Follow Us

Wednesday, May 18, 2022

Hasil Sulam Kristik Modern (part 1)

Sobat, saya ingin berbagi hasil sulam kristik yang sudah saya kerjakan beberapa waktu lalu. 

Kristik pemandangan gazebo

Gambar pemandangan berikut adalah sulam kristik yang selesai saya buat sebelum lebaran lalu. Karena ukurannya kecil sekitar 12x17 inch atau sekitar 30x40 cm dan warnanya tidak terlalu banyak (34 macam), maka bisa diselesaikan dalam waktu 2-3 bulan. Ini pun dikerjakan santai di kala sempat dan mood bagus. 

Sulam kristik ini pakai kain aida 11ct dan benang dmc. Sudah satu paket saya beli beserta pola tercetak di kain. Harga sekitar 80 ribu rupiah (cek ulang Rp. 88.761). Sempat kurang benang sedikit di bagian pohon yang kanan paling atas. Duh, tanggung. Tapi kemudian saya ganti dengan benang yang mirip. Tak perlu beli benang baru. Hehe. Kelihatan tidak sobat kalau benangnya tidak sesuai?

Foto awal

Coba perhatikan hasil di bawah. Tidak sama persis. Kemiripannya sekitar 90%. Ada beberapa perbedaan warna.

Hasil jadi sulaman saya di kanvas

Saat selesai itu rasanya happy. Seperti tidak menyangka. Wah ini saya yang bikin? Ternyata bisa juga ya. Hehe

Kristik wedding

Kalau sulam kristik wedding di bawah ini saya buat setahun lalu tanggal 31 juli 2021. Saya selesaikan sampai awal tahun 2022. Ini memakan waktu sekitar 5 bulanan. Sebenarnya belum 100 persen selesai karena kehabisan benang. Jadi di bagian bawah rambut yang warna kuning belum disulam. 

Sulam kristik ini ukurannya 2x lipat (19x29 inch) dari pemandangan di atas dan lebih jelimet. Karena warnanya lebih banyak macamnya (44 warna) dan agak mirip-mirip warnanya (gradasi) terutama di bagian gaun wanitanya. Bisa kalian lihat sendiri detil gradasi warnanya itu ruwet ya sobat. Butuh kesabaran ekstra. Dan harga wedding kristik ini jauh lebih mahal sekitar 3x lipat yang pemandangan di atas. (Cek ulang Rp.279.000)

Foto awal

Bagaimana menurut kamu hasilnya sobat? Apakah cukup mirip?

Hasil di kanvas

Kok mau sih beli walau mahal? Ya karena saya suka gambarnya. Menurut saya ini gambar wedding paling cantik dibanding lainnya yang saya lihat. Cowoknya tampak keren pakai tuxedo ada motif bordirannya. Duh, bordirannya jadi mengingtkan saya akan bajunya Yan Wushi. Ehem. 

Ceweknya juga cantik gaunnya bagus. Cuma warnanya saja kurang cerah. Kalem. Tapi tak apa. Saya tetap suka.

Nanti kalau ada waktu dan benangnya, saya ingin menyelesaikan tambahan di bagian bawah rambut itu. Untuk bagian mata sengaja tidak saya beri mata. Ada yang bilang kalau jin bisa masuk lewat mata boneka, foto, atau apapun bergambar manusia yang dipajang. :)

Dicuci

Oya sobat, keduanya belum saya cuci ya. Sampai lecek begitu. :D

Jadi kalau kalian bikin kristik modern seperti saya di atas, setelah selesai silahkan dicuci. Tulisan di kain itu gampang luntur terkena air. Jadi nanti bersih.

Saat ini saya sedang menyulam 1 lagi tapi masih setengah jalan. Nanti kalau sudah selesai saya share lagi. Yang dalam daftar tunggu masih ada beberapa lagi. 

Sekian posting hari ini. See you!

Update 20/06/2022: 
Saya sudah beli benang untuk menyelesaikan proyek kristik wedding. Saya dapat benang merk Airo dengan harga Rp. 1.650 per skein di shopee. Benangnya bagus kok sobat mirip dengan benang bawaan. Senang sekali saya bisa dapat benang eceran yang saya butuhkan yang koleksinya masih lengkap di toko Gudang Benang.

Sebenarnya saya kepikiran mau nambah background biar tidak plain warna putih seperti kain. Tapi lumayan juga effort-nya. Kira-kira warna yang bagus apa ya? Soalnya di paket tidak mendapat benang untuk background.


No comments:

Post a Comment

leave your comment here!