Follow Us

Tuesday, November 27, 2018

Perlukah Hasil Skripsi Masuk Jurnal?

Halo Teman-teman, apa kabar semua? Hari ini saya tiba-tiba kepikiran skripsi saya masa lampau. Lalu saya iseng ketik judul di google. Ternyata oh ternyata saya menemukan beberapa judul yang sama dengan skripsi saya isinya. Saya lihat ada yang masuk ke jurnal pendidikan, jurnal bisnis, dan lain-lain. Saya juga sempat membaca isinya beberapa.

Ada banyak? Iya. Dan itu saya lihat tahunnya ada yang 2017, 2018. Masih baru sekali kan? Lalu saya merenungi skripsi saya yang tergeletak di lemari buku di rumah (di kampung). Skripsi saya tidak pernah masuk dalam jurnal manapun. Jaman dulu tidak terpikir untuk memasukkan ke jurnal. Bahkan tidak tahu bagaimana caranya memasukkan ke jurnal. Asal sudah lulus ya sudah. Betapa sederhananya pemikiran jaman dulu. Ditambah lagi jaman dulu internet belum seperti sekarang. Saya sering ke warnet untuk akses internet dan jaman dulu termasuk mahal untuk kantong mahasiswa.

Saya merenungi betapa tidak pedenya diri saya dengan hasil skripsi saya sendiri, hasil kerja keras saya sendiri. Saya teringat bahwa saya merasa skripsi saya tidak ada apa-apanya dibanding skripsi teman lain. Dan sempat curhat juga di blog ini. :)

Tapi setelah mencoba iseng mengetik judul tadi, saya pun berkata dalam hati, halo! apa yang saya lihat (skripsi yang mirip punya saya) masuk dalam jurnal itu sudah saya kerjakan 10-11 tahun yang lalu. :(

Jadi, apa yang saya kerjakan itu ternyata di luar sana masih ada yang meneliti hingga saat ini. Wow! Sungguh tidak menyangka. Saya teringat sewaktu saya mengajukan judul ke kampus lalu saya bertemu dosen pembimbing dan diarahkan sehingga menjadi skripsi saya itu. Saat itu saya masih mengawang-ngawang dan kemudian mengikuti arahan dosen. Saya berbekal e-book berbahasa Inggris sebagai panduan utama yang mana di situ ada dimensi untuk membuat kuesioner. Saya teringat sekali dosen penguji berkata bahwa kuesioner saya bahasanya baku/kaku. Iya betul sekali karena saya menerjemahkan sendiri. :)

Oke, mungkin skripsi saya termasuk sangat biasa jika dibandingkan dengan teman seangkatan. Tapi di luar sana kita tidak pernah tahu. 

Jadi, hikmah untuk teman-teman yang menyelesaikan skripsi, cobalah masukkan ke jurnal/konferensi hasil skripsimu itu sehingga bisa menambah manfaat/menjadi rujukan untuk penelitian selanjutnya. :)

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!