Follow Us

Sunday, September 5, 2021

Cara Mengatasi Whatsapp Kena Hack

Sekitar bulan Juni 2021 lalu setelah hari raya Idul Adha, whatsapp saya kena hack. Bagaimana ceritanya?

Jadi begini Sobat, saya ceritakan awal mulanya siapa tahu ada yang mengalami hal serupa sehingga tidak menjadi korban seperti saya. Sekitar pukul 8.30 malam saya tengah santai tidur-tiduran sambil internetan di hp saya yang khusus internet, tiba-tiba teman kosan saya datang ke kamar saya bertanya, "Mbak, WA saya?"

Saya jawab seketika, "Nggak."

Kemudian dia menunjukkan isi WA-nya ke saya. "Ini nomor WA Mbak kan?" tanyanya lagi.


Saya cermati profil di WA hp-nya yang adalah benar gambar profil WA saya. Waduh, kok bisa ya. Kemudian saya cek WA hp saya. Saya sudah tidak bisa buka lagi itu WA saya. Ada tulisan kalau WA saya dibuka di perangkat lain. Alamak kena hack WA saya. 

Ada perintah untuk verifikasi. Tapi saya coba verifikasi tidak bisa. Sampai keesokan harinya juga tidak bisa. Kemudian saya temukan bahwa WA saya sudah di-password sama yang nge-hack. Haduh, jadi desperate deh. Lemes...

Sobat, mau tahu apa isi WA pakai nomor saya yang dikirim ke teman kos saya? Tak lain dan tak bukan minta ditransfer duit ke rekeningnya. Modus! Untungnya teman saya cerdas. Dia curiga kan masa kami cuma beda kamar minta ditransfer duit dengan tiba-tiba. Mintanya via WA lagi. Kenapa ga minta langsung? Teman saya pun menjawab tidak punya di rekening tapi adanya cash. Bravo! :D

Setelah teman kos ini cerita ke saya, teman kos lain ikutan ngumpul dan bercerita mereka juga dikirimi pesan WA mau pinjem duit minta ditransfer. Wah, parah nih bahaya. Menjelekkan nama saya nih saya pikir. Setelah teman kos, teman kerja di tempat kerja yang lama menghubungi saya via instagram, dia bilang ada teman lain yang dimintai transfer duit juga. Dan yang nge-hack bisa bahasa Bengkulu menjawab WA teman saya. Loh kok? Jadi curiga kan? Saya lihat percakapan WA-nya lancar bahasa Bengkulunya. Duh, amit-amit ini. Siapa sih nih orang?

Mana saya tuh jarang komunikasi dengan teman yang dimintai duit ini. Saya tahu dia saya kenal karena dulu satu bidang kerjaan begitu walau tidak satu kantor tapi saya sering ketemu saat pelatihan atau acara-acara rapat teknis. Nah, kan aneh kan kalau tidak pernah komunikasi tiba-tiba minta transfer aja. Apa kabar dunia?

Teman yang ini sudah ya ceritanya. Teman lain yang merupakan teman main atau jalan bareng saya pun menanyakan ke saya ada apa dengan saya. Ya, saya bilang saja ke-hack. Dia dan teman lain pun di WA yang sama loh minta duit. Tapi tentunya teman-teman saya ini tidak percaya begitu saja. Setelah tahu kalau WA saya di-hack ya malah dimainin alias dikerjain itu yang hack. Iseng sih kalau ini teman saya. :D

Keesokan harinya, ada lagi. Kali ini teman kuliah saya dulu saat S2. Dia langsung telpon saya apa benar saya pinjam duit ke dia. Saya jawab saja saya kena hack. Teman kuliah yang lain pun dikirimi pesan minta transfer juga. Parah kan?

Sumpah, memalukan. Sangat sangat memalukan... Ya Allah, cobaan apalagi ini.


