Follow Us

Tuesday, December 25, 2018

Begini yang Terjadi Kalau Tidak Rejeki


1. Tumpah

Sore tadi saya baru saja duduk di depan atm Gramedia Matraman bersama seorang teman. Kami menikmati segelas Dum-Dum rasa Thai Tea. Baru berapa seruput, gelas teman saya terlempar jatuh ke lantai. Otomatis isinya tumpah karena tutupnya terlepas. Lantai pun kotor. Masih ada tersisa beberapa seruput di bagian dalam gelas.

Teman saya bilang, "Apa kurang sedekah ya." Dia merasa mungkin kurang sedekah karena minuman seharga 22 ribu itu tak bisa dinikmati lagi. Bahkan menurutnya baru dua ribu yang dia minum. :)

Hmm, kalau tidak rejeki memang ada-ada saja alias banyak cara Allah untuk mengambilnya secara tak terduga. Salah satunya adalah contoh di atas. 

Perihal apakah memang benar kurang sedekah, wallahu alam. Allah yang lebih tahu. :)

2. Tertinggal

Saya pun pernah mengalami kejadian yang namanya tidak rejeki ini. Hal-hal simpel sih ya. Pernah suatu ketika saya beli segelas Hop-Hop. Lalu saya mampir makan di sebuah tempat makan (Platinum) bersama teman saya di Atrium Senen. Lalu kami pulang terpisah. Sampai di kos saya baru sadar kalau minuman saya tidak saya bawa. Entah tertinggal di Platinum atau di lantai satu sewaktu saya sempat mampir sebentar melihat fashion show. :)

3. Tertukar

Kejadian 1
Pernah juga saya membeli bungkusan sebanyak 2 plastik dengan isi berbeda. Sengaja saya pisah plastik karena satu plastik untuk orang lain. Yang untuk saya, langsung saya masukkan tas. Begitu sampai di kos, rupanya plastik tertukar. :)

Kejadian 2
Suatu ketika saya pernah naik travel dan membawa sebuah kardus ditaruh di bagasi belakang mobil. Saya turun dini hari gelap itu. Dan buruknya saya tidak ingat kardus saya (tidak diberi nama atau tanda). Dan rupanya ada kardus-kardus lain juga yang mirip. Jadilah saya salah memilih kardus. Padahal saya penumpang pertama yang turun. Ketika pagi hari akan berangkat ke kantor, saya bongkar isi kardus ternyata salah kardus. Isinya jauh berbeda dari punya saya. Isinya makanan semua sih sama seperti yang saya dapat juga makanan. Tapi sangatlah berbeda. Dan ya mau bagaimana lagi. Sudah tertukar dengan penumpang lain yang rumahnya jauh. Penumpang itu pun tak menelpon ke sopir travel. Padahal saya menelepon ke sopir travel. Ya sudahlah bukan rejeki. :)

Kejadian 3
Kalau cerita yang ini kisahnya ibu saya. Jadi beliau itu memisahkan bungkusan dalam plastik untuk saya dan kakak saya. Tak tahunya bungkusan itu tertukar. Padahal ibu saya loh yang memberikan sendiri ke kakak saya. :)

Masih banyak tentunya kisah-kisah tak rejeki. Justru hal-hal kecil yang terjadi. Tapi cukup mengena. Tidak menyangka. Tapi semua kejadian itu mengajarkan saya untuk ikhlas. :)





No comments:

Post a Comment

leave your comment here!