun tdk memiliki paket data & akan dikenakan tarif normal. Untuk SMS notifikasi tsb tdk dpt diberhentikan.

    Tuh, padahal kondisinya saya udah gak pake paket internet dari si merah dan saya full 24 jam pake modem mifi dari provider yg lebih bersahabat + cellular data di hp saya off, jadi masa iya saya masih akses data pake si merah😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi begitu ya. Data off memang tidak membuat sms notifikasi itu berhenti. Justru sms itu yang menghabiskan pulsa tiap hari karena jelas-jelas kita ga pakai internet. Ternyata caranya tinggal tutup gprs. Dan saya tidak tahu kalau tidak telpon operator. 😊

      Delete
    2. Ini si jago merah udah harga paketan inet pada mahal", masih aje demen nyolongin pulsa pelanggan.. Sungguh ter---la---lu 😒

      Delete
    3. Hihi kayaknya penekanan kata "terlalu" itu saya kenal 😊

      Delete
  5. Trims bos, slmt tinggal akses gprs...

    ReplyDelete
  6. Terimakasih..
    Sangat bermanfaat buk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  7. Terima kasih, akhirnya pulsa saya tdk terpotong lagi

    ReplyDelete
  8. Izin tanya gan, jd kalo gprs udh di off kan masih bs dipake internetan menggunakan paket data tidak? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diaktifin dulu gprsnya kalau mau internetan.

      Delete
  9. Thx atas infonya,sy sdh seminggu uring2an krn ganti hp dgn hp cina,sblmx make bb gak prnh kesedot sms,ttp krna sring mati tiba2,jd cari hp yg murah hanya tuk tlp n smsan,ganggu banget tengah mlm dpt sms dr 3636,udah utak atik ttp aja sms kesedot,ini sdh sy coba offkan gprsnya,tnggal nunggu apa msh kepotong pulsa at gak,mksh yaa

    ReplyDelete
  10. Makasih banget infonya sangat membantu.tinggal kita cek apakah pulsanya msh kepotong .... semoga aja berhasil .. sekali lg mksh buanyak

    ReplyDelete
  11. kalo untuk XL cara menonaktifkan GPRS bagaimana? Terima kasih. :D

    ReplyDelete
  12. Makasih infonya, persis yg sy alami, pulsa sy habis terus pdhl data tidak aktif dandan sms pemberitahuan dari 3636 seperti yg mbak mbak tulis diatas.

    ReplyDelete
  13. Waaa bermanfaat sekali ini. Barusan baca & lgsg sy praktekkan, it works! Terimakasih :)

    ReplyDelete
  14. Sy barusan coba trus si 3636 blsnya "maaf untuk sementara menu ini di non aktifkan" 😫 tpi maksih buat infonya kak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, begitu ya.. Tunggu sampai diaktifkan lagi ya. :)

      Delete
  15. Makasih mas , nyesel saya baru tau ini bulan ini sebenrya udah abis 50k an , pertama nya ya kaya agan saya biarkan cuek bebek karena saya juga ga nyalain mobile data , eh pas syaa cek tiba2 ilang aja tuh pulsa , kampret emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, turut berduka ya :( semoga bisa segera diatasi

      Delete
    2. Paket ini smeentara dinonaktifkan haduh bagaimana ini bu :o

      Delete
    3. Coba telpon ke operatornya saja bagaimana cara mengatasi

      Delete
  16. Kok saya pake *363*212# jawabannya selalu "Maaf untuk sementara menu ini dinonaktifkan"

    Aduh.....pulsa habis terus. Mau ganti nomor sdh terlanjur saya pake 10 tahun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belakangan teman yang coba juga jawabannya begitu. Silahkan hubungi call center-nya saja untuk menonaktifkan. Karena cara yang saya sharing itu sudah lama. Sudah tidak update.

      Terima kasih sudah mampir dan berbagi 😊

      Delete
  17. Sudah saya ketik gprs off sama dial *363*212# kok tulisannya maaf untuk sementara layanan ini di nonaktifkan. Gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman-teman bilang udah ga bisa juga. Silahkan telpon operator ya... 😊

      Delete
  18. Punyaku kok gak bisa di nonaktifkan ka? Padahal uda coba cara diatas, tapi gagal. Balasan pesannya tidak seperti yg kaka tulis tapi "Maaf untuk sementara menu ini dinonaktifkan". Tolong bantuannya ya ka? Pulsa ku slalu tersedot 25rb 😥😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sepertinya sekarang memang sudah tidak bisa pakai cara di atas. Silahkan langsung kontak operator ya...

      Delete
  19. Mau tanya...ini kartu telkomsel habis d pakai umroh kog pulsa nya habis terus.
    Kenapa ya?
    Hp biasa padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi operator saja untuk tahu penyebabnya..

      Delete
  20. duh trus gimana lagi carax..ini tetanggaku sampai marah2 pulsax dicicl terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telpon operator aja kak tanya caranya gimana

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Sama kaya kartu Simpatiku kena biaya siluman

    ReplyDelete

leave your comment here!