Penyebab

Kenapa saya sampai bisa kena hack? Jadi ceritanya nih, ada sekitar dua hari sebelum kena hack, ada WA masuk. Dia minta dikirimi kode OTP yang barusan masuk ke hp saya. Dia mengaku sebagai pelayan Indomaret yang salah kirim kode voucher game pelanggan. Nah, buruknya adalah sebelum kejadian itu memang saya ada transaksi dengan Indomaret yaitu beli online. Jadi saya yang baik hati dan polos ini berpikir oh benar ini dari Indomaret. Tidak menaruh curiga gitu loh. 

Saat itu saya kopi saja kodenya lalu saya kirim ke dia. Eh, dia WA lagi minta dikirim gambarnya. Saya bilang saya ga bisa kirim gambar hp saya penuh. Tapi entah bagaimana saking baiknya saya (atau saking bodohnya? ah, saya ga mau dibilang bodoh sih) akhirnya saya kirim itu ke dia. Mungkin memang sudah takdir kali ya bakal kejadian. :D

Ya sudah akhirnya ke-hack itu WA saya sekitar 2 hari kemudian. Fu fu fu...


Apa yang saya lakukan?

Saya disarankan teman saya untuk kirim email ke whatsapp. Ok, saya kirim email dalam bahasa Inggris yang memberitahukan bahwa whatsapp saya dengan nomor 08XXXXXXX kena hack/dicuri. Saya minta agar akun saya di nonaktifkan (deactivated). Kirim ke email: support@whatsapp.com

Beberapa waktu kemudian saya mendapat balasan dari whatsapp. Panjang lebar sih isinya. Tapi pada intinya whatsapp tidak bisa menonaktifkan akun yang saat itu dalam kondisi ter-password. 

Nah loh. Bagaimana coba? 

Whatsapp menyarankan agar saya menunggu selama satu minggu agar si password ini netral baru saya ambil alih itu akun saya. Hmm, baiklah saya tunggu!

Saya selalu mantengin itu akun saya dari hari ke hari coba reset tapi tidak bisa ya karena saya tidak tahu password-nya. Baiklah sampai tiba satu minggu akhirnya bisa Sobat! Wuih senangnya hatiku. :)

Lagian ya yang nge-hack ini kurang kerjaan banget sih. Dia tuh cuma pakai akun saya dari sekitar  8.30 malam sampai 3.30 pagi. Itu last seen-nya. Mungkin ga dapat korban ya. Semoga saja tidak sih. Saya berharap teman-teman saya adalah orang yang cerdas. Karena kan kejadian minta-minta transfer duit ini di luar kebiasaan saya banget. Jadi kemungkinan teman-teman pasti curiga. Lagian kalau berurusan dengan duit kan orang biasanya kenceng alias ga mudah ngasih duit. Harus dengan orang yang benar-benar dipercaya kan? :D

Selain akun chat whatsapp yang biasa saya pakai, eh yang nge-hack itu buka akun bisnis juga loh. Benar-benar deh ya parah. Dan di-password juga! 


Saran buat kalian
  1. Kalau akun whatsapp kamu kena hack seperti saya, jangan panik. Pertama coba kamu verifikasi akunmu dengan kode yang dikirim via sms ke hp-mu. Kalau yang nge-hack tidak mem-password akunmu maka kamu akan langsung bisa verifikasi alias ambil alih akunmu. Tapi kalau sudah terlanjur di-password, tunggu saja satu minggu. Sabar ya...
  2. Kamu tidak perlu menghubungi operator SIM card untuk memblokir nomormu. Karena kan kamu masih perlu untuk mengambil alih nanti. Kode verifikasi kan dikirimnya via sms ke hp.
  3. Jangan sembarangan kasih kode OTP apapun itu. Bahaya! Kalau ada yang minta kayak kejadian saya, becandain aja ya, bilang aja, "Salah sendiri salah kirim! Wekkk :p" :D
Ok, sekian sharing saya hari ini. Semoga bermanfaat ya! 

Cheers!

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!