Follow Us

Sunday, August 16, 2020

Cara Mengobati Luka agar Tidak Berbekas

Halo Sobat! Lama ya kita tidak berjumpa. Semenjak covid mucul hingga sudah memasuki new normal, saya malah tidak produktif menulis. Ok, kali ini saya akan berbagi tips cara mengobati luka agar tidak berbekas. Loh kok tiba-tiba tentang luka? Simak ceritanya yuk Sobat!

Tepatnya tanggal 24 bulan Juni lalu, saya mengalami kecelakaan. Kecelakaan tunggal ya Sobat. Jadi saat saya hendak berangkat ke kantor, kan saya naik motor sendiri nih, tiba-tiba saya menabrak seekor kucing sampai saya terjatuh dan luka-luka. Lumayan parah ya menurut saya. Saya harus menahan sakit di beberapa bagian tubuh saya yaitu tangan, siku, lutut, pinggang dan wajah. Terkelupas berdarah dan lumayan dalam lukanya. Herannya, si kucing itu tidak ada saat saya ditolong orang. Mungkin sudah kabur ke kebun sebelah jalan. Berbahaya memang bawa motor di jalan yang seringkali ada hewan lewat seperti anjing, kucing, sapi, kambing, angsa. Karena mereka itu keras badannya. Kalau terlindas, kita yang jatuh.

Saya dibawa ke puskesmas waktu itu. Dibersihkan lukanya dengan alkohol lalu diberi obat cair semacam betadine. Perihnya tak terkatakan lagi deh Sobat namanya luka baru. Mungkin seperti luka ditabur garam ya. Periiihhhh... :)

Keesokan harinya, baru deh terasa sakit di sekitaran luka. Bengkak. Kalau bangun tidur, sakit banget. Untuk gerak sholat juga sulit. Wajah saya juga bengkak. Jeleklah pokoknya kalau lihat sendiri di kaca. Hehe

Saya harus menahan sakit selama beberapa hari. Seminggu kemudian saya sudah mulai kerja lagi. 

Jenis Obat yang dipakai

1. Obat dari puskesmas
Untuk obat, saya hanya dikasih molasic dan antibiotik. saya harus membayar 50 ribu. Tidak dikasih obat luar. Luka saya juga tidak diperban sama sekali.

2. Obat luar
Saya dikirimi semprotan wajah dan aloevera oleh saudara saya. Sempat saya pakai beberapa kali sebelum saya memutuskan memakai bioplacenton.

Saya disarankan teman kantor pakai bioplacenton biar tidak membekas lukanya. Oleskan ke luka saat masih basah sampai sembuh. Aturan pemakaian ada di kemasannya. Saya beli sekitar 25 ribu rupiah.

Kalau saudara saya menyarankan pakai dermatics. Sudah sebulan lebih, luka saya sudah mengelupas semua. Tinggal penyembuhan sampai benar-benar kembali ke kulit asli. Karena sebagian masih merah walau tidak merah terang lagi. Dan masih saya oleskan bioplacenton. 

Kalau di wajah sudah menghitam tapi masih tampak kalau itu bekas luka. Mudah-mudahan benar hilang. Nanti saya update lagi kalau sudah benar-benar sembuh ya Sobat.

Jenis Luka:

1. Luka terkelupas
Luka ini mulai mengelupas setelah satu minggu. Tapi tidak instan mengelupasnya tergantung lukanya. Ada yang perlahan-lahan baru sepenuhnya terkelupas. Di sekitaran luka ini nantinya akan terasa gatal teramat sangat. Wow! Saya pikir karena tidak terkena air selama beberapa hari sehingga menjadi gatal. Tapi rupanya rasa gatal itu merupakan salah satu fase masa penyembuhan.

2. Luka memar kebiruan
Sekitar sebulan memar ini baru mulai berkurang warna kebiruan dan bengkaknya serta mulai menghilang perlahan-lahan.

Ok, semoga bermanfaat buat kamu yang sedang dalam masa penyembuhan.


13 comments:

  1. ge we es mbak :D
    sudah lama tidak merusuh~ XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin

      Haha iya masih inget datang merusuh ya 😁

      Gmn kapan mulai kuliah?

      Delete
    2. Klo lg gabut pasti inget kok XD

      Kuliah?? Udh lulus dong 8)
      Wkwkwkk *peace

      Delete
    3. haha gabut. bisa juga ya situ gabut.. :D

      cieee selamat ya! Prok prok prok. kapan wisudaan? eh berapa semester jadinya?

      Delete
    4. Terima kasih ����
      Blm ada info trkait wisuda wkwk. Maunya brapa smt? ��

      Delete
    5. udah akhir agustus nih... Inget jadul akhir agustus wisudanya 😁

      Maunya diskon. Boleh? 😅

      Delete
    6. Disini kan yak infonya:
      https://wisudaonline.ui.ac.id/www/index.php/pendaftaran/add/
      Blm ada apdetan tgl wisuda dan teknisnya gmna :o

      Haha 4 smt mbak :))

      Delete
    7. Wah iya dari situ daftarnya. Ga wisuda juga gpp sih ga wajib juga klo di ui. Yg penting udah lulus. 😅

      Ok. Ga diskon ya. Sesuai sewajarnya.

      Delete
    8. Yg pnting punya toga hahaha. Dulu gakpunya toga pfpfff.
      Dulu dpt ijazah dan transkrip cepet gak mbak stelah lulus?

      Sing normal ae :'D

      Delete
    9. Mo poto2 ya? :D

      mahal tahu toganya... hihi

      aku belum ambil ijazah nih keburu corona. mungkin dulu sekitar 3 bulan baru keluar.

      Delete
    10. Wkwk enggak, bhkan aku org yg gaksuka poto XD
      Gakpapa buat kenang2an, lbih mhal biaya per smt nya #ups

      Wow blm diambil :o mo diambilin skalian? Wkwkk

      Delete
    11. Ya allah holang kaya baru...
      Wajar sih hmm

      Iya ngapa ga kepikiran ya minta ambilin 😂

      ngapa ga dari dulu coba nawarinnya

      Delete
    12. Mana ada org kaya, masih misqueen ini ��

      Wkwkwk. Makin lama, nanti dikiloin loh mbak wkwk ��

      Delete

leave your comment here